AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Fadlul Wahid

Ngangkruk Bandungsari Ngaringan, 58193, Kab. Gobogan, Jawa Tengah


   K. Zubair Abdul Wahid
  081325218048. 085786832629
   fadllulwahid@yahoo.co.id
   www.fadllulwahid.blogspot.co.id

Profil

Pondok Pesantren Fadllul Wahid terletak di area pesawahan lebih persisnya tanah yang tinggi (angkruk, jawa) desa Bandungsari yang jauh dari kota ± 5 km arah barat kecamatan Ngaringan, 32 km arah timur dari kota kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Atau secara geografis terletak pada koordinat 111.09 BT -7.03 LS. Pesantren ini berada agak jauh dari perkampungan karena memang asal mulanya bekas pesawahan yang cukup luas (7 hektar).

ada 7 komplek di dalamnya, yang masing-masing diberi nama para perawi hadits, yaitu:
1- Komplek A (Abu Hurairah)
2- Komplek B (Ibnu Umar)
3- Komplek C (Anas bin Malik)
4- Komplek D (Ibnu Abbas)
5- Komplek E (Jabir bin Abdillah)
6- Komplek F (Abu Sa'id al-Khudri)
7- Komplek G (Abul Hasan As-Syadziliy)

Secara sosial dan kultur masyarakat sekitar berasal dari masyayih, santri, pelajar dan petani. Heterogenitas juga dilihat dari beragamnya agama (Islam dan Kristen) yang dipeluk masyarakat sekitar pesantren. Tidak lebih dari radius 2 km terdapat 1 buah gereja dan beberapa masjid serta musholla yang berjejer-jejer. Namun demikian, bagi pemeluk Kristen jumlahnya sangat minim hanya segolongan saja. Meskipun demikian, kerukunan dan toleransi antar umat beragama terbina sangat baik sehingga tidak ada perselisihan yang berarti. Taraf ekonomi masyarakat sekitar didominasi oleh kalangan 65 % petani, 20 % pedagang, 10 % wiraswasta, dan 5 % buruh.

VISI :

1. Mencetak santri yang berilmu, beramal dan Berakhlaqul Karimah.

2. Pondok Pesantren Fallul Wahid menjadi Pondok salaf yang mencetak santri penerus Ulama’us Sholikhin.

MISI :

1. Pondok Pesantren Fadllul Wahid semaksimal mungkin mencetak santri yang menguasai ilmu fiqh, hadits, nahwu shorof dan lain-lain.

2. Pondok Pesantren Fadllul Wahid bersungguh-sungguh mencetak santri yang optimal mengamalkan ilmunya baik untuk dirinya sendiri maupun masyarakat pada umumnya.

Pengasuh : K. ZUBAIR ABDULWAHID (Gus zubair)

Pendiri : Hadratus Syaikh KH. Abdul Wahid Zuhdi (GUS WAHID)

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Jumlah Santri Putra : 380

Jumlah Santri Putri : 190

Rancangan Pendidikan :
Dengan mempertimbangkan keadaan dan kebutuhan, pendidikan pondok pesantren salaf tradisional minimal dapat di bagi tiga atau empat jenjang kelas. Yaitu dua tahun, tiga tahun dan empat tahun.

1. Kelas 2 Tahun
Kelompok yang pertama ini ada yang masa tinggalnya di pesantren hanya dua tahun dan ada pula yang lebih(meneruskan kelas atasnya).
Untuk yang hanya dua tahun , ditargetkan harus sudah bisa memahami betul cara beribadah dan bisa melakukanya dengan benar, juga tahu mana yang wajib , sunah,mubah dan haram. Dengan kata lain , santri sudah bisa mandiri dalam beribadah, yang berarti pula sudah terpenuhi kewajiban thalabul ilmi fardu ‘ainya . Kelompok ini diproyeksikan sebagai muslim awam yang terampil atau aktif.
Bagi yang melanjutkan lagi , selain mengetahui pengetahuan tersebut, mereka juga di persiapkan untuk jenjang pendidikan berikutnya. Sehingga , tidak akan di rasa adanya jurang pemisah, tetapi justru dalam perjalanan belajarnya akan terasa ada kesinambungan. Dengan demikian , pengajaran dan pendidikan untuk jenjang kelas dua tahun ini di tata sedemikian rupa guna memenuhi kebutuhan seorang awam dan sekaligus menjadi pondasi atau batu loncatan untuk jenjang pendidikan berikutnya dengan sistem cepat dan tepat.

2. Kelas 3 Tahun
Kelompok ini disiapkan untuk mampu menjadi guru dan pimpinan di daerahnya masing-masing. Untuk memenuhi target tersebut , santri di upayakan bisa memahami sebuah fan(bidang) ilmu agama yang ada dan juga di upayakan mampu memahami kitab-kitab salaf dengan hanya sedikit ketergantungan kepada orang lain. Santri jenjang ini juga di targetkan mengerti hukum islam, baik ubudiyah maupun muamalah yang kerap muncul atau terjadi dalam masyarakat luas. Kelompok ini juga harus bisa memahami dan dapat menerima keterangan berbagai hal baru dan bisa menerangkannya kepada masyarakat. Untuk mengatur sistem pendidikan tersebut haruslah meliputi pendidikan semua fan, pengertian semua hukum yang berkaitan dengan perilaku dan kebudayaan masyarakat, pengertian hakikat ahlussunnah wal jamaah serta sedikit pengenalan tentang semua aliran agama atau sekte yang ada di Indonesia.

 3. Kelas 4 Tahun
Kelompok ini di rancang untuk dapat menjadi rujukan kelompok sebelumnya, sehingga kelompok ini harus betul-betul memahami hukum dan bisa menjawab masalah waqiiyyah (terjadi) atau bahkan masalah-masalah yang jarang terjadi, atau mungkin belum diterangkan ulama-ulama salaf secara sharih. Kelompok ini juga harus bisa mempertahankan ajaran atau akidah ahlussunnah sekaligus dapat mengcounter paham-paham lain yang tidak sesuai. Maka dalam jenjang pendidikan kelompok kelas empat tahun ini dibutuhkan kecermatan dan ketelitian yang lebih maksimal dalam memahami kitab-kitab salaf guna mencari jawaban masalah waqiah secara benar. Santri kelompok ini juga harus mampu memahami dalil-dalil ahlussunnah wal jamaah serta kelemahan-kelemahan kelompok lain secara lebih cermat dan teliti.
Adapun jenjang-jenjang pendidikan berikutnya adalah kelompok yang sudah mempunyai fan ilmu yang diperdalam dan dikaji. Sehingga, kelompok terahir ini hanya diarahkan dan dibimbing sesuai bakat dan kemauannya masing-masing untuk menjadi seorang profesional yang menekuni disiplin ilmu sesuai dengan bakat dan keahliannya.

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler :

1. Pendidikan fiqh ubudiyyah dan budaya.

2. Jurnalistik.

3. Komputer.

4. Seni Tilawatil Qur’an Bittaghonny.

5. Seni Rebana Hadlroh.

6. Seni Pencak Silat (PORSIGAL).

7. LDS (Latihan Dakwah Santri / semacam KKN)
diikuti Purnawirawan didampingi seluruh pengurus pondok pesantren bertempat didaerah tertentu.

8. Lajnah Falakiyyah

9. dan lain-lain

Fasilitas

Luas Area : 7 Ha

Fasilitas :

1. Perpustakaan
Perpustakaan yang berisi koleksi kitab-kitab karya ulama` salaf dan buku-buku kajian fiqih modern dll.

2. 1 buah aula, 

3. 9 unit gedung pesantren putra, 

4. 4 unit gedung pesantren putri, 

5. 1 ruang computer, 

6. 1 unit gedung TK Al-Kuttab 



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi