AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Daarul Rahman

Jl. Timbul IV Cipedak Jagakarsa, 12630, Kota ADM Jakarta Selatan, DKI Jakarta


   Syukron Makmun
  +62 21 5226928, 0856888866496
   rofie1807@gmail.com
   www.daarulrahman.com

Profil

Ponpes Daarul Rahman didirikan pada 11 Januari 1975 oleh KH. Syukron Makmun bersama para kyai seperjuangan lainnya, di antaranya: KH. Untung Ghozali BA (Alm), KH. Mansyuri Baidlowi MA, Ust. Nuharzim BA, KH. Abdul Qodir Rahman. Pesantren ini tadinya menempati lahan wakaf H. Abdurahman Naidi di Jl. Senopati II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pondok pesantren Daarul Rahman adalah salah satu lembaga Pendidikan Islam, tempat mendidik pemuda/i belajar ilmu agama (pelajaran pokok) dan ilmu pengetahuan umum (sebagai pelengkap)

Pondok ini didirikan oleh KH. Syukron Ma’mun dengan dibantu kawan-kawannya, antara lain KH. Antung Ghozali,BA, KH. Masyhuri Baidlowi,MA, Ust. Nurhazim,BA, KH. Abd. Kadir Rahman, keluarga Almarhum bapak H. Abdurrahman bin Naidi dan para dermawan seperti bapak H. Mohammad Noor Mugni serta masyarakat yang memang sangat mendambakan adanya pondok pesantren.

Ketika itu, peletakkan batu pertama dilakukan oleh KH. Idham Khalid, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya.

Pada tahun 1970-an, kawasan Senopati masih perkampungan. Tapi pesatnya pembangunan Kota Jakarta pada tahun 1980-an, lambat laun berkembang menjadi kawasan segitiga emas bisnis Jakarta. Keberadaan Ponpes Daarul Rahman di tengah kawasan bisnis kota metropolitan Jakarta dengan luas areal kurang lebih 3.000 meter persegi, akhirnya dengan pertimbangan tertentu diruislag (tukar guling) dengan gedung bekas Produksi Film Negara (PFN) milik Pemprov DKI di Jalan Muhammad Kahfi II Kavling DKI Jagakarsa Jakarta Selatan.

Perkembangan :

Sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan kemajuan perkembangan zaman, pondok pesantren Daarul Rahman berusaha meningkatkan kwalitas pendidikan dan pengembangannya untuk berbakti kepada masyarakat.

Setelah melihat banyaknya santri yang masuk di pondok ini, yang datang dari seluruh penjuru wilayah Indonesia, antara lain Aceh, Medan, Padang, Riau, palangkaraya, Banjarmasin, Pontianak, Manado, Nusa Teggara Barat, Irian Jaya, Timor Timur bahkan dari negeri jiran Malaysia, maka dikembangkan lagi kampus perguruan ini di leuwiliang Bogor ( Daarul Rahman II ) dengan luas kurang lebih 8 ½ h.a. yang beralamat di Kp. Jambu Desa Sibantenng Kec. Leuwiliang Kab. Bogor. Jawa Barat dan di Depok ( Daarul Rahman III dengan system pendidikan SMP dan SMA Plus) seluas 2 h.a yang beralamat di Desa Duren Seribu Sawangan Depok Jawa Barat.

Program Unggulan :

B. Arab dan Inggris

Pengasuh : Syukron Makmun

Pendiri : Syukron Makmun

Info Unggulan

Pondok Berbahasa Asing

Sesuai dengan pengalaman yang diperoleh bapak KH. Syukron Ma’mun (Pendiri) yang pernah belajar di Pondok Pesantren Salafiyah dan di Pondok Modern Gontor Ponorogo dan mendapatkan pengalaman plus minusnya dari kedua sistem tersebut , maka diririkanlah Pondok Pesantren Daarul Rahaman dengan memakai sistim terpadu yaitu perpaduan antara sistem yang ada di pondok pesantren Modern Gontor Ponorogo dengan sistem Pondok Pesantren Salafiyah yang mengajarkan kitab-kitab kuning.

Pondok pesantren Daarul Rahman mewajibkan kepada para santrinya untuk berbahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk pecakapan setiap hari (menjadi bahasa resmi) bagi yang melanggar kan terkena sangsi sesuai dan hukum sesuai dengan pelanggaran mereka. Begitu pula tentang perizinan pulang; santri putra boleh pulang sebulan sekali dengan membawa surat izin dari keamana pondok sedangkan bagi santri putri tidak diperbolehkan pulang kecuali dijemput oleh orang tua / wali murid.

Jenjang Pendidikan

Jenjang pendidikan yang diselenggarakan adalah tingkat Tsanawiyah dan Aliyah status disamakan dengan keputusan Direktur Jandral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: E.IV/PP.032/KEP/80/98

Oganisasi kelembagaan yang ada di pondok Pesantren Daarul Rahman sampai saat ini adalah Lembaga pendidikan Islam Pondok Pesantren Daarul Rahman untuk tingkat Tsanawiyah dan Aliyah dengan masa pendidikan selama 6 (enam) tahun , seluruh santri wajib tinggal di asrama.

Pendidikan Formal :

1. TK Daarul Huda

2. MI Jatake 1

3. MTs Daarul Rahman

4. MA Daarul Rahman

5. UNIS

Kegiatan Belajar :

1. Pagi hari pukul 06.30 s/d 07.10 semua santri melakukan percakapan di halaman sekolah dengan mengunakan bahasa resmi pondok (Bhs. Arab dan Bhs. Inggris) dengan diawasa oleh pengurus Pengembangan Bahasa.

2. Pada pkl. 07.20 s/d 12.40 semua santri belajar di dalam kelas.

3. Siang hari pkl. 14.00 s/d 15.00 kelas I dan II Tsanawiyah kursus bahasa Arab dan bahasa Inggris

4. Sore hari pkl. 16.00 s/d 17.30 kelas III Tsanawiyah s/d III Aliyah belajar kitab Kuning di kelas

5. Usai Sholat Magrib sampai dengan datangnya sholat Isya untuk kelas I Tsanawiyah membaca al-Qur’an dikelas yang dibimbing oleh para ustazd, dan untuk kelas II Tsanawiyah s/d kelas III Aliyah belajar kitab Kuning di kelas masing-masing.

6. Pkl. 20.00 s/d 22.30 seluruh santri belajar dikelas di bawah pengawsan para guru-guru.

7. Dari pkl. 22.30 s/d 04.00 waktu untk Istirahat/tidur.

8. Usai shalat Shubuh bejama’ah sampai pkl. 06.00 untuk kelas I Tsanawiyah membaca al-Qur’an dan untuk kelas II Tsanawiyah s/d III Aliyah mempelajari/mengaji kitan Kuning di kelas masing-masing. 

Ekstrakurikuler

Bentuk pertama yang harus dikuti oleh seluruh Santri. Bentuk Kedua adalah kegiatan yang disesuaikan dengan minat dan bakat para santri.

Ekstrakurikuler Wajib :

1. Belajar Berpidato
Pidato dalam 3 (tiga) bahara (Arab, Inggris dan Indonesia) yang dilaksanakan setiap hari Sabtu Siang dan malam Minggu dan olah raga pada setiap hari Rabu pagi dan Minggu pagi.

Ekstrakuriler Pilihan : 

2. Komputer 

3. Seni Bela Diri (Pencak Silat), 

4. Seni Baca Al-Qur’an, 

5. Hadroh, 

6. Sepak Bola, 

7. voly ball, 

8. Bulu Tangkis 

9. dan jenis kegiatan olah raga lainnya sesuai dengan sarana yang ada.

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi