AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Miftahussalam Banyumas

Jl. Kejawar, No. 72, Kab. Banyumas, Jawa Tengah


  
  0281796004-796121
  sekretariat@miftahussalam.sch.id
   www.miftahussalam-banyumas.blogspot.co.id

Profil

Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas atau pada saat berdiri bernama Pondok Pesantern Pendidikan Islam adalah sebuah pesantren yang didirikan atas gagasan dari Bapak H.O.S. Notosuwiryo (Pensiunan Pegawai Jawatan Agama Kabupaten Banyumas).

Inisiatif ini timbul sebagai upaya mendidik para santri dalam memahami ilmu-ilmu agama. Inisiatif ini terus bergulir dan mendapat sambutan dari berbagai kalangan dan tokoh masyarakat di Kabupaten Banyumas sehingga melalui GUPPI Cabang Banyumas yang pada saat itu (1976) diketuau oleh K.H Syamsuri Ridwan berdirilah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Banyumas pada hari sabtu manis tanggal 17 Januari 1976/ 15 Muharram 1396 yang diresmikan oleh Bupati Banyumas (Poedjadi Djaring Bandajuda)

Info Unggulan

Pesantren Miftahussalam Kerjasama dengan IDB

Tak dipungkiri lagi dengan penawaran berbagai fitur-fitur menggiurkan dari sekolah-sekolah umum kebanyakannya saat ini, turut menjadi momentum berharga bagi Miftahussalam untuk semakin baik dan modern dalam menyelenggarakan pendidikannya. Dan dalam rangka menyambut momentum tersebut, maka Miftahussalam menjalin kerja sama dengan Islamic Development Bank (IDB) menghadirkan beberapa fasilitas penunjang pendidikan modern berupa Laboratorium Saintek yang merupakan Laboratorium terlengkap dan terbesar yang hanya dimiliki oleh Miftahussalam Banyumas di wilayah Karesidenan Banyumas. Laboratorium Saintek ini, terdiri dari beberapa ruang laboratorium diantaranya, laboratorium Komputer, dengan spesifikasi computer yang tinggi dan kelengkapan hardware lainnya, maka digunakanlah laboratorium ini sebagai media penunjang pembelajaran Informasi dan Teknologi/TIK, sehingga muncullah kegiatan ektrakurikuler TKJ(Teknisi Komputer dan Jaringan), Desain Grafis, Jurnalistik yang hingga saat ini dibina oleh beberapa guru dan tenaga ahli. Disamping Laboratorium Komputer, Laboratorium ini memiliki dua ruangan luas yang digunakan guru elektronika sebagai media latihan dan praktik mata pelajaran elektronika, ditunjang dengan berbagai peralatan modern yang ada berbagai hasil kreatifitas siswa/santri pun dihasilkan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi tambahan materi diluar materi pelajaran elektronika.

Jenjang Pendidikan

Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin hari semakin berkembang dan menantang eksistensinya, hingga muncullah istilah “Pondok Pesantren Pendidikan Islam” yang juga mengambil berbagai materi pendidikan umum sebagaimana materi-materi pendidikan di sekolah umum untuk dijadikan materi pendidikannya. Secara garis besar, waktu pembelajaran di Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas, dibagi menjadi beberapa bagian, dimulai sejak para santri bangun tidur, setengah jam sebelum shubuh, dilanjutkan dengan shalat shubuh berjama’ah di Masjid, selanjutnya kuliah shubuh dan menghafal Al-Qur’an yang dilanjutkan dengan kegiatan mck, makan pagi, apel pagi sebelum berangkat menuju kelas masing-masing. Waktu belajar formal di Madrasah, baik Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah berlangsung sejak pukul 07.00 hingga pukul 14.45. Ada waktu istirahat pukul 09.30 dan waktu shalat dzuhur yang diikuti dengan makan siang. Sepulang dari madrasah, persiapan shalat ashar berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler dan kajian kitab hingga pukul 17.00. Setelah itu kegiatan mck, kegiatan apel sore yang dilanjutkan dengan kegiatan halaqah bahasa Arab dan bahasa Inggris hingga tiba waktu shalat maghrib. Setelah shalat Maghrib, masing-masing kamar berkumpul bersama para ustadz yang didampingi pembimbing kamar membaca Al-Qur’an. Setelah itu makan malam dan dilanjutkan shalat isya berjama’ah. Selepas shalat isya, semua santri keluar kamar menuju kelas-kelas dan masjid untuk belajar hingga pukul 22.30 dan tidur malam hingga waktu fajar tiba.

Ekstrakurikuler

Marchingband, pramuka, silat, tahfid Al-Qur-an, PMR, komputer,

Fasilitas

Ruang Belajar Representatif
Ruang belajar yang digunakan pada jam formal maupun non formal KBM yang dirancang sedemikian rupa untuk membuat santri nyaman belajar di di dalamnya.

Asrama Santri
Asrama yang nyaman dan kondusif bagi para santri yang berdomisili di asrama.

Masjid
Pusat Ibadah seluruh warga masyarakat PPPI Miftahussalam dan warga sekitar pesantren.

Perpustakaan
Pusat penyimpanan berbagai macam buku bacaan baik buku-buku IPTEK maupun keagamaan yang dilengkapi dengan media audio visual yang menayangkan film-film edukatif bekerja sama dengan penanggung jawab laboratorium Saintek.

Laboratorium Saintek (Komputer dan Bahasa, Elektronika, Fisika, Biologi, Kimia)
Laboratorium Sains Teknologi terbesar dan terlengkap se-Kabupaten Banyumas. Didukung dengan peralatan terbaru sehingga mendukung kegiatan praktikum para siswa di beberapa mata pelajaran seperti Biologi, Fisika, Kimia, Elektronika, Teknisi Komputer Jaringan, desain grafis dan Advertising.

Sarana Air Bersih
Diambil dari mata air pegunungan asli dengan pipa sepanjang 6 Km sehingga menjamin kebersihan untuk dikonsumsi oleh warga pesantren.

Kantin Putra dan Putri
Memudahkan para santri untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari baik kebutuhan sandang maupun pangan.

SMS Center
Melayani santri untuk menghubungi orang tua melalui sms dengan cepat sewaktu-waktu.

BMT
Memberikan kemudahan bagi para santri untuk menyimpan uangnya dengan aman sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan dan sebagainya.

Ruang Ketrampilan
Ruang yang berisi peralatan-peralatan kesenian dan keterampilan seperti mesin jahit, peralatan drum band dan sebagainya.

Dapur Santri
Pusat pengolahan konsumsi santri yang ditangani oleh para koki handal dalam menyajikan berbagai menu makanan.

Lapangan Badminton, Sepak Bola, Voley, Basket
Sebagai media olahraga para santri.

Hotspot Area
Jaringan Wi-Fi untuk memudahkan seluruh mwarga masyarakat pesantren yang membutuhkan koneksi internet.



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi