AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al - Adalah

Padasari Jatinegara, 52473, Kab. Tegal, Jawa Tengah


  Ky. M. Tasrifin Salim, S.H.I
  085290050266
  ponpes_aladalah@yahoo.co.id
   www.al-adalah.id

Profil

Pondok Pesantren Al-Adalah adalah lembaga pendidikan Islam swasta (non-pemerintah). Dirintis sejak Tahun 2007 tepatnya pada tanggal 6 November 2007 oleh Ky. M. Tasrifin Salim dan Umi Idatun Nachriyah, menggunakan sistem kurikulum terpadu, pendidikan berasrama baik pendidikan formal mulai dari tingkat Paud hingga SMP dan pendidikan pesantren mulai dari Isti’dadiyah hingga Tahassus.

Pondok Pesantren Al-Adalah terletak di Gg. Setu RT 17 RW 04 Kelurahan Padasari, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah. Terletak di dataran tinggi gunung Slamet desa Padasari Jatinegara ini menambah lingkungan pon pes Al-Adalah asri dan sejuk serta jauh dari polusi udara dan jauh dari hingar bingar perkotaan. Kondisi ini sangat mendukung proses belajar mengajar selama menempuh pendidikan di pon pes Al-Adalah.

Pondok Pesantren Al-Adalah berupaya untuk mencetak generasi qur’ani untuk menjadi kader pemimpin umat dan bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT, bermadzhab Syafii, berhaluan Ahlussunah wal Jamaah.

Di Pondok Pesantren Al-Adalah, pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren, yang sebagian besar tinggal di wilayah pondok dan asrama sehingga secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Al-Adalah dengan keikhlasan dan idealisme para pendiri, lembaga ini terus berkembang, hingga saat ini memiliki 8 jenjang pendidikan di bawah Yayasan Al-Adalah baik pendidikan formal maupun pesantren. Dengan usaha selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, pengembangan dana dan mempersiapkan para kader untuk kemajuan jangka panjang lembaga pendidikan dan pengabdian kepada ummat.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Pondok Pesantren Al-Adalah merupakan lembaga pendidikan ber-asrama, semua santri yang menuntut ilmu di lembaga ini diwajibkan untuk mukim atau menetap di dalam asrama dengan pengawasan 24 jam.

Dengan pola pendidikan yang diterapkan, lembaga ini memerlukan sumber daya manusia yang tepat guna dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar maupun pengawasan para santri di lingkungan asrama.

Tenaga pengajar tersebut disyaratkan memiliki jenjang pendidikan berlatar belakang pondok pesantren; mayoritas tenaga pengajar di pon pes Al-Adalah adalah alumni Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin ASPIR Kaliwungu dan API Tegalrejo Magelang. Dengan latar belakang yang dimilikinya, lembaga ini dapat memberikan standarisasi pelayanan dan standarisasi pola dasar pendidikan kepada para santri.

Pondok Pesantren Al-Adalah juga melaksanakan penyegaran untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, baik berupa fasilitas pendidikan hingga tingkat kesarjanaan maupun dalam bentuk pelatihan jangka pendek atau berupa kunjungan ke lembaga-lembaga pendidikan lain guna memberikan masukan terhadap kemajuan pesantren.

Pondok Pesantren Al-Adalah lebih mengutamakan pendidikan daripada pengajaran, karena pendidikan tidak hanya mengasah daya fikir santri, tetapi lebih kepada pembentukan pribadi santri dalam seluruh hidupnya.

Info Unggulan

Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Adalah lebih diarahkan kepada (1). Pendidikan kader-kader umat yang mampu dan terampil di tengah-tengah masyarakatnya, (2). Pembinaan generasi muda yang mampu melanjutkan studinya sesuai dengan bakatnya dan kelak tetap berada di tengah masyarakat dengan menjunjung tinggi nilai ahlussunah wal jamaah, (3). Beribadah dan mencari ilmu karena Allah SWT.

Jenjang Pendidikan

1. SMP Ma'arif NU 3 Jatinegara
2. STKIP NU
3. TPQ Bustanul Athfal
4. Madrasah Diniyah Ibtidaiyah
5. Madrasah Diniyah Tsanawiyah
6. Madrasah Diniyah Aliyah

Ekstrakurikuler

1. Kaligrafi & Tahsinul Khot
2. Khitobah
3. Maulid Barzanji
4. Manaqib
5. Tahlil
6. Muhadatsah Lughotil Arobiyah
7. Rebana ( musik islami)
8. Menjahit
9. Perbengkelan
10. Perikanan
11. Perkebunan
12. Pertanian
13. Pertukangan
14. Drum Band
Prestasi:
1. Juara Lomba kitab kuning tingkat propinsi

Fasilitas

1. Fasilitas Ibadah
Masjid dan Musholla sebagai sentral kegiatan para santri, guru, wali santri serta orang-orang yang tinggal di lingkungan pesantren. Masjid Asyuhada sebagai masjid utama dan digunakan untuk kegiatan pengajian majlis ta’lim masyarakat sekitar dan Musholla Baiturrohim tempat pertemuan santri yang berkenaan dengan ibadah.

2. Fasilitas Pendidikan
1) Ruang kelas Pendidikan Pesantren; terdapat 6 ruang kelas untuk tempat proes belajar mengajar pendidikan pesantren yang terdiri dari pendidikan Isti’dadiyah, Tssanawiyah (Wustho), Aliyah (Ulya) dan Tahassus.
2) Ruang kelas Pendidikan Formal; terdapat 15 ruang kelas untuk tempat proes belajar mengajar pendidikan formal yang terdiri dari Paud, SD Negeri, SMP dan Kejar Paket C.
3) Perpustakaan. Al-Adalah menyediakan fasilitas perpustakaan untuk para santrinya. Tentunya fasilitas ini diperuntukkan kepada para santri atau siswa dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan.
4) Laboratorium. dilengkapi deng Lab komputer untuk menunjang kegiatan belajar mengajar serta meningkatkan kemampuan santri atau siswa terhadap beberapa disiplin ilmu pengetahuan.

3. Fasilitas Pendukung Pendidikan Keahlian
Disediakan berbagai fasilitas penunjang keahlian para santri dan siswa sebagai bekal terjun di tengah-tengah masyarakat, diantaranya 1. Kursus tata busana
2. Bengkel sepeda motor
3. Bengkel seni
4. Kursus pertanian, perikanan, perkebunan dan pertukangan.

4.Fasilitas Asrama
Gedung asrama ; yang terdiri dari satu gedung 3 lt. Masing-masing lantai terdiri antara 10 kamar

5. Fasilitas Pendukung
Berbagai fasilitas pendukung antara lain ; Aula santri putra, Aula santri putri, Kopontren (koperasi pondok pesantren), Hot sport area, Ruang Audio Visual yang dilengkapi dengan LCD proyektor dan ruangan kedap suara serta Ruang kepala sekolah, ruang guru dan ruang tata usaha sekolah.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi