AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Putri Al - Hidayah

Jl. Merak No. 24 Kroya Cilacap Jawa Tengah 53282 Dekat Stasiun Kroya, Kab. Cilacap, Jawa Tengah


   Nyai Hj. Mas’adah
  081-392-608-347/085-726-507-697
   alhidayahkroya@yahoo.co.id
   www.alhida.com

Profil

Pondok Pesantren Al Hidayah dirintis oleh KH.Muhammad Minhajul Adzkiya’ -rahimahullah- sebelum masa kemerdekaan, namun tidak ada data akurat mengenai tahun pastinya. Pada waktu itu pesantren belum diberi nama dan lokasinya masih berada di selatan stasiun kroya. dan pada waktu itu berupa pondok pesantren untuk putra.

Bangunan pesantren terdiri dari Musholla kecil dan 2 asrama yang terdiri dari beberapa kamar (guthekan). Dengan jumlah santri sekitar 200-an orang. Dan diantara santri beliau adalah KH. Saefudin Zuhri yang pernah menjabat sebagai Menteri Agama RI.

Saat terjadi aksi militer belanda II (clash II), beliau bersama dengan beberapa warga dan santri mengungsi ke ngasinan kebasen banyumas, sebelum akhirnya pindah lagi ke rawaseser (masih dalam wilayah kecamatan kroya). Dalam keadaan tidak menentu beliau tetap istiqomah dalam proses belajar mengajar.

Pasca clash II dan suasana dirasa sudah aman kembalilah beliau ke Kroya. Namun ternyata tempat tinggal beliau berikut asrama dan mushollanya telah rata dengan tanah, dibumihanguskan oleh Belanda. Akhirnya beliau pindah lagi ke Kauman Kroya.

Tidak lama di Kauman, kemudian beliau diangkat untuk memimpin Pengadilan Agama di Kabupaten Wonosobo. Akhirnya beliau pindah ke Wonosobo hingga pensiun tahun 1962. Kemudian beliau kembali lagi ke Kroya dan mulai merintis lagi Pondok Pesantren Putri Al Hidayah pada tahun 1977.

Sepeninggal beliau , Pondok Pesantren Putri Al Hidayah diasuh oleh KH. Machali Djahid (alm) dan Nyai Hj. Mas’adah hingga sekarang.

Info Unggulan

Program bahasa Inggris untuk sekolah level SMP dan SMU serta SMA Trensains yang siap menjadikan siswa terbaik di bidangnya

Jenjang Pendidikan

Madrasah Tahfidzil Qur'an

diperuntukkan bagi santiwati yang ingin menghafalkan Al-Qur’an 30 Juz, baik yang masih duduk di bangku sekolah formal (SD/SMP/SMA) di Yayasan Miftahul Huda ataupun tidak. Diharapkan bisa mengahatamkan Al Qur'an bilhifdzi (dengan hafal) dalam waktu 3 tahun. Hingga sekarang Madrasah Tahfidzil Qur’an di asuh oleh Ibu Nyai Amanah dengan dibantu para santri senior.

Madrasah Takhossus 

diperuntukkan bagi santriwati yang tidak sekolah formal dan juga tidak menghafalkan Al Qur'an. dengan materi pelajaran seperti madrasah diniyah plus pengajian di jam-jam sekolah formal.

Madrasah Diniyah

Diperuntukkan bagi santriwati yang belajar di sekolah formal setingkat SD/SMP/SMA/SMK. baik yang sekolah di Yayasan Miftahul Huda ataupun sekolah negeri disekitar pesantren.

Madrasah ini memiliki 5 jenjang pendidikan, yaitu ;
- Halaqoh I’dadiyyah (persiapan)
- Halaqoh Ula
- Halaqoh Tsaniyah
- Halaqoh Tsalitsah
- Halaqoh Mutammimah.

Kitab-Kitab yang dipergunakan adalah kitab-kitab kuning/kutub at-turots karya para 'Ulama salaf dan kholaf yang berhaluan ahlussunah wal jama'ah dan bermadzhab syafi'iyyah.





Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, karate, marching band, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit .

Fasilitas

Masjid, asrama putra dan putri terpisah, koperasi, kantor, gedung-gedung sekolah dan madrasah, perguruan tinggi, lapangan serbaguna, perpustakaan, gudang, mck, sarana olahraga, lab komputer, lab bahasa asing, praktek jahit, parkir mobil dan motor.



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi