AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Roudlotus Saidiyyah

Jl. Kalialang Baru Kel. Sukorejo Kec. Gunungpati, 50221,Kota Semarang,Jawa Tengah


   KH. M. Said Al-Masyhad
  081327123426
   ichaa762@gmail.com
   ponpesrosa.blogspot.co.id

Profil

Ayo mondok???? Dengan mondok kita akan mendapatkan ilmu dunia dan akhirat Ponpes Roudlotus Saidiyyah kalialang Semarang didirikan oleh Hadrotus Syekh KH. Moh. Said Al Masyhad, beliau lulusan dari beberapa Ponpes yang ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Mekah. Dimana beliau memiliki guru terakhirnya seorang ulama besar dari Jawa Timur yaitu Romo Kyai Muhsin Syafi’I pengasuh Ponpes Roudlotul Muhsinin Bululawang, Malang, Jawa Timur. Beliau Syeh KH. Moh Said Al Masyhad mendapatkan wasiat dari guru terakhirnya tersebut setelah melalui tirakat yang cukup panjang dan penuh dengan ujian dan cobaan dari Allah SWT, beliau disuruh mendirikan Pondok Pesantren di Semarang untuk meneruskan perjuangan Agama Islam dari guru terakhirnya tersebut.

Setelah berbulan-bulan beliau melakukan tirakat, Riadloh untuk mendapat petunjuk dari Allah SWT dan dengan petunjuk guru dari beliau yang lain yaitu Romo Kyai Marwan dari Ponpes Jragung Demak, akhirnya beliau mendapatkan hidayah dari Allah SWT dan diberikan Wakap tanah seluas 10 m² tepatnya didesa Kalialang keluraham Sukorejo Kecamatan Gununungpati oleh seorang peduduk asli wilayah itu. Dengan embrio satu santri sebagai modalnya yaitu Nuri Qulubi akhirmya berdirilah pondok kecil yang beratapkan daun ilalang, dimana beliau mulai mengajar ilmu agama kepada santri yang hanya seorang tersebut dengan penuh kesabaran semata-mata mencari keridoaan Allah SWT. Dari bulan ke bulan santri terus berdatangan dari Demak, Purwodadi, dan dari daerah lain yang pada akhirnya secara resmi tahun 1994 Ponpes Roudlotus saidiyyah yang semula mempunyai satu Santri tersebut dalam kurun satu tahun bertambah menjadi puluhan santri.

Nama Roudlotus Saidiyyah sendiri dipilih berdasarkan petunjuk guru beliau yaitu Simbah KH. Marwan Jragung Demak dan juga Romo Kyai Muhsin Syafi’i dari Malang yang merupakan guru terakhirnya, Roudlotus Saidiyyah yang artinya Taman Saidiyyah yang diharapkan para santrinya bisa berada ditaman itu untuk mengambil bunga-bunga yang sangat indah dan segala isinya yang ada dalam sebuah taman secara umum yang dalam hal ini dimaknai agar santri-santrinya bisa menimba ilmu agama khususnya mempelajari Al-Quran dan kitab kuning dan kitab-kitab lain yang semuanya tersedia di Ponpes Roudlotus saidiyyah untuk kemudian agar dijadikan bekal para santrinya dalam kehidupan abadi di akhirat kelak. Dalam perkembangan berikutnya santri terus bertambah dan lahan pun yang semula ± 10 m² kini Alkhamdulillah telah mencapai luas 20.000 m² dan santrinya pun bertambah banyak mereka berasal dari berbagai wilayah seperti : Jambi, Aceh, NTT, NTB, Lampung, dan dari daerah sekitar seperti : Demak, salatiga, Brebes, Tegal, Pekalongan, dsb. Semuanya itu berkat perjuangan yang gigih dari pengasuh dan para ustadznya serta kepercayaan masyarakat yang sangat tinggi untuk menitipkan Putra-putrinya dalam menimba ilmu Akhirat yang benar-benar sesuai dengan syariat Islam dan Sunah Rosul yang diajarkan dan dicontohkan oleh baginda Rosulullah SAW yang senantiasa kata jadikan pedoman dalam mengajarkan Ilmu agama kepada santri di lingkungan Ponpes.

Info Unggulan

Kajian Kitab Kuning

Jenjang Pendidikan

Dengan izin Allah SWT dan dengan melihat latar belakang pendidikan santri yang hanya lulusan SD / MI saja maka dirintislah pendirian sekolah umum terpadu dibawah Dinas Pendidikan Kota Semarang yang akhirnya berdirilah secara resmi SMP Islam Terpadu Pondok Pesantren Roudlotus Saidiyyah dengan kurikulumnya gabungan antara KTSP DIKNAS dan Kurikulum ciri khusus kepesantrenan yang diajarkan secara terprogram dan terpadu,

Perkembangan selanjutnya tahun pada tahun 2008 / 2009 didirikan Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK ROUDLOTUS SAIDIYYAH) yang membuka dua Program keahlian yaitu TKJ (tehnik Komputer Jaringan) dan PS (Perbankkan Syaria’ah) yang semata-mata ditujukan untuk bekal para santri dengan harapan selain menguasai ilmu Akhirat (agama) sekaligus para santri juga menguasai ilmu dunia sebagai bekal kehidupan di dunia yang Insya Allah para siswanya telah dibekali Akhlaq dengan satu harapan utamany yaitu kelak setelah dewasa dan bekerja akan menjadi karyawan yang jujur, bersih, dan amanah, serta cerdas, dan mampu menghadapi tantangan jaman.

Tahun–tahun berikutnya pengasuh berpikiran dan berkeinginan untuk menampung masyarakat yang mengharapkan ponpes Roudlotus saidiyah juga mempunyai SD / MI dan Alhamdulillah pada tahun 2011 / 2012 Insya Allah sudah dioprasional dan dalam melaksanakan KBM.

Selain pendidikan umum diatas para santri khususnya yang inap dan mondok mengikuti pembelajaran diberbagai jenjang yang dikelompokkan pada tingkat Madin dan tingkatan kelas masing-masing santri untuk mempelajari ilmu agama yang sudah diprogramkan oleh ponpes itu sendiri dengan jadwal yang sudah diatur mulai dari pukul 03.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Dalam hal pendidikan di pesantren ini cukup berkualitas, menjadikan santri dan santriwati berakhlakul karimah, patuh, sopan dan santun.


Pendidikan Formal :
1. SMP ISLAM ROUDLOTUS SAIDIYYAH
2. SMK ISLAM ROUDLOTUS SAIDIYYAH
Pendidikan Informal :
1. TPQ Roudlotus Saidiyyah
Pendidikan Nonformal :
1. Kuliah Subuh Mengaji Al-Qur'an

Ekstrakurikuler

1. Rebana
2. Pidato 5 bahasa
3. Tilawah
4. Olahraga
5. Paskibra

Fasilitas

1. Asrama
2. Masjid yang cukup luas
3. Aula untuk mengaji




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi