AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Az-Zahro

Gg Jagalan Desa Penanggulan Kec. Pegandon, 51357, Kab. Kendal, Jawa Tengah


  KH. Ahmad Ulin Nuha
  (0294) 388261
  pesantrenazzahro14@gmail.com
   www.pesantrenazzahro.com

Profil

Pondok Pesantren Azzahro’ didirikan pada tahun 1971 oleh KH Muchsin Yunus, BA Al Hafidz bersama Istri Ibu Nyai Hj. Musyarofah Al Hafidhoh , di desa penanggulan kecamatan Pegandon kabupaten Kendal. Awalnya Pesantren ini menampung santri dari desa tersebut dan beberapa desa di sekitarnya.

Sejak awal berdiri Pesantren Azzahro’ telah meletakkan pola pendidikan yang menggabungkan antara keahlian di bidang ilmu agama terutama kemampuan membaca Al Qur’an Bil Ghoib ( Hafalan ) dan pendalaman tradisi para salaf As Sholih melalui kitab kuning disertai kemampuan life Skill ( tepat guna ) seperti Building, kursus menjahit, pertanian. Di sinilah kekhususan Pondok Pesantren Azzahro’ di bandingkan Pondok Al Qur’an yang lain.

Pondok Pesantren Al-Adalah berupaya untuk mencetak generasi qur’ani untuk menjadi kader pemimpin umat dan bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, kebebasan berfikir dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT, bermadzhab Syafii, berhaluan Ahlussunah wal Jamaah.

Dengan pola pendidikan di atas, lulusan ( Mutakhorij ) Pondok Pesantren Azzahro’ telah mampu berkiprah di masyarakat dengan pendekatan ganda, yaitu ilmu agama yang matang dan Life Skill Yang di milikinya untuk menunjang di jalan Allah. Alumni Pondok Pesantren Azzahro’ telah meluluskan santri kurang lebih 1000 santri Putra Putri yang tersebar di seluruh propinsi di jawa, sebagian Sumatra dan Kalimantan.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Al-Adalah dengan keikhlasan dan idealisme para pendiri, lembaga ini terus berkembang, hingga saat ini memiliki 8 jenjang pendidikan di bawah Yayasan Al-Adalah baik pendidikan formal maupun pesantren. Dengan usaha selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, pengembangan dana dan mempersiapkan para kader untuk kemajuan jangka panjang lembaga pendidikan dan pengabdian kepada ummat.

Al Hamdulillah atas berkat rahmat Allah Swt pada tahun 2003 M / 1424 H Pondok Pesantren Putra Putri Azzahro’ mencapai tarap perkembangan yang cukup baik pada sistematis pendidikan maupun ketrampilan lain yang tepat guna sehingga antusiasme masyarakat untuk memasukkan Putra Putrinya di Pesantren ini semakin banyak.

Melihat kondisi seperti ini pihak terkait merasa bangga sehingga ingin tetap mempertahankan predikat tersebut hingga menjadi pesantren yang memiliki akreditasi maju di Jawa Tengah khususnya Kab. Kendal dan sekitarnya.

Visi :
Terwujudnya asas kebersamaan dalam tata kehidupan masyarakat yang berakhlaqul karimah berdasar nilai-nilai ahulussunah waljama’ah

Misi :
1. Melestarikan hikmah keilmuan dan tradisi as salafy as solih 2. Meningkatkan ghirah (semangat) masyarakat dalam menggali khasanah ilmu dan budaya sebagai landsan hidup 3. Mewujudkan masyarakat yang menunjung tinggi nilai-nilai amanah keadilan dan keseimbangan 4. Menciptakan SDM yang unggul dalam Ilmu dan luhur dalam budi 5. Menumbuhkan semangat kreatifitas olah raga, karya dan seni.

Tujuan Jangka Panjang :
Pondok pesantren Azzahro’ berkeinginan mewujudkan santri yang berintelektual, berbudaya dan kreatif dalam menghadapi perkembangan zaman berdasarkan Ahlussunah waljama’ah dengan proyeksi antara lain; 1. Cara belajar menghafal Alqur’an dengan tepat dan cepat. 2. Program pendidikan Nasional jenjang sampai perguruan tinggi. 3. Peningkatan kualitas perekonomian melalui koperasi dan pertanian sehingga pengelolaan pondok pesantren lebih mandiri.

Info Unggulan

Tahfidzul Qur'an, MDA Salaf, MA Salaf, Bandongan, SMK Azzahro, dan SMP Azzahro'

Jenjang Pendidikan

Pendidikan Formal :
1. SMP Azzahro' Pegandon
2. SMK Azzahro Jurusan Farmasi dan TSM

Sistem Pendidikan :
1. Kelas Penghafal Al Qur'an (PQ)
Setiap santri hingga kelas IX (3 SMP) mampu menghafal Al Qur'an sampai 15 juz. Sementara tingkat SMK merupakan kelanjutan dari SMP Azzahro' dan bagi siswa baru dari luar SMP Azzahro' menghafal layaknya siswa SMP Azzahro'.
2. Kelas Reguler
Sistem pembelajaran di kelas ini sesuai dengan sekolah SMP/SMK pada umumnya, namun lebih menitikberatkan pada 7 kitab kuning dasar seperti : Al-Jurumiyah, Amtsilah Al-Tashrifiyah, Arbain Nawawi, At-Taqrib, Aqidatul Awam, Ta'limul Muta'alim dan Mushtholah Al Hadist. Program wajib bagi siswa SMP/SMK kelas regular adalah menghafal tahlil, hafalan surah Yasiin dan surah Waki'ah

Kegiatan Pembiasaan Siswa :
kegiatan pembiasaan yang sering dilakukan siswa agar dapat mengarahkan dan mencetak pribadi siswa yang mumpuni diantaranya :
- Sholat Dhuha
- Tadarus Al Qur'an
- Mujahadah
- Pembacaan Asmaul Husna
- Sholat Dzuhur berjamaah
- Bedah Kitab Kuning

Ekstrakurikuler

1. LSBQ
2. HADROH/Rebana
3. Kewirausahaan
4. Bola Volly
5. Kaligrafi
6. Seni Baca Al Qur'an
7. Drumband
8. Pramuka
9. Bedah Kitab Kuning
10. Silat

Fasilitas

1. Gedung Workshop
2. Gedung Sekolah
3. Kamar Santri




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi