AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Tahfizh Al-Qur'an Daarul 'Uluum Lido

Jl. Mayjen HR. Edi Sukma KM. 22 KP. Muara Desa Ciburuy Kec. Cigombong, Kab. Bogor, 17640 Jawa Barat


  Kyai. Muhammad Yazid Dimyati, S.Th.I, Lc
   081546050502/085710936856
   tahfizhdulido@gmail.com
   www.tahfizhdulido.com

Profil

Pada tahun 1998, pimpinan Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido, (K.H Ahmad Dimyati) mengajukan surat permohonan bantuan kepada Yayasan Rabitha ‘Alam Islami. Kemudian surat itu ditanggapi dengan memberikan bantuan berupa Satu buah masjid dan satu buah gedung berisi tiga lokal yang kemudian gedung ini dinamakan gedung Rabitha.

Akad penerimaan bantuan itu, diterima dan disaksikan langsung oleh Ustadz Ahmad Dimyati dan Ketua Yayasan Rabitha ‘Alam Islami. Yayasan ini memohon kepada Ustadz Ahmad Dimyati agar kedua bangunan ini dijadikan sebagai Islamic Center atau pusat keislaman di Pesantren Modern Daarul Uluum Lido. Yayasan Robitoh ‘Alam Islami juga mengamanati satu gedung kamar yang berisi tiga lokal itu dijadikan sebagai kamar Tahfizh al-Qur’an. Akan tetapi karena satu dan lain hal, gedung yang bernama Robitoh tersebut tidak bisa dipergunakan oleh santri Tahfizh al-Quran, dikarenakan kurangnya fasilitas asrama untuk santri TMI.

Karena tidak ingin mengecewakan Yayasan Rabitha ‘Alam Islami, Ustadz Ahmad Dimyati membentuk sebuah perkumpulan para penghafal al-Qur’an yang kemudian hari disebut Jam’iyyah Tahfizh al-Qur’an. Peresmiannya itu dilaksanakan pada tanggal 17 Ramadhan yang bertepatan dengan malam Nuzulul Qur’an. Walaupun saat itu baru diresmikan dan baru berupa suatu perkumpulan, santri yang tercatat sebagai anggota berjumlah 20 orang. Semangat para anggota tahfizh tidak pernah padam untuk selalu menghafal dan mengkaji al-Qur’an.

Dan puncaknya pada tanggal 1 Februari 2015 dilaksanakan peresmian Pesantren Tahfizh al-Qur’an. Harapan adanya Pesantren Tahfizh al-Qur’an ini agar menciptakan santri tidak hanya pintar dalam pelajaran tapi mampu memahami kandungan al-Qur’an.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Daarul 'Uluum Lido memiliki beberapa lembaga pendidikan.

Jumlah Santri Putra : 280

Jumlah Santri Putri : 229

Pendidikan Formal :

1. SMP Tahfizh DU Lido
Suatu Lembaga pendidikan jenjang MTs yang menfasilitasi santri dalam kegiatan belajar di dalam kelas.

2. MA Tahfizh DU Lido
Suatu Lembaga pendidikan jenjang MA yang menfasilitasi santri dalam kegiatan belajar di dalam kelas.


Ekstrakurikuler

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Daarul 'Uluum Lido memiliki ekstrakulikuler yang dapat menfasilitasi dan meningkatkan bakat santri

Prestasi : 

1. Juara ke-2 Lomba Fahmil Qur'an Islamic Book fair akarta 

2. Juara ke-2 Lomba Syarhil Qur'an Islamic Book Fair 

3. Lomba antar rayon dll

Ekstrakurikuler :

1. Sepak Bola/Futsal
Pesantren mempunyai tim sepak bola/futsal yang sudah dilatih dengan cukup baik dengan tujuan meningkatkan bakat santri yang memilihi hobi dalam cabang olahraga ini.

2. Seni Hadroh
Hadroh suatu kesenian religi yang menjadikan bakat santri yang tidak ada menjadi ada, serta yang sudah memiliki bakat dapat teralisasikan dalam cabang ekstrakulikuler ini.

3. Tahfidz

4. Beladiri

5. Bahasa Arab

6. Bahasa Inggris

7. Drum band

8. Membaca Qur’an Tartil

9. Bercocok tanam

10. Komputer

11. Olahraga


Fasilitas

Pesantren Tahfizh Al-Qur'an Daarul 'Uluum Lido menaungi santriwan dan santriwati yang bertekad keras untuk menjadi seorang hafizh/hafizhah, Pesantren dalam naungan Yayasan Salsabila Lido yang mempunyai tempat strategis untuk menghafal Al-Qur'an, tempat yang kondusif untuk murojaah hafalan dan mempunyai basic kebahasaan yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris sebagai bahasa interaksi sehari-hari.

Luas Area : 10.000 m2

Fasilitas :

1. Laboratorium
Laboratorium terdiri dari laboratorium Bahasa, PLH ( Pelestarian Lingkungan Hidup )

2. Perpustakaan
Perpustakaan sebagai salatu fasilitas pesantren bagi seluruh santri dan asaatidz untuk menjadikan baca buku adalah suatu kebutuhan, terdapat buku bacaan yang berkaitan dengan agama dan juga bacaan yang berkaitan dengan umum serta tempat yang memadai yang menjadikan para pembaca nyaman untuk membaca buku.

3. Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren)
Fasilitas kesehatan pesantren yang menfasilitasi serta menyediakan obat-obatan bagi santri yang sakit.

4. Asrama
Asrama/kamar Pesantren sebagai suatu tempat tinggal santri selama berada di pesantren, menjadi kediaman ke-2 mereka setelah rumah, dengan kondisi nyaman, bersih serta strategis menjadikan santri senang berada di asrama. 

5. MCK rapi bersih 

6. Koperasi

7. Kamar tamu

8.  Masjid

9. Balai pertemuan

10. Tempat bermain dan bersosialisasi

11. Laboratorium Bahasa

12. Laboratorium IPA

13. Laboratorium Komputer





Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi