AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Jauhariyah

Balerante, Palimanan, Cirebon, 45161, Kab. Cirebon, Jawa Barat


   Ust. Hamdanyansyah
  (0231) 342643
  
   www.pp-aljauhariyah-balerante.com

Profil

Pondok Pesantren Al-Jauhariyah adalah salah satu Pesantren tertua di Cirebon, Jawa Barat. Pesantren tersebut dulunya hanya bernama Pesantren Balerante (Pesantren yang terletak di Desa Balerante). Pesantren Balerante berdiri tepatnya pada Sultan ke-5 Keraton Kasepuhan Cirebon, yakni pada abad ke XII. Lokasi pesantren berpindah-pindah dari luas tanah 7 Ha yang merupakan wakaf dari Keraton Kasepuhan Cirebon. Pada masa Sunan Gunungjati lahan tersebut sempat dijadikan padepokan, terbukti bahwa nama Balerante adalah diambil dari bale yang di rantai hasil rampasan perang dengan Galuh, sampai sekarang pun bale tersebut masih ada dan di simpan di komplek pemakaman Sunan Gunungjati. Menurut beberapa sesepuh, pada zaman Sunan Gunungjati tanah Balerante dijadikan tembikar. Oleh para pendahulunya Pesantren Balerante dijadikan suatu pusat penempaan dalam pendalaman ilmu, baik ilmu lahir maupun bathin. Penempaan ilmu thoriqoh adalah merupakan tujuan akhir setelah para santri diberi pembekalan masalah ilmu syari’at dengan berbagai macam didalamnya.

Pesantren Balerante di dirikan pada tahun 1779 M. oleh KH. Romli atau Ki Buyut Romli, beliau adalah salah seorang keturunan dari Kasultanan Kasepuhan Cirebon.

Sepeninggal beliau, pengasuhan Pesantren ini dilanjutkan oleh Putranya yang bernama KH. Abdul Majid yang lahir pada tahun 1823 M. sampai dengan tahun 1897 M. Dan dilanjutkjan oleh putranya yang bernama KH. Ilyas bin KH. Abdul Majid, atau lebih dikenal dengan nama KH. Jauhar Arifin lahir tahun 1871 M. sampai tahun 1941 M. Kemudian Pesantren ini dikenal dengan nama Pondok Pesantren Al-Jauhariyah. Nama Al-Jauhariyah sendiri diambil dari nama Pengasuh Pesantren Balerante pada generasi ke-5 yaitu KH. Jauhar Arifin.

Sepeninggal KH. Jauharul Arifin kepemimpinan Pesantren dilanjutkan oleh Putra Pertamanya yang bernama KH. Ridhwan Jauhar, sampai tahun 1975 M. dan dilanjutkan oleh adiknya yang bernama KH. Amin Jauhar hingga tahun 1982 M. Kemudian dilanjutkan oleh adiknya yang mempunyai nama asli Husein Al-Habsi sebelum kemudian nama beliau diganti di Makkah dengan nama KH. Abdulah Bafaqih atau lebih dikenal dengan nama KH. Faqih Jauhar hingga tahun 2001 M. Sepeninggal KH. Faqih Jauhar, pengasuhan Pondok Pesantren Al-Jauhariyah dipimpin oleh putranya yang bernama KH. Muhammad Faqih Jauhar hingga saat ini.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

PENDIDKAN MADRASAH

Sistem pendidikan ini membagi santri menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkatan umur dan kemampuan santri itu sendiri. Pendidikan madrasah dibagi menjadi :

  • Tingkat I’dadiyah
  • Tsanawiyah dan
  • Aliyah.

MUHAFADZOH

  • Menghafal Nadzom ‘Aqidatul ‘awam dan tashrifan bagi santri kelas I’dadiyah
  • Menghafal Kitab Jurumiyah bagi santri kelas I Tsanawiyah
  • Menghafal Nadzom ‘Imrithi bagi santri kelas II Tsanawiyah
  • Menghafal Nadzom Maqshud dan Nadzom Qowa’idul I’rob bagi santri kelas III Tsanawiyah.
  • Menghafal Nadzom Alfiyah Awal 01-300 bait bagi kelas I Aliyah.
  • Menghafal Nadzom Alfiyah Tsani 301-600 bait bagi kelas II Aliyah.
  • Menghafal Nadzom Alfiyah Tsalits 601-1000 bait bagi kelas III Aliyah.

BAHASA ARAB

  • Menghafal satu persatu Kalimah Mufrodat (Satuan) dari kalimah bahasa arab.
  • System menghafal 5 mufrodat perhari.
  • Di adakan praktek/hari khusus yang mewajibkan berbahasa arab.

MEMBACA KITAB KUNING KOSONGAN, Dengan membimbing santri melalui cara mengaji melalui system Sorogan

BER AKHLAQUL KARIMAH

Mendidik cara menghormati Pengasuh, asatidz (Guru), Orang Tua dan Orang-orang yang umurnya lebih tua dengan cara mengajarkan kitab kuning yang menerangkan tentang  Akhlaq.

BIMBINGAN HIKMAH

Program ini di berlakukan bagi santri senior atau alumni yang telah mendapatkan izin dan mampu untuk mengikuti bimbingan hikmah yang akan di ijazahkan langsung oleh pengasuh di Pondok Riyadloh 786 (Darul Faqih).

NGAJI PASARAN

  • Pasaran kitab hikmah yang merupakan program Periodik yang di adakan 3 kali setahun,yaitu pada bulan Muharrom, Robi’ul awwal, dan Romadhon bagi santri senior dan sudah mumpuni.
  • Pasaran Kitab selain hikmah yang merupakan program Periodik yang di adakan 1 kali setahun, yaitu pada bulan romadhon untuk santri-santri junior.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al-Qur'an, marawis, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola.

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan. Lembaga Pendidikan




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi