AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Miftahul Huda

Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16432, Kota Depok, Jawa Barat


  KH. Abdurrahman Nawi
   +62 21 7522120
  
  

Profil

Cikal bakal berdirinya Pondok Pesantren Al-Awwabin sudah ada sejak 1962. Yaitu, ketika Abuya KH. Abdurrahman Nawi, seorang ulama’ betawi yang akrab dipanggil Abuya membuka pengajian tradisional dengan membaca kitab-kitab kuning di ruang pavilion rumahnya, yang beralamat di Gang Melinjo Jalan Tebet Barat VI H, Jakarta Selatan. Pengajian tersebut diikuti oleh banyak kalangan dari orang tua, remaja hingga orang-orang dewasa yang datang dari berbagai tempat di Jakarta dan sekitarnya. Diantaranya dari Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Kebon Baru, Menteng Dalam, Pancoran, Kebon Tebu, Pengadegan, Bukit Duri, Kampung Melayu, Karang Tengah, Bekasi dan lain-lain.

Tahun 1979, dengan tekad yang bulat dan niat yang ikhlas, maka dibangunlah sebuah gedung pendidikan berkapasitas 2 (dua) lantai yang dibangun di atas area tanah pribadinya seluas + 300 M2 atas pemberian Almarhum orang tua beliau yang berlokasi di Jl. Tebet Barat VI H. Gedung Pendidikan tersebut resmi dibuka oleh Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama’ (PBNU) saat itu asal Banjarmasin, yaitu, Bapak KH. Idham Kholid. Pada peresmian tersebut, juga pengajian / Majelis Ta’lim yang pada awalnya bernama AS-SALAFIYAH resmi diganti dengan nama PERGURUAN AL-AWWABIN. Dengan demikian, tahun 1979 ini dicatat sebagai tahun awal berdirinya Perguruan Al-Awwabin yang di kemudian hari berganti nama menjadi YAYASAN PONDOK PESANTREN AL-AWWABIN.

Di Perguruan Al-Awwabin Tebet, tidak hanya dibuka pendidikan Non Formal tapi juga menerima murid baru dalam pendidikan Formal yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah sejak dibuka tahun 1979. Datang murid dari berbagai tempat untuk menimba ilmu, baik menjadi santri yang bermukim maupun pulang pergi.

Tempat yang begitu sempit di Tebet dan lahan yang begitu kecil seluas + 300 M2 dirasa kurang memadai untuk sebuah lembaga pendidikan yang sedang berkembang pesat. Akhirnya Abuya yang dibantu dengan Tim Panitia, mendapatkan tempat, persisnya di Jalan Raya Sawangan Nomor 21 Kelurahan Pancoran Mas Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Di tempat ini kemudian dibangun sebuah gedung yang berdaya tampung lebih besar dari gedung yang ada di Tebet yaitu mampu menampung lebih dari seribu siswa. Perguruan Al-Awwabin Cabang Depok kemudian diresmikan tahun 1982 oleh Menteri Agama Munawir Syadzali.

Setahun kemudian, tepatnya pada tahun 1983 Perguruan Al-Awwabin Cabang Depok mulai membuka pendaftaran Murid baru baik untuk Pendidikan Non Formal (Pesantren) maupun pendidikan Formal (Ibtida’iyah, Tsanawiyah, dan Aliyah).

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

1.    Pendidikan Formal (Mengikuti SKB 3 Menteri)
a)     Madrasah Ibtida'iyyah
b)     Madrasah Tsanawiyah
c)     Madrasah Aliyah

2.     Pendidikan Non Formal (Pondok Pesantren)
a)     Pengajian Halaqoh Kitab Kuning (Madrasah Diniyah)
b)     Kader Da'i
c)     Majelis Ta'lim

Ekstrakurikuler

a)     Pendidikan Keterampilan Membaca dan Memahami Kitab Kuning
b)     Pendidikan Pidato Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia
c)     Pendidikan Qosidah, Hadrah dan Marawis
d)     Pendidikan Qiro'at Seni Membaca al-Qur'an
e)     Kursus Keterampilan Komputer dan Teknologi Informasi
f)       Pendidikan Ke-Pramuka-an/PBB/Palang Merah Remaja
g)     Kegiatan Sosial
h)     Ke-Organisasi-an


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi