AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Darul Darul Falah Jekulo

Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59382, Kab. Kudus, Jawa Tengah


   KH. Ahmad Basyir
  
  
  

Profil

Jekulo adalah salah satu desa sekaligus kecamatan yang terletak di ujung timur Kabupaten Kudus. Sebelum kemerdekaan Negara RI 17 Agustus 1945 sudah berdiri pondok pesantren untuk mendidik kader bangsa yang selanjutnya menjadi ulama’ yang ikut memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Tepatnya pondok pesantren tersebut berdiri pada tahun 1923, dibawah asuhan KH. Yasin.

Pada generasi berikutnya, pondok pesantren diteruskan oleh putranya K. Muhammad Yasin dan kedua santri tersayangnya, yaitu KH. Ahmad Basyir dan KH. Hanafi.

Dalam periode ini perkembangan pesantren semakin pesat, sehingga daya tampung gedung tidak memadai dan Alhamdulillah pada tahun 1968-1969 ada seorang dermawan yang bernama H. Basyir memberi waqaf bangunan kuno kepada KH. Ahmad Basyir yang kemudian oleh KH. Ahmad Basyir dijadikan sebuah pondok pesantren yang diberi nama “Darul Falah”, tepatnya pada tanggal 1 Januari 1970 M.

Selanjutnya pesantren ini mulai bertambah jumlah santrinya maka KH. Ahmad Basyir pada tanggal 1 Januari 1972 M, telah berhasil mendirikan bangunan baru pada tanah milik pribadinya yang tepatnya di sebelah barat kediamanannya. Sehingga pada saat itu Pondok Pesantren Darul Falah Jekulo Kudus sudah mempunyai dua gedung pesantren.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pengembangan pesantren dapat dilihat juga di bidang pendidikan. Bentuk kegiatan pendidikan di pesantren Darul Falah terdiri dari dua macam yaitu pendidikan kepesantrenan sebagai pendidikan utama dan pendidikan formal. Pendidikan kepesantrenan terdiri dari pengajian kitab, Takhassus an-Nasyri (tambahan pelajaran khusus) dan Dirosah Shobah (sekolah pagi). Program Takhasuss untuk santri putra dibentuk pada tahun 1993 dan untuk santri putri dibentuk pada tahun 1995. Sedangkan Dirosah Shobah dibentuk pada tahun 2001. Pendidikan formal masuk di pesantren Darul Falah sejak tahun 2003, dengan dibentuknya program kesetaraan. Bentuk pendidikan formal di pesantren Darul Falah adalah Wajib Belajar Pendidikan Dasar (Wajar Dikdas) 9 tahun dan Paket C setara SMA.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi