AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN

PonPes Darul Mursyid

Desa Sidapdap Simanosor. Kecamatan Saipar Dolok Hole.25578. Tapanuli Selatan, Sumatera Utara


  
  0813 9734 0000
   darulmursyid@yahoo.com
   www.darulmursyid.com

Profil

Pesantren yang dibangun 1991 ini sejak lima tahun lalu memberlakukan sistem belajar aktif dan disiplin dengan keharusan setiap santri menggunakan bahasa Arab atau Inggris sebagai bahasa sehari-hari baik saat belajar maupun komunikasi antara santri. Kebijakan ini bukan hanya terhadap santri Aliyah tapi juga Tsanawiyah.

Menurut penuturan Kepala Sekolah Madrasyah Aliyah Darul Mursyid Drs Yusri Lubis, setiap santri bukan hanya dituntut mampu berkomunikasi tapi juga harus lancar bahasa tulis. Dengan menguasai dua bahasa tadi, para santri akan bisa mengikuti perkembangan informasi dan teknologi global. ''Cita-cita kami memang melahirkan santri modern dengan pengetahuan global, yang beriman,'' jelas Yusri.

Awalnya, khususnya di kalangan siswa Tsanawiyah, berbahasa Arab atau Inggris memang sulit, mengingat bahasa Inggiris belum semua diajarkan di SD. Karena itu khusus siswa Tsanawiyah, mereka diberi waktu satu semester guna mempelajarinya. Kakak kelas merupakan guru dan sekaligus pengawas bagi mereka dalam berkomunikasi.

Berkat ketekunan dan karena berada di lingkungan asrama yang bahasanya adalah Inggris dan Arab, para santri baru kata Yusri umumnya hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk bisa berkomunikasi. Meski belum mampu menggunakan bahasa dengan baik dan benar, tetapi umumnya mereka dapat bercakap-cakap dengan menggunakan kedua bahasa tadi, seperti halnya kakak kelasnya.

Di pesantren yang dibangun oleh Drs H Ihutani Ritonga (alm), mantan direktur utama Bank Pembangunan Daerah Sumatra Utara ini, bukan hanya ilmu keagamaan yang diajarkan tapi juga pelajaran umum seperti yang diterapkan di bangku SLTP dan SLTA. Misalnya, PMP, fisika, kimia, biologi, matematika, bahasa Indonesia dan IPS. Sementara, pengetahuan komputer merupakan pelajaran tambahan (ekstra kurikuler) yang juga harus dikuasai oleh setiap santri.

Sementara pelajaran keagamaan yang diajarkan di sekolah ini adalah Fikih, Tafsir, Hadis, Tauhid, dan kitab kuning serta bahasa arab lisan dan tulisan. ''Secara keseluruhan kurikulum yang diterapkan adalah berdasarkan ketentuan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri, Departemen Agama, Depdikbud dan Depdagri,'' kata Yusri, jebolan Gontor tahun 1988 ini.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

MTs.S dan MA UnggulanTerpadu Darul Mursyid

PDM mendidik santrinya secara terpadu (ter-integrasi) selama 6 (enam) tahun, mulai dari Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah (MTs) sampai Kelas 3 Madrasah Aliyah (MA) atau mulai dari Kelas 1 s/d 6. PDM hanya akan menerima santri yang masuk mulai dari Kelas 1 MTs dengan sistim test yang ketat dan transparan. PDM tidak akan menerima murid ”di tengah perjalanan” kecuali melalui test dan mengulang mulai dari Kelas 1 MTs. Disamping itu, PDM bukanlah merupakan sekolah terakhir yang dilalui seorang santri; santri PDM haruslah melanjutkan lagi pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi agar dapat bekerja atau mencari pekerjaan yang lebih baik.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi