AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al Anwar Rembang

Sarang, Rembang, Jawa Tengah 59274 Indonesia, Kab. Rembang, Jawa Tengah


   KH Maimoen Zubair
   (+62) 0356-411321
  
   www.ppalanwar.com

Profil

Pesantren Sarang, adalah pesantren yang ada di Sarang. Entah bagaimana asbabul wurudnya, nama pesantren selalu lebih lekat dengan daerahnya ketimbang "nama resmi" lembaganya. Malah acap kali orang menyebutkan pesantren dengan nama Kyainya, misalnya Pondoke Mbah Maimun Sarang, atau Pondoke Mbah Kholil Rembang dan seterusnya. Sampai sekarang, orang lebih menyebut pondok Lirboyo, misalnya, karena berada di Lirboyo atau pondok Ploso, karena berada di Ploso. Tak berbeda pula dengan pondok Sarang.

Jika menilik letak geografisnya, tentu tidak ada yang menarik di sini. Kompleks Pesantren adalah tanah yang gersang, bangunannya juga tidak terlalu istimewa. Namun jangan salah sangka, Sarang adalah media semai bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Dari rahim pondok Sarang, beriatus-ratus tokoh agama mengenyam "pahit-getirnya" memburu pengetahuan.

Tidak salah jika Sarang kemudian dibutuhkan masyarakat. Sekian ribu santri berjubel dan hilir mudik memburu tempat pengajian. Beribu-ribu mulut selalu komat-kamit menghapalkan materi pelajaran. Hari-hari di Sarang tidak akan pernah bisa dibatasi oleh putaran jarum jam.

Info Unggulan

Menpera Resmikan Rusunawa Pesantren Al Anwar Rembang

REMBANG, JAWA TENGAH-Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) H Djan Faridz meresmikan pemanfaatan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Al Anwar 3 di Sarang , Rembang, Jawa Tengah, Jum'at (7/9). Adanya peresmian Rusunawa untuk Ponpes tersebut diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup serta pendidikan para santri yang menuntut ilmu di tempat tersebut.

"Pembangunan Rusunawa untuk Pondok Pesantren Al Anwar di Sarang Rembang oleh Kemenpera merupakan wujud nyata perhatian pemerintah dan Presiden untuk dunia pendidikan dan umat Islam di Indonesia," ujar Menpera Djan Faridz saat memberikan sambutan sebelum menandatangani prasasti peresmian.

Pada penandatanganan prasasti tersebut, tampak hadir Menteri Agama Suryadharma Ali dan Pimpinan Ponpes Al Anwar, Sarang, Rembang, KH Maimoen Zubair mendampingi Menpera H. Djan Faridz. Selain itu juga Staf Khusus Menpera Bidang Peran Serta Masyarakat Ison Basyuni dan Bupati Rembang M Salim, Ketua Komisi IV DPR RI Romahourmuziy, Anggota Komisi IV Saifullah Tamliha, anggota Komisi V Arwani Tomafi, Muspida, tokoh masyarakat, pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren di sekitar Rembang.
 
Menurut Menpera Djan Faridz, keberadaan Ponpes sudah sangat mengakar kuat di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Ponpes selain menjadi lembaga pendidikan dan juga telah menjadi lembaga sosial sebagai tempat bersosialisasi antara santri dan masyarakat sekitar.

Berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah Ponpes di Indonesia terus mengalami peningkatan. Jika pada tahun 2008 jumlahnya hanya 21.500 pondok, maka pada pertengahan tahun 2011 lembaga pendidikan tersebut telah mencapai lebih dari 25.000 Ponpes.

"Jumlah santri yang belajar di Ponpes sekitar 3,6 juta. Tentunya keberadaan Rusunawa sebagai tempat asrama para santri dan menuntut ilmu sangat dibutuhkan," katanya.

Kemenpera, imbuh Djan Faridz, akan terus berupaya meningkatkan jumlah bantuan Rusunawa untuk Ponpes-ponpes diseluruh Indonesia. Untuk itu, dirinya berharap dukungan dan doa-doa dari para kyai dan pimpinan Ponpes agar program tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Jenjang Pendidikan

LP Ma’arif NU

Pada perkembangan selanjutnya, di bawah naungan LP Ma’arif NU, pada 15 september 2003 PP Al-Anwar juga mendirikan pendidikan formal, yakni MTs (Madrasah Tsanawiyah) Al-Anwar. Tujuan yang mendasar dari didirikannya MTs tersebut tidak hanya untuk mempelajari ilmu–ilmu umum saja, tapi juga ilmu agama dengan memasukkan pelajaran salaf guna memberikan bekal para muridnya untuk memperoleh keseimbangan antara Imtaq dan Iptek, sehingga pada akhirnya tujuan akhir kebahagian dunia akhirat dapat dicapai.

MTs Al-Anwar

Tahun 2006 MTs Al-Anwar telah meluluskan sekitar 121 siswa. Dan saat ini MTs Al-Anwar memiliki siswa 247 orang dari kelas 1 sampai dengan kelas 3. Sampai saat ini MTs Al-Anwar terus berusaha untuk berbenah diri untuk selalu mensukseskan apa yang dikehendaki Syaikhina dengan selalu pro aktif dalam segala aspek demi tercapainya tujuan tersebut.

Madrasah Aliyah Al-Anwar

Tidak berhenti sampai disitu, pada 21 September 2006 Ponpes Al-Anwar juga membuka Madrasah Aliyah Al-Anwar yang pada tahun pertama, jumlah siswanya sebanyak 74 orang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas putra 45 siswa dan 29 siswi. Namun meskipun demikian, konsep Salaf yang diusung oleh Program pendidikan berbasis formal ini sangat kental dan memang menjadi satu harga mati yang tidak bisa ditawar lagi. Hal inilah yang membuat Al-Anwar berbeda dengan lembaga pendidikan formal Lainnya, yang memang menjadi agenda utama dari didirikannya MTs–MA Al-Anwar Sarang ini. Dan juga nantinya menurut rencana akan juga didirikan program pendidikan lanjutan setingkat perguruan tinggi.

Ekstrakurikuler

1. Pramuka

2. PMR

3. Silat,

4. Marawis, Nasyid,

5. Sepakbola,

6. Qiroah Al-Qur-an, Simakan,

7. Marching Band

Fasilitas

Kamar Santri 106,Kamar mandi 15, Kolam wudlu 4, WC 15, Sumber Air , Sumur 7 , Komputer ,Perpustakaan, 2 Ruang Tamu, Poskestren, Laboratorium, Kantin, Aula, Koprasi, Diesel



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi