AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Sunanul Huda

Gg. Pesantren I, Cibolang Kaler, Cisaat, Kab.Sukabumi, Jawa Barat 43152


  KH. Buya Dadun Sanusi
  
  
  

Profil

Sosok Kyai almarhum pendiri pesantren Sunanul Huda ini adalah KH. Mama Uci Sanusi, ia adalah murid kesayangan KH. Ahmad Sanusi (alm). Kedekatannya dengan tokoh Kyai legendaris asal Sukabumi KH. Ahmad Sanusi ini terbukti saat KH. Ahmad Sanusi pada tahun 1921 mendirikan pesantren baru di Kampung Genteng Babakansirna atau dulu bernama Distrik Cibadak Afdeeling Sukabumi, Mama Uci (alm) lah yang dipercaya untuk memimpin pesantren Cantayan milik KH. Ahmad Sanusi. Pada tahun 1935 KH. Mama Uci Sanusi (alm) memutuskan untuk mendirikan sebuah surau (Mushola) di Kampung Baru (Tugaran Baru) yang sekarang bernama Cikaroya. Setelah beberapa tahun berjalan, pengajian di surau itu semakin besar, lalu Mama Uci mendirikan asrama – asrama atau kobong dan sekaligus mendirikan lembaga formal pertama yaitu Madrasah Diniyah. Diniyah inilah cikal bakal Pesantren Cikaroya yang sekarang terkenal dengan nama Pesantren Sunanul Huda atau yang lebih akrab disebut “Soe Hoe”. Pada tahun 1965 Mama Uci Sanusi meninggal dunia di usia ke 60 tahun saat melaksanakan Tablig Akbar di Palabuhanratu. Sunanul Huda kemudian diteruskan oleh generasi penerusnya yaitu puteranya KH. Buya Dadun Sanusi. Di Sukabumi ia adalah seorang ulama besar yang sangat di kenal keilmuannya, ketawadhuannya, keberkahan dan keistiqomahannya sebagai seorang “Ulamaul ‘Amiliin”. Pesantren ini selama kepemimpinannya mengalami kemajuan yang sangat pesat, bisa dilihat saat milad atau peringatan hari-hari besar Islam atau manakiban yang selalu dihadiri oleh ribuan orang jamaah.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pesantren ini resmi membuka pendidikan formal disamping pesantren salafi tetap berjalan dengan manajemen yang berbeda. Sekolah formal yang tersedia saat ini yaitu Madrasah Tsanawiyah (SMP) dan Madrasah Aliyah (SMA)

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf);
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an;
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab);
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari;
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah,
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis,
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an;
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik,
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill)


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi