AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Daarul Arofah

Jalan Tanjung Tinggi, Desakeciput, Kecamatan Sijuk, Bangka, Bangka Belitung


  KH. Muhammad Ali Haries
  081949440635/081212347687
  pontren.daarularofah@gmail.com
  

Profil

"Sejarah Berdiri dan Berkembangnya Pondok Pesantren Daarul Arofah" Rencana Pemerintah Daerah Belitung untuk menjadikan Belitung sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia, membawa dampak yang luas bagi kehidupan masyarakat Belitung secara umum. Dengan adanya pembangunan dibidang pariwisata, tidak hanya memberi keuntungan bagi peningkatan pendapatan daerah, namun juga akan membawa dampak negatif dalam kehidupan masyarakat. Selain itu, masih sangat kurangnya lembaga pendidikan pesantren di Kabupaten Belitung, dan masih sangat terbatasnya pengetahuan sebagian besar masyarakat Islam Belitung tentang agama yang dianutnya sehingga membuat semakin kuatnya keinginan untuk mendirikan pesantren. 23 November 1999, dengan dukungan moril dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dan jajarannya serta dukungan material dari seorang donatur yang Mualaf, maka dimulai pembangunan Pondok Pesantren Daarul Arofah di atas lahan seluas 18.437 m2. Pembangunan Pondok Pesantren yang dimaksud sengaja mengambil lokasi di daerah wisata pantai dengan maksud untuk memberi warna yang khas pada pembangunan Kepariwisataan di Kabupaten Belitung.

"Tujuan Didirikannya Pondok Modern dan Salafi Daarul Arofah" Pada awalnya Pontren Daarul Arofah didirikan dengan nama Pondok Modern dan Salafi Daarul-Arofa karena dalam Sistem pendidikan, Pontren Daarul Arofah memadukan antara ilmu pengetahuan modern dan penerapan ilmu agama yang telah dilaksanakan oleh ulama-ulama terdahulu. Sehingga dalam perjuangannya membangun umat, Pesantren tidak menolak ilmu pengetahuan yang terus berkembang dan tetap menggunakan pola-pola pengajaran dan penerapan ilmu agama seperti yang telah dilaksanakan oleh ulama-ulama terdahulu serta sunnah nabi. Adapun visi, misi, dan tujuan Pondok Modern dan Salafi Daarul Arofah adalah Visi : “Menjadi lembaga pendidikan yang mencetak generasi muda Islam yang berpengetahuan, berakhlak, dan mandiri.” Misi : “Mendidik dan membina santri sehingga bersikap kreatif dan kompetitif bagi masa depannya.”

Tujuan :
1. Menciptakan generasi muda Islam yang kuat, berilmu, dan berakhlak mulia.
2. Membina masyarakat sehingga mempunyai pengetahuan agama Islam yang memadai dan menerap- kannya dalam kehidupan sehari-hari.
3. Membantu pemerintah membangun umat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Indonesia baik dalam bidang agama maupun bidang ekonomi dan kemasyarakatan. "Sistem Pengelolaan Pondok"

Penyelenggaraan seluruh kegiatan Pondok , baik kegiatan pendidikan maupun kegiatan-kegiatan lainnya di Pondok Pesantren Daarul Arofah di kelola secara langsung oleh Pondok, dengan pembagian tugas dan tanggung jawab kepada satuan-satuan kerja yang dibawahkannya. Struktur Organisasi Pondok Pesantren Daarul Arofah menggunakan model struktur organisasi pyramid dengan hirarki yang jelas, yang terdiri dari Pemimpin Pondok, Sekretaris, Bendahara, dan ditambah bagian-bagian, seperti Bagian Pendidikan, Bagian Administrasi, Bagian Pengasuhan Santri, Bagian Bahasa, Bagian Pembangunan, dan Bagian Ekonomi Usaha.

Kegiatan Pendidikan
Kegiatan Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Daarul Arofah mulai dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2000 meliputi :

A. Pendidikan Formal

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

LEMBAGA PENDIDIKAN
a. Formal
1. TK
2. MTs
3. MA

b. Non Formal
1. TPA
2. Tahfidz Al Qur'an
3. Majlis Ta'lim, Lembaga Bedah Masalah dan Pondok Pesantren.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi