AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Ittifaqiah

Jalan Lintas Timur Km. 36 Indralaya Mulya, Indralaya, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan


   Drs. K.H. Syamsul Bahr
   (0 711) 580017
  humas@ittifaqiah.ac.id
   www.ittifaqiah.ac.id

Profil

K.H. Ishak Bahsin, Ulama besar lulusan al-Azhar Mesir, pada periode ini mulai melaksanakan pengajaran ilmu-ilmu keislaman di rumah beliau di Sakatiga Kecamatan Indralaya dengan menggunakan kitab-kitab kuning yang beliau pelajari di al-Azhar, Kairo, Mesir. Sistem yang digunakan masih bersifat tradisional, non klasikal, non madrasah. Periode ini merupakan embrio dari madrasah formal yang beliau dirikan pada tahun 1922.

Adalah H. Ahmad Rifa’i bin H. Hasyim mewakafkan tanah seluas 80 x 50 m2 (4000 m2). Tanah wakaf ini adalah cikal bakal dari kampus A yang menjadi pusat kegiatan pondok pesantren al-Ittifaqiah pada saat ini.

Pada awal 1968 dibangun gedung belajar semi permanen 3 lokal di atas tanah wakaf ini. Tetapi belum lama dipakai, pada akhir tahun 1968 gedung ini roboh ditiup angin puting beliung. Awal tahun 1969, di atas reruntuhan gedung lama dibangun pula gedung belajar permanen berbentuk L dan mulai digunakan awal tahun 1970.

1969 didirikan Yayasan Perguruan Islam Al-Ittifaqiah dengan Akte Notaris Aminus Palembang nomor 2 Januari 1969. Pengurus yayasan ini terdiri dari : Penasehat (Hajiro Burhan dan Ahmad bin Abdul Rozak), Ketua (H. Hasanuddin Bahsin), Wakil Ketua (K.H. Ahmad Qori Nuri), Sekretaris (Ilyas Ishak), Bendahara (H. Ahmad Rifa’i bin H. Hasyim), Anggota (Nur Hasyim bin Syahri, M. Rodi bin H. Abdul Halim, dan H.M. Romli bin H. Hasyim).

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Yayasan Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah mempunyai 3 tingkatan pendidikan, yaitu tingkat Aliyah (setara SLTA), tingkat Tsanawiyah (setara SLTP) dan tingkat Ibtidaiah. Karena masih mengacu pada al Azhar Mesir, maka saat itu tingkat Aliyah masa belajarnya 3 tahun, Tsanawiyah 4 tahun dan Ibtidaiah 4 tahun.

Taman Kanak-Kanak Islam dan pencanangan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiah Al-Qur’an (STITQI)

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi