AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Terpadu Al Istiqomah

JL. Pelabuhan II, Pasirmalang, 43157, Kec. Sukabumi, 43157, Kab. Sukabumi, Jawa Barat


  
   +62 266 321050
  
  

Profil

Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah dirintis dan didirikan oleh beberapa orang tokoh yang notabene adalah para aktivis dakwah, alumni beberapa pondok pesantren dan perguruan tinggi. Hal inilah yang menjadi sedikit pembeda dengan pesantren lainya yang umumnya didirikan oleh seorang figur sentral, yang pengelolaan dan kepemilikan selanjutnya dikuasai oleh seorang kiai dan bersifat turun temurun. Namun tidak demikian dengan Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah, pesantren ini didirikan oleh sekelompok orang, yang bahkan memiliki latar belakang organisasi kemasyarakatan yang berbeda, diantaranya adalah PUI, HMI, PMII, dan PII. Yang menjadi ‘simpai pengikat’-nya, adalah kesamaan idealisme dalam upaya menyemaikan nila-nilai luhur yang menjadi intisari Islam yakni; Keadilan Ilahi, Kemerdekaan Sejati dan Persaudaran Universal..

Para perintis dan pendiri Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah ini dikomandani oleh seorang Kiayi yang berwawasan kosmopolit dan mondial, bersikap elegan dan egaliter. Seorang alumni IAIN syarief Hidayatullah, yaitu KH Royanuddin AS yang akrab disapa ‘Buya’. Beliau adalah murid langsung dari seorang ulama karismatik dan eksentrik Mama Ajengan Badri Sanusi yakni putra dari ulama besar Mama Ajengan Ahmad Sanusi Sukabumi. Beliau juga adalah murid ‘khusus’ langsung dari ulama besar Tasikmalaya Mama Ajengan Khoer Affandi. Ketika mahasiswa beliau adalah aktivis pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Bahkan saat masih duduk di bangku SLTP beliau sudah menjadi aktivis yang cukup progress dan mobile pada salah satu organisasi pelajar yaitu Pelajar Islam Isndonesia (PII).

Dengan latar belakang seperti terurai di atas, tak heran jika pada saat menjadi mahasiswa beliau pernah mondok di hotel ‘prodeo’ alias penjara, ekses dari represivitas rezim Orde Baru atas aktivitas-aktivitas beliau yang membuat gerah pemerintah saat itu. Inilah hal unik selanjutnya, dimana sejarah kelahiran Pondok Pesantren Terpadu Al Istiqomah, didirikan oleh seorang mantan tahanan politik yang tak memiliki modal apapun kecuali kehendak dan cita-cita. Beliaulah yang menjadi main setter dari para pendiri itu, dengan tokoh-tokoh penting lainnya antar lain adalah :


Ust. Abdurrahman Badruddin, seorang santri yang akademis, alumni IAIN Syarief Hidayatullah, jebolan dari Pondok Pesantren Gunung Puyuh Sukabumi.

Ust. Acun Basuni, BA, seorang alumni beberapa pesantren salafi selama kurang lebih 10 tahun antara lain Pesantren Al Hidayah, Pesantren Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh, Pesantren Assalafiyyah babakan Tipar Sukabumi. Beliau menguasai banyak tentang kitab-kitab klasik Islam.

Dua orang tersebut termasuk kategori perintis. Sementara tim pendiri terdiri dari:

Drs. Ramlan, seorang aktivis Dakwah Islam

Ust. Abu Bakar Saefuddin, juga seorang aktivis Dakwah

Ir. Bambang Imam, M. Hum, seorang aktivis Pergerakan Islam lulusan Ilmu Sejarah Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Pada awal pendiriannya pesantren ini tidak memiliki tanah sejengkalpun. Selama beberapa tahun, pengajian berlangsung di beberapa rumah penduduk yang dikontrak. Adapun sekolah dilangsungkan dengan menumpang di Madrasah Diniyyah setempat.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

MTs, MA, MADIN

Ekstrakurikuler

Seni baca Al-Qur'an, marawis, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola.


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi