AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Pabelan

Jln. Pondok Pabelan, Pabelan, Mungkid, Kab. Magelang, Jawa Tengah


   K.H. Hamam Dja'far
  +62 293 782061
  
  

Profil

Pondok Pesantren Pabelan didirikan oleh K.H. Hamam Dja'far pada 28 Agustus 1965. Pondok Pesantren Pabelan terletak di Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya tepat berada di jalan yang menghubungkan antara Yogyakarta dan Semarang, ± 35 kilometer dari arah Yogyakarta, 4 kilometer dari Muntilan dan 12 kilometer dari Kota Magelang. Pesantren Pabelan juga terletak di tepi jalur lalu lintas pariwisata Yogyakarta dan Borobudur dan jarak dari Pabelan ke Candi Borobudur adalah sekitar 9 kilometer.

Pondok Pabelan merupakan lembaga pendidikan yang telah mengalami sejarah panjang dan saat ini merupakan kebangkitan yang ketiga. Cikal bakal Pondok Pesantren Pabelan dimulai pada tahun 1800-an, ditandai dengan kegiatan mengaji yang dirintis oleh Kiai Raden Muhammad Ali. Tapi kemudian terhenti setelah terjadi Perang Diponegoro (1825-1830) hingga waktu yang panjang. Kemudian, pada tahun 1900-an Pondok Pabelan ini bangkit kembali di bawah asuhan Kiai Anwar dan dilanjutkan oleh Kiai Anshor. Namun kemudian Pondok Pabelan kembali mengalami kevakuman. Akhirnya, pada tanggal 28 Agustus 1965, salah seorang keturunan perintis Pondok Pabelan, Hamam Dja'far, mendirikan kembali Pondok Pabelan dengan sistem dan kurikulum yang lebih modern, diberi nama "Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan".. Balai Pendidikan Pondok Pesantren Pabelan berada di bawah naungan Yayasan Wakaf Pondok Pabelan.

Yayasan Wakaf Pondok

Yayasan Wakaf Pondok Pesantren Pabelan adalah lembaga tertinggi dalam organisasi Pondok Pabelan yang melaksanakan amanat pendiri Pondok Pabelan (KH Hamam Ja'far) dengan tujuan, usaha, pengelolaan serta prosedur tertentu. Saat ini Yayasan Wakaf Pondok Pabelan diketuai oleh Prof. Bahtiar Effendy, guru besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang merupakan alumni Pondok Pesantren Pabelan.

Info Unggulan

Kerjasama dengan berbagai instansi

Kerjasama dengan pihak luar, baik instansi pemerintah maupun swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri diputuskan oleh pimpinan untuk disetujuai atau ditolak. Misal saat ini tengah terjalin kerjasama Pesantren Pabelan dengan Bappenas RI ( Telecenter dan Bahasa Inggris ), dengan Depag RI ( Program Penguatan Sains Teknologi, STEP 2 IDB ), juga dengan Diknas RI ( Program Penyetaraan KMI dengan SMU ), selain itu kerjasama dengan Pemda Kabupaten Magelang serta beberapa lain yang tak pernah terputus hingga saat ini.

Jenjang Pendidikan

Pondok Pesantren Pabelan menyelenggarakan pendidikan untuk santri putra dan putri selama 6 tahun bagi lulusan Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan selama 4 tahun bagi lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiyah (MTs). Pendidikan formal yang digunakan adalah Kulliyatul Mu'allimien al-Islamiyah (KMI), yang sudah disetarakan dengan SMU berdasarkan SK Mendiknas. Di Pondok Pesantren Pabelan, para santri akan secara otomatis juga mengikuti program pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Selain itu, Pondok Pesantren Pabelan juga menyelenggarakan Kelas Takhassus (selama 1 tahun), bagi para santri yang berasal dari SMP atau berkeinginan memperdalam pengetahuan agama, sebagai persiapan masuk kelas 4 KMI atau setara dengan Kelas 1 Madrasah Aliyah.

Para santri tinggal dalam satu kompleks selama 24 jam, di bawah koordinasi pengurus Organisasi Pelajar Pondok Pabelan (OPPP), yang berada di bawah pengawasan dan bimbingan langsung para pimpinan (kiai). Para Pengurus merupakan santri kelas 5 dan 6 yang bertugas selama 1 tahun untuk melaksanakan kebijakan pimpinan pondok. Organisasi ini dimaksudkan untuk melatih santri dalam rangka pemahaman diri terhadap tanggung jawab, kejujuran, disiplin, cakap, dan kreatif sehingga membentuk jati diri yang kokoh

Ekstrakurikuler

Program Ekstra Kurikuler

  1. Wajib
    • Pidato dalam tiga bahasa ( Arab, Inggris, Indonesia )
    • Pramuka
    • Micro Teaching ( kelas VI )
    • Keputrian
  1. Pilihan
    • Kesenian ( Seni Musik, Seni Lukis, Seni Peran, Kaligrafi, Elektronika, Marching Band )
    • Olahraga ( Sepak Bola, Voli, Sepak Takraw, Basket, Badminton, Tennis Meja, Karateka, Pencak Silat )

Fasilitas

Fasilitas

    * Asrama
    * Perpustakaan
    * Laboratorium Bahasa
    * Laboratorium Komputer
    * Laboratorium Fisika
    * Laboratorium Kimia
    * Laboratorium Biologi
    * Keterampilan Tata Busana
    * Lapangan Olah Raga
    * Koperasi
    * Kantin
    * Dapur Umum
    * Air PAM
    * Balai Kesehatan Santri dan Masyarakat ( BKSM )



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi