AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Roudlotul Mubtadiin Jepara

Balekambang, RT. 02 RW. 07, Gemiring Lor, Nalumsari, Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin, Kab. Jepara, Jawa Tengah


  KH. Ma’mun Abdullah
  (0291) 7512043
  ponpes_balekambang@yahoo.com
   www.pesantrenbalekambang.org

Profil

Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Belakambang didirikan oleh Hadlratus Syeh KH. Hasbullah tahun 1884. Pesantren yang dikenal dengan nama Pesantren Balekambang merupakan pesantren tertua di wilayah Jepara. Penerus beliau adalah KH. Abdullah Hadziq yang meninggal pada tahun 1985. Hingga sekarang pesantren Balekambang diasuh oleh KH. Ma’mun Abdullah,putera KH. Abdullah Hadziq.

Di bawah asuhan KH. Ma’mun, Pesantren Balekambang mengalami perkembangan pesat dengan mulai mengadopsi sistem pendidikan modern. Pesantren Balekambang mulai membuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 2003, yaitu Jurusan Elektronika. Mulai tahun 2007 SMK Balekambang diperbesar dengan membuka dua jurusan lagi, yaitu Mekanik dan Tata Busana. Selain itu Pesantren Balekambang juga membuka Madrasah Tsanawiyah yang dilengkapi dengan fasilitas boarding dan pendidikan ketrampilan. Pada tahun 2010 membuka SMK jurusan Teknik komputer dan jaringan serta membuka Madrasah Aliyah.dan pada tahun 2013 SMK membuka jurusan Animasi dan Tata Boga.

Yang menjadi ciri khas Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang adalah semua Peserta Didik / Santri wajib berasrama di Pondok Pesantren (Mondok)

Visi

“Menanamkan Aqidah Ahlussunnah Wal Jamaah demi terwujudnya santri/peserta didik yang unggul dalam intelektualitasnya dan berakhlaqul karimah”

Misi

Menyelenggarakan Pendidikan yang berorientasi pada nilai-nilai Ahlussunnah Wal Jamaah. Meningkatkan kualitas pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman. Melaksanakan kajian dan penelitian ilmu-ilmu agama (tafaqquh fiddin), ilmu pengetahuan lain dan teknologi

Info Unggulan

Unnes Gandeng Pesantren Balekambang

Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggandeng Pondok Pesantren Salafiyyah Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara dalam pelaksaanan tridarma perguruan tinggi. Naskah kerja sama ditandatangani Rektor Prof Sudijono Sastroatmodjo dan KH M Ma’mun Abdullah ZA , di pondok pesantren itu, Jumat (8/4).

Penandatanganan dilakukan di sela-sela rapat koordinasi SMK pesantren se-Jawa Tengah di aula pesantren tersebut. Hadir dalam acara itu Direktur Pembinaaan SMK Kemdiknas Djoko Sutrisno, Wakil Bupati Jepara Ahmad Marzuki, dan Rektor Universitas Wahid Hasyim Noor Achmad.

“Kerja sama ini merupakan bagian dari perwujudan komitmen Unnes menggandeng dunia pesantren. Ini selaras juga dengan perhatian Pak Menteri (Mendiknas M Nuh –Red),” kata Prof Sudijono.

Kegiatan didahului penanaman pohon langka oleh Rektor, Wakil Bupati, Direktur PSMK, dan pimpinan pondok pesantren di MTs Roudlotul Mubtadiin. “Sekali lagi, pohon yang baru kami tanam ini bukan sekadar tanaman yang tertancap di tanah, melainkan pohon harapan. Salah satunya harapannya, sinergi antara dunia pondok dan perguruan tinggi terus terbina,” kata Rektor Unnes.

Lebih lanjut dikemukakan Rektor, dengan nota kesepahaman itu kedua pihak bisa saling mengisi dengan potensi masing-masih, baik dalam hal pengajaran, penelitian, maupun pengabdian pada masyarakat. “Tentu kami juga berharap, para santri juga bisa melanjutkan pendidikan tinggi seperti di universitas kami,” katanya.

Sebelumnya, menjelang Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan, Unnes juga mengundang kalangan pesantren dalam sosialisasi.

Ahmad Syaifurrahman, yang juga siswa Jurusan Teknik Otomotif SMK Roudlotul Mubtadiin berharap kerja sama tersebut segera terwujud. “Bersama perguruan tinggi, saya harap pesanten kami bisa lebih maju lagi,” ungkap santri asal Mlonggo Jepara ini seraya mengatakan, teman-temannya di Jurusan ICT sejak tahun lalu telah mampu merakit laptop.

Jenjang Pendidikan

Pesantren Balekambang menyediakan fasilitas menyediakan pendidikan dari MI (SD) sampai Madrasah Aliyyah dan SMK, bila mau diteruskan ke jenjang perguruan di pesantren Balekambang juga menyediakan Akademi Komunitas.

Ekstrakurikuler

Pramuka, Nasyid, Qiroatul Qur'an, PMR, Band Musik, Bengkel, Silat, voli, basket, Sepakbola, dsb.

Fasilitas

Pesantren Balekambang menyediakan fasilitas: 1. Tenaga educator yang profesional dan sesuai dengan keahliannya yang berasal dari pondok pesantren dan perguruan tinggi baik dari dalam negeri dan luar negeri. 2. Perpustakaan. 3. Laboratorium komputer dan bahasa. 4. Laboratorium elektronika. 5. Ruang keterampilan menjahit dan tata boga. 6. Pemrosesan air mineral. 7. Koperasi Pesantren 8. Tempat Praktek Usaha Santri (TPUS). 9. Balai Pengobatan dilengkapi 6 dokter, 1 bidan dan 3 perawat. Kopontren, Apotik Roudlotul Mubtadiin, 10. Pemrosesan Air Mineral milik Koprasi pontren Salah satu sarana yang harus disediakan oleh pesantren adalah koperasi 11. Madrasah dan SMK 12. Akademi Komunitas.



Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi