AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Ar Ridwan

Jalan Raya Jatiluhur Gg. H. Longkar Kp. Pedurenan, Jatiluhur, Jatiasih, Kab. Bekasi, Jawa Barat


  
   +62 21 82421023
  
   www.pesantrenarridwan.blogspot.co.id

Profil

Pesantren Ar-ridwan adalah salah satu pesantren yang terletak di kampung Pedurenan Gg. H.Longkot Kel.Jatiluhur Jatiasih Kota Bekasi. Pesantren Ar-ridwan didirikan bermula atas dasar gagasan K.H.Abdul Muqsit, Pimpinan Pondok Pesantren Mamba’ul Hisan Sedayu Gresik Jawa Timur,dari pesantren inilah yang nantinya dijadikan standar untuk memacu proses pengajaran Al-qur’an di Ar-ridwan. Pada saat itu tepatnya pada tahun 1995 tak sedikit anak dimasa usia TK, SD dari lingkungan Jabodetabek yang menimba Ilmu Al-qur’an di sedayu Gresik,termasuk didalamnya adalah Putra dari K.H.Zaenal Abidin,S.Ag.dan Putri dari Ustad.Drs.H.M.Romli.

Pada tanggal 19 April 1995 berdirilah lembaga Islam yang diberi nama Pesantren Al-Qur’an anak-anak Al-Uswah dibawah naungan Yayasan Al-Uswah. Pesantren ini pada mulanya di khususkan untuk anak-anak usia 5-6 tahun (usia TK dan SD). Diberinya nama Al-Uswah pada pesantren ini dengan alasan agar kelak putra-putri Al-uswah menjadi santri teladan bagi orang lain dimana anak-anak tersebut sejak dini dibekali Ilmu Agama ,keimanan dan ketaqwaan dengan bersumber dari ajaran agama Islam khususnya dari Al-qur’an. Dari tahun ke tahun pesantren ini mengalami perkembangan dan juga perubahan nama. Pada tanggal 4 April 2001 pesantren Al-uswah ini diganti nama menjadi pesantren Ar-ridwan dengan harapan selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Konsep pendidikan pesantren Ar-Ridwan sendiri, pesantren ini termasuk pesantren klasik atau tradisional. Kitab-kitab yang diajarkan di sana seluruhnya kitab kuning atau kitab gundul. “Kami jarang sekali menggunakan kitab-kitab terjemahan,” ujar Ustadz Zaenal Abidin. Pelajaran semacam tauhid, akhlak, hadits, tafsir, hingga ushul fikih dan fikih pun, selalu diajarkan melalui kitab-kitab klasik Arab yang gundul. TK dan SD, SMP dan SMA terpadu.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf);

2. Pembinaan Tilawatil Qur’an;

3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab);

4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari;

5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah,

6. Kepramukaan

7. Pengembangan Olahraga

8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis,

9. Pengembangan Seni Beladiri (Tapaksuci);

10. Tahfidhul Qur’an;

11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik,

12. Pengembangan Exacta (Lab Skill)


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi