AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo

Jl. Kyai Abdan, No 03, Tepo, Dlimas, Tegalrejo , Kab. Magelang, Jawa Tengah


  
  +62 293 362903
  
  

Profil

Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo didirikan pada tanggal 15 September 1944 oleh KH. Chudlori, seorang ulama yang juga berasal dari desa Tegalrejo. Beliau adalah menantu dari Mbah Dalhar (KH. Nahrowi) pengasuh Pondok Pesantren Darus Salam Watucongol Muntilan Magelang. Simbah Chudlori mendirikan Pondok Pesantren di Tegalrejo pada awalnya tanpa memberikan nama sebagaimana layaknya Pondok Pesantren yang lain. Baru setelah berkali-kali beliau mendapatkan saran dan usulan dari rekan seperjuangannya pada tahun 1947 di tetapkanlah nama Asrama Perguruan Islam (API). Nama ini ditentukannya sendiri yang tentunya merupakan hasil dari shalat Istikharoh. Dengan lahirnya nama Asrama Perguruan Islam, beliau berharap agar para santrinya kelak di masyarakat mampu dan mau menjadi guru yang mengajarkan dan mengembangkan syariat-syariat Islam.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Ada delapan tingkatan yang harus dilalui, pertama, Shifir (meliputi baca tulis arab, tarikh, sorogan juz amma dan fasholatan) dan Ibtidaiyyah (meliputi tartilul Qur’an, Ta’limul Muta’allim, khottul jamil, fiqh jawan, jurumiyyah jawan dan tajwid jawan). Kedua, Al-Jurumiyyah (meliputi Al-Jurumiyyah, Safinatun najah, tartilul Qur’an, tajwid, dan Aqidatul Awam). Ketiga, as-sorof (meliputi As-shorof, Al-I’mrithi, Qowa’idul I’rab, Fathul Qorib). Keempat, Alfiyah (meliputi Alfiyah Ibnu Malik dan Minhajul Qowim). Kelima, Fathul Wahab (meliputi Fathul Wahab, Jauharul Maknun, dan pendalaman Fathul Qorib Ula). Keenam, Al-Mahally (meliputi Al-Mahally, Mantiq, Faroidl, dan pendalaman Fathul Wahab Tsany). Ketujuh, Al-Buchory (Al-Buchory, Qowa’idul Fiqhiyyah, dan Mustholah Hadits). Dan terakhir kedelapan, Ihya U’lumuddin (Ihya U’lumuddin, dan bahtsul Masail).

Adapun tiap tingkatan tersebut ditempuh satu tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan seorang santri hanya menempuh maksimal 2 tahun. Dengan hanya mengikuti dua tingkatan terakhir saja. Sebab setiap masuk proses tingkatan melalui tes dari seksi pendidikan (Dewan Qori’in). i Sekolah Tinggi Agama Islam Syubbanul Wathon (STAIS), Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK TI), Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) dan Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TK IT)

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, dan lain-lain

Fasilitas

Masjid, asrama putra dan putri terpisah, koperasi, kantor, gedung-gedung sekolah dan madrasah, perguruan tinggi, lapangan serbaguna, perpustakaan, gudang, mck, sarana olahraga, lab komputer, lab bahasa asing, parkir mobil dan motor.



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi