AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Modern Kulni

Jl. Raya Serang KM 28, Kp. Bauan Masjid, Parigi, Cikande, Kec. Serang, Banten, Kab. Serang, Banten


  
   +62 811-4711-145
  
   www.pesantrenkulni.sch.id

Profil

Mohon membacakan al-Fatihah untuk KH. Drs. Ahmad Dimyati bin Nurhalim


Pendiri Pesantren Modern KULNI


Mengenang sosok almarhum.. dimata penulis (Ahamad Sadeli Arif)


Beliau orangnya supel, cepat akrab dengan banyak orang, selama bolak-balik Bogor-Serang (saat masih kuliah di IAIN Serang dan Mengabdi di Daar El-Qolam) hampir semua persinggahan di jalur tersebut mengenalnya, mulai dari Ibu warteg, Ketua Musholla/Masjid, bengkel, dll. Dari banyak kenal itulah modal berkembangan pesantren-pesantren yang dirintisnya.


Tidak gengsi-an dan ‘tahan banting’, bayangkan selama periode diatas untuk menempuh jarak -+ 130km beliau hanya mengendarai sepeda motor Yamaha ‘siki nangka’ dengan dibalut jaket dan dilapisi Tas + Koran di dada belaiu merasa enjoy dengan kesibukannya dan tidak pernah mengeluh.


Selama menjadi mudir ma’had, tidak jarang beliau pimpin langsung perbaikan wc, jalur air, listrik, bersama para santrinya.


Dimyati kecil adalah anak bungsu dari pasangan Ny. Mardiyah dan Bpk Nurhalim kakak-kakaknya adalah Hj. Qibtiyah (Ibunya Mang Opik Kumis), Ahmad Sanusi (Bapaknya Ustz Muniroh –Mumum-), Hj. Juwenah (Ibunya Ust Dayat Lido), Halimah –alm- (Ibunya Ust. Asep Rohman Lido), A. Damanhuri, BA (Bapaknya Ahmad Sadeli Arif), Atiyah (Ibunya Ust. Haerudin KULNI).


Selepas Sekolah Dasar di SD Cikande I (samping Kantor Camat Cikande) beliau didorong oleh orang tua dan kakaknya untuk masuk ke Madrasah al-Mu’allimiin al-Islamiyyah (MMI) Daar el-Qolam Gintung, dalam keadaan Darqo saat itu yang masih sederhana, beliau ditempa ilmu oleh Kiyai H. Drs. A. Rifai Arif  (alm). Kecerdasannya mulai Nampak dan akhirnya menjadi santri ‘kesayangan’ almarhum KH. A. Rifai Arif. Dimana KH. A Rifai Arif adalah santri ‘kesayangan’ KH. Imam Zarkasyi Gontor Ponorogo.


Kecintaan beliau pada Bahasa Arab, Tafsir dan Hadist membuatnya cukup malakah di bidangnya tersebut.


Selepas nyantri diminta untuk mengabdi di Darqo oleh Kiyai, dalam masa pengabdiannya beliau memiliki banyak sahabat karib yang sempat bersama-sama diantaranya Ust. H. Sumardi (Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al-Ma’arif Songgom), Ust Babay Darqo, dan masih banyak lagi.


Selama mengabdi beliau melanjutkan kuliah di IAIN Serang, disitulah perjumpaannya dengan para Akademisi ‘kahot’ di Serang seperti KH. A. Wahab Afif, KH. Syibli. Dan masih banyak guru besar lainnya. Kedekatan itu masih terus terjalin sampai sekarang yang diteruskan oleh generasi anak-anakny. Di IAIN itu pula berjumpa dengan Ibunda Hj. Siti Sa’diyah yang kemudian menjadi istri tercintanya.


Selain mahir bahasa Arab, Tafsir dan Hadits, belaiu juga mahir dalam Bahasa Indonesia. Penulis merasakan bimbingannya saat menjadi Sekretaris Pondok Pesantren Daarul ‘Uluum Bantarkemang Bogor. Detail sekali, mulai dari penggunaan huruf capital, tanda baca, dan lain sebagainya.


Kemauannya Keras, bila menginginkan sesuatu pasti diusahakan secara all out, bahkan kadang mengabaikan kesehatannya. Contoh kecil dalam mecari bahan material yang murah tapi berkualitas, beliau tanpa lelah menelusuri semua pedagang di jalur Bogor-Lido untuk mencari yang terbaik tanpa kenal lelah.


Belaiu sangat tegas dan sangat berwibawa didepan para santri khususnya. Dimana serang santri bisa berlari hanya karena mendengar ‘dehem-nya’.


Hari ini beliau telah tiada, tapi torehan kerja kerasnya nampak dari keberadaan pesantren-pesantren yang didirikannya yaitu:



  1. Pondok Pesantren Daarul ‘Uluum Bantarkemang Bogor (bersama Mama KH. Elon Syuja’i) (1984)

  2. Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido Bogor (1996)

  3. Pesantren Modern Kulliyyatul Al-Naasyiin Al-Islamiyyah (KULNI) Cikande Serang Banten (2002)


Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

MTs - MA

Ekstrakurikuler

Pramuka, pmr, drumband, tilawatil Qur'an, bahasa asing arab dan inggris, paskibra.

Fasilitas

Fasilitas

  • Gedung milik sendiri
  • Asrama
  • Lab. Komputer
  • Lab. Internet
  • Radio Fm
  • Kelas
  • Masjid Jami
  • Aula Serbaguna
  • Koperasi
  • Perumahan Guru
  • Dapur Umum
  • Kulni Mart
  • Perpustakaan
  • Sarana olahraga lengkap granite
  • BMT (Baitul Maal Wat-Tamwiil)
  • MCK




  • Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

    Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

    © 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
    Hak Cipta Dilindungi