AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Imdad

Kauman RT 01 RW 016 desa Wijirejo Kecamatan Pandak, Kab. Bantul, DI. Yogyakarta


  Pengasuh : KH.Drs.Habib A. Syakur, M.Ag
   0274-8000088
  pondokalimdad@yahoo.co.id
   pondokalimdad.wordpress.com

Profil

Pondok Pesantren Al-Imdad adalah salah satu pondok Pesantren yang masih menjaga tradisi Salafiyah, Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH. Humam Bajuri pada tahun 1980.

KH. Humam Bajuri dilahirkan di Bantul dari Suami Istri yang bernama R Bajuri dan Arsiyah pada tahun 1937 dan wafat pada hari jum’at tanggal 14 Juni 1996.

Pada waktu kecilnya Humam (panggilan akrabnya) menimba Ilmu di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta sampai beberapa tahun kemudian dilanjutka pergi ke Pondok Pesantren yang berada di daerah pare Kediri untuk menimba Ilmu dari Seorang Kyai yang diinginkan. Dan akhirnya kembali lagi ke Pondok Pesantren Krapyak sampai berpuluh puluh tahun, sehingga Ilmunya sudah cukup untuk mendirikan Pondok Pesantren. Setelah Pulang kampung, Humam ingin menyebarkan ilmunya, Mula mula mengadakan majlis pengajian yang diikuti oleh masyarakat, karena masyarakat membutuhkan berdirinya pondok pesantre, maka akhirnya Humam dibantu oleh masyarakat merintis berdirinya sebuah Pondok Pesantren. dengan usaha dan ikhtiyar yang sungguh sungguh, akhirnya terwujudlah sebuah pondok pesantren.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

1. Tahfidz al-qur`an

Program ini ini meliputi Pembelajaran Membaca Al Qur’an, Menghafal al-Qur`an dan mempelajari Ilmu-ilmu al-Qur`an diantaranya: Ilmu Tajwid, Adab penghafal al-Qur`an, Ilmu tafsir, Tafsir Al Qur’an dan lain-lain.

2. Taman Pendidikan Al-qur`an (TPQ)

Program ini diperuntukkan bagi anak-anak usia TK dan SD yang ingin mempelajari baca tulis al-Qur`an, tata cara sholat, hafalan surat-surat pendek, do’a-do’a harian, aqidah, akhlaq, dan lain-lain.

3. Madrasah Diniyyah

Madrasah Diniyyah merupakan program kelanjutan dari TPQ, setelah mampu membaca al-Qur`an dengan baik. Di madrasah ini dipelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan al-Qur`an, dasar-dasar kaidah bahasa Arab, aqidah, akhlaq, fikih, dan tarikh.

4. Madrasah Tsanawiyyah & Madrasah Aliyah

Madrasah Tsanawiyyah adalah jenjang pendidikan setingkat SMP yang mengikuti Kurikulum Kemenag maupun Kemendiknas dan dikombinasikan dengan kurikulum pesantren, sehingga dapat dinamakan SMP plus plus.

Madrasah Aliyah adalah jenjang pendidikan setingkat SMA yang mengikuti Kurikulum Kemenag maupun Kemendiknas dan dikombinasikan dengan kurikulum pesantren, Program jurusan yang ada sbagai mana di Sekolah Umum lainnya Yaitu: Program IPA, IPS, BAHASA dan KEAGAMAAN. Program ini dibuka sesuai dengan minat dan ketercapaian Kuota. sehingga para santri dapat melanjutkan ke Perguruan tinggi Baik Negeri maupun Swasta sesuai jurusan yang diinginkan.

5. Ma’had Aly

Ma’had Aly adalah jenjang pendidikan setingkat perguruan tinggi yang menggunakan Kurikulum Kemenag yang dikombinasikan dengan kurikulum pesantren,

5. Pembelajaran membaca kitab kuning

Ini adalah pelayanan bagi santri yang menginginkan program intensif untuk dapat membaca kitab kuning secara cepat, dengan modal dapat membaca tulisan Arab yang berharokat dalam waktu singkat santri dapat membaca kitab kuning.

6. Majlis Ta’lim

Program Majlis Ta’lim diikuti oleh Santri tingkat lanjut, maupun masyarakat umum dengan berbagai macam kitab, diantaranya Fikih, Akhlaq, Tagfsir dll.

7. Majlis Mujahadah

Majlis ini merupakan majlis untuk berdoa yang diikuti oleh Santri, Alumni, Wali Santri, dan Masyarakat. Untuk santri dilaksanakan setiap malam jum’at dan untuk wali santri dan masyarakat dilaksanakan setiap malam jum’at wage.


Ekstrakurikuler

Hadroh
Seni Baca Al-Qur`an
Kaligrafi
Olah raga
Pencak Silat
Life Skill dll

Fasilitas

  1. Asrama santri (putra/putri)
  2. Musholla
  3. Ruang kelas
  4. Ruang MCK
  5. Poskestren
  6. Kantor pondok
  7. Kantor madrasah
  8. Ruang guru
  9. Perpustakaan
  10. Gudang
  11. Sarana olah raga
  12. Laboratorium komputer
  13. Tempat pengolahan sampah terpadu




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi