AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al Ma’soem

Jl. Raya Cipacing No. 22 Jatinangor – Sumedang, Kab. Sumedang, Jawa Barat


  
   (022) 7798204 – 7798243
  
   www.almasoem.sch.id

Profil

Pesantren Siswa Al Ma’soem semula bernama Pesantren Pendidikan Formal, mulai dibangun pada tahun 2000. Berada dibawah naungan badan hukum Yayasan Pendidikan Al ma’soem yang beralamat di Jln. Raya Cipacing No. 22 RT 01 RW 05 Desa Cipacing Kecamatan Jatinangor Sumedang. Komplek yayasan seluas ± 4 hektar yang merupakan jariyah dari almarhum Bapak H. Ma’soem (wafat Syawal 2001), seorang pengusaha muslim sukses asli Jawa Barat, yang didukung sepenuhnya oleh istri dan putera-puterinya. Pada saat itu putera tertua beliau yaitu almarhum Bapa H. Nanang Iskandar Ma’soem (wafat Ramadhan 2014) yang mewakili adik-adiknya merespon dan berjibaku membangun serta membesarkan yayasan sebagai ladang amal. Pembangunan pesantren jauh setelah SMA dan SMP Al Ma’soem. Dimana SMA didirikan tahun 1987, SMP 1988. Adapun biayanya adalah dari dari hasil perusahaan (PT Ma’soem) yang sudah dijalankannya sejak 1971, tanpa ada bantuan dari pihak luar.

Mulanya Peasntren ini akan menerima santri yang berstatus pelajar baik dasar, menengah maupun tinggi, intern Al Ma’soem maupun extern. Hali ini dimaksudkan untuk merespon kebijakan pemerintah bahwa wilayah jatinangor menjadi kota pendidikan. Yang dengan demikian migrasi para pendidik, dosen, mahasiswa dan masyarakat wirausaha akan berduyun-duyun ke wilayah ini, yang tentunya mereka memerlukan lembaga pendidikan yang bagus bagi anak-anaknya, layanan pendidikannya baik, fasilitasnya memadai.

Juli 2001 Pesantren Al Ma’soem menerima santri angkatan pertama berjumlah 49 orang tingkat SMA dengan 14 kamar yang sudah dilengkapi kamar mandi di dalam. Akan tetapi, saat itu santri masih melayani sendiri dalam hal makan dan londry. Adapun pelajaran kepesantrenan saat itu murni menggunakan kitab kuning. Sarana ibadah dan pembelajaran kepesantrenan menggunakan ruangan AMIK (sekarang gedung SD). Bertindak sebagai Pimpinan saat itu Pak H. Abdurrahman Lubis, dibantu oleh 4 orang ustadz.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Jenjang Pendidikan

  • Formal

Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK), Akademi Kebidanan (Akbid), Pendidikan Perbankan Syariah, Akademi Farmasi (Akfar).

  • Non Formal

Pesantren Siswa Al Ma’soem (PSAM), Kursus Komputer & Bahasa (LPK & LPB), Bimbingan Belajar, Kursus, Animasi, Making Film.


Ekstrakurikuler

Seni baca Al-Qur'an, marawis, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola.


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, sekolahan, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan. Lembaga Pendidikan




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi