AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al Iman Muntilan

Jl. Talun Km. 1 Patosan Sedayu Muntilan Po BOX 117 Magelang , Kab. Magelang, Jawa Tengah


   Kyai Muhammad Zuhaery, MA.
  (0293) 587367
   pondokiman@yahoo.com
   www.pesantrenalimanmuntilan.blogspot.com

Profil

Sejarah Singkat Pondok Pesantren Islam Al Iman Muntilan

A. Periode Rintisan (1942 – 1963)

Pada bulan November tahun 1942 di Kampung beteng Muntilan didirikan sebuah lembaga pendidikan bernama “Perguruan Al Iman”. Sang pendiri adalah ustadz Yunus Alwan, beliau adalah alumni Madrasah Alawiyah Arabiyah di Singapura, Selepas dari singapura beliau melanjutkan studinya ke Pondok Pesantren Tremas di Jawa Timur dan Madrasah Aliyah Al Iman di Kodya Magelang. pada tahun ini beliau meletakkan kurikulum salaf dan pada tahun kedua dilengkapi dengan sistem klasikal (madrasah) dan berjalan selama 21 tahun. pendidikan dengan sistem ini telah menghasilkan kader-kader muballigh terkenal di Magelang pada tahun 70-an. saat itu alumnus mencapai 4500 orang lebih.

B. Periode penataan (1963 – 1986)

Pada tahun 1963 kurikulum pesantren disempurnakan, sehingga alumni Al Iman Muntilan dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Adapun prosentasi pelajarannya adalah 65% prodi agama/Bahasa Arab dan 35% prodi umum. Kondisi ini berjalan hingga tahun 1986 dengan pasang surut.

C. Periode Pengembangan (1986 – 2001)

Pada tanggal 26 November 1986, Kyai Yunus Alwan wafat, Pimpinan Pesantren kemudian dilanjutkan oleh putra beliau yakni KH. Muhammad hadi Yunus, MA yang telah berpengalaman dengan latar belakang pendidikan pesantren juga alumni beberapa perguruan tinggi di dalm dan luar negeri. Sebagai penerus sang ayah, KH Muhammad Hadi Yunus, MA terus mengembangkan pesantren, di masa beliaulah Pesantren Islam Al Iman muntilan berkembang sangat pesat, santri-santri berdatangan dari seluruh penjuru Nusantara. Untuk dapat menampung jumlah santri yang semakin banyak maka Pesantren Islam Al Iman dipindah ke Dusun Patosan, Sedayu, Muntilan, kira-kira 500 meter dari lokasi semula. Sarana prasarana pun semakin lengkap dan maju. begitu pula kurikulum pesantren, pada saat itu terbagi menjadi 3 (tiga) tingkatan yaitu : Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan juga Tarbiyatul Muballighin wal Mu’allimin (TMM)/setara Diploma I, juga kelas persiapan (Takhossus) dan kelas paralel. Berbagai upaya terus dilakukan dan dikembangkan untuk membangun umat di masa depan hingga pada bulan April 2001 Kh Muhammad Hadi Yunus, MA menghadap sang Khaliq.

D. Periode pembinaan (2001 – Sekarang)

Pasca wafatnya KH. Muhammad Hadi Yunus ada vacum of power maka kepemimpinan pesantren sementara digantikan oleh Kyai Juhdan Fathoni, hingga pada tahun 2002 kepemimpinan diamanahkan kembali pada putra KH Muhammad Hadi, yakni Kyai Muhammad Zuhaery, MA. beliau merupakan figur pemimpin yang telah mengenyam pendidikan di berbagai pesantren dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Pada masa kepemimpinan ini kurikulum pesantren terus dikembangkan dan disempurnakan. TMM yang dulu ditempuh setelah lulus MA kini TMM merupakan sistem pendidikan kurikulum pesantren dimana di dalamnya terdapat Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Takhassus.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

1. Pendidikan Sekolah

Pendidikan Sekolah di lingkup PP Al Iman dikelola dalam sebuah Biro yaitu Biro Tarbiyatul Muballighiin wal Mu'allimin atau TMM yang dikepalai oleh seorang direktur TMM. Biro ini membawahi/menyelenggarakan 3 (tiga) tingkatan pendidikan yaitu :

a.     Madrasah Diniyah

b.     Tingkat Madrasah Tsanawiyah

Madrasah ini menerima siswa tamatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar (SD).

c.     Madrasah Aliyah

Madrasah ini menerima siswa tamatan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau SMP. Untuk tamatan SMP dan MTs di luar PP Al Iman disediakan kelas khusus memperdalam materi Bahasa Arab.

2.   Pendidikan Kepesantrenan

Kegiatan santri di lingkungan PP Al Iman Muntilan diatur dengan jadwal yang ketat dan padat. Setiap hari para santri harus bangun 30 menit sebelum shubuh guna persiapan sholat shubuh dan bahkan pada hari-hari tertentu harus bangun jam 03.00 guna sholat tahajjud. Pada pukul 06.45 para santri melaksanakan apel pagi, dan jam 07.00 harus sudah masuk kelas guna kegiatan Belajar Mengajar, sampai dengan jam 12.00. Setelah sholat dhuhur dan makan siang, para santri kembali masuk kelas sampai dengan jam 15.00. Setelah ashar santri diwajibkan mengikuti ekstrakurikuler sampai menjelang maghrib. Disamping itu setiap tahun santri dilatih untuk terjun secara langsung ke tengah-tengah masyarakat dengan kegiatan Pekan Dakwah Lapangan (PDL). Santri dilatih untuk dakwah secara langsung pada daerah-daerah tertentu.


Ekstrakurikuler

Secara umum, di PP Al Iman Muntilan telah banyak diselenggarakan kegiatna ekstrakurikuler guna menunjang Life Skill dan Ketrampilan santri, antara lain Komputer, Pidato tiga bahasa (Arab, Inggris, Indonesia), Menjahit dan tata boga khusus santriwati, Sablonase dan perikanan khusus santri putra, bela diri, qiro'ah, pramuka, marching band, pmr.

Fasilitas

Di PP AL Iman Muntilan kini ada + 47 santri MA dan 58 santri MTs (total 105 santri) santri yang tengah belajar pada tahun pelajaran 2009/2010, berasal dari berbagai daerah baik sekitar Kabupaten Magelang, lingkup Jawa Tengah, DIY, Lampung, Sumsel bahkan ada yang berasal dari Merauke Papua. Semua santri diharuskan berasrama di pesantren selama menempuh pendidikan. Untuk mendukung segala kegiatan yang ada disediakan fasilitas sebagai berikut : Masjid, Ruang kelas, Asrama putra dan putri yang terpisah, Rumah untuk pimpinan/kyai, lapangan voli,lap basket, Kantin, perkantoran, aula, laboratorium komputer.



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi