AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes An-Nur Bantul

Ngrukem Bantul, Indonesia, Kab. Bantul, DI. Yogyakarta


  KH. Nawawi Abdul Aziz
   (0274) 6994262
  
   pondok-ngrukem.com

Profil

Kemajuan dan perkembangan dalam segala hal selalu bergerak secara dinamis dan cepat. Di satu sisis, hal tersebut berdampak positif bagi kemajuan umat, tetapi di sisi yang lain juga menjadi ajang merebaknya segala pengaruh dan budaya yang tidak sesuai dengan moralitas Bangsa Indonesia sehingga pada akhirnya banyaklah penyimpangan yang terjadi dimasyarakat. Dengan alasan inilah KH. Nawawi Abdul Aziz yang merupakan salah satu tokoh yang disegani bidang hafidzul Qur’an dan Qiro’ah As Sab’ah berusaha membangun tembok untuk membentengi masyarakat dari segala bentuk dampak negative yang telah menjamur agar masyarakat dapat senantiasa berada dijalan yang kurus sehingga selamat dunia akhirat. Secara singkat, pondok Pesantren An-Nur melewati beberapa periode:

1. Periode perintisan (1966-1978)

Periode ini dimulai pada tahun 1960 ketika KH. Nawawi Abdul Aziz dipercaya menjabat ketua pengadilan agama KAb. Bantul. Sejak saat itu beliau mengetahui kehidupan keagamaan di Bantul, dimana kondisinya masih memprihatinkan. Beliau merasa sudah saatnyalah mengajarkan ilmu yang didapat dari pesantren. Untuk itu, pada tahun 1964 dengan tekad bulat dan mantap didampingi istri beliau (Nyai Walidah Munawwir) dan putra pertamanya ‘Ashim Nawawi, beliau pindah ke dusun Ngrukem Pendowoharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Disana mulai dirintis pengajian-pengajian baik yang bersifat umum, sorogan, bandongan maupun klasikal. Pengajian umum dislenggarakan setiap senin malam dan dikenal dengan sebutan malam selasaan dan setiap jumat pagi. Sedangkan tiap subuh diadakan pengajian sisitem sorogan dan klasikal dengan materi Al Qur’an. Selain itu, pada malam hari berlangsung kegiatan madrasah Diniyah yang dulu bernama Madrasah Lailiyah Salafiah An Nur yang sejak tahun 1976 pengelolaannya diserahkan kepada Bapak KH. Khudlori Abdul Aziz, santri beliau yang putra asli ngrukem.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Sebagai sebuah lembaga yang telah memiliki banyak santri, pesantren ini juga melengkapi dirinya dengan beberapa lembaga yang bernaung dibawah Yayasan Al Ma’had An Nur, antara lain TPQ An Nur, Madrasah Tsanawiah, Madrasah ‘Aliyah Umum dan Keagamaan Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an dan Madrasah Diniyah Al Furqon.

Model Pendididkan

Dalam perjalanannya, pondok pesantren An Nur memiliki beberapa model pendidikan tergantung pada masing-masing lembaga yang ada di pondok pesantren ini, yaiu:

a. Marhalah Bi an-nadazri

Tingkatan ini diperuntukan bagi santri-santri yang tidak menghafal Al Qur’an, dengan penekanan pada pematangan tajwid tartil dan juga makhorijul huruf dan pendalaman kitab-kitab kuning. Setiap harinya para santri yang tidak menghafal Al Qur’an, menyetorkan bacaan Al Qur’an secara nadzri kepada para khotim bil hifdzi yang masih bermukim di pondok pesantren.

b. Mahalah Tahfidz

Kelompok ini khusus bagi santri yang berminat menghafalkan Al Qur’an 30 juz, dimana saat ini tidak kurang dari 600 santri putra dan putri yang belajar untuk menghafalkan Al Qur’an di pesantren ini. Dalam proses penghafalan para santri diasuh langsung oleh KH. Nawawi Abdul Aziz dengan metode bimbingan tahfidz. Disamping itu untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan hafalan para santri, maka setiap 6 bulan sekali diadakan Tes Peringkat Tahfidzul Qur’an dan Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ).

c. Marhalah Qiro’ah Sab’ah

Marhalah ini diperuntukan bagi para khotimin-khotimat (yang telah hafal Al Qur’an) yaitu mempelajari berbagai bentuk bacaan qiro’ah tujuh, sebagai program lanjutan bagi para santri telah hafal Al Qur’an, marhalah ini ditangani langsung pengasuh (KH. Nawawi Abdul Aziz). Madzhab yang dipakai dalam Qiro’ah As Sab’ah adalah madzhab hizril amani yang beliau terima dari Syaikh KH. Arwani Amin Kudus.

d. Madrasah Diniyah

Secara garis besar, Madrasah Diniyah terbagi menjadi menjadi dua cabang yaitu, Madrasah Diniyah yang diperuntukan bagi santri-santri Tahfidz (yang menghafal Al Qur’an) dan bagi santri-santri yang non-tahfidz. Tingkatan kelas Madrasah Diniyah ini pada dasarnya sama seperti Madrasah Diniyah pada umumnya yaitu tingkat ‘Ula dengan jenjang waktu 4 tahun, Wustho selama 2 tahun dan ‘Ulya dengan masa pendidikan selama 2 tahun.

e. Madrasah Formal

Pondok Pesantren An Nur telah memiliki Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK). Dengan fasilitas seadanya, para pengelola madrsah tetap berjuang dalam proses untuk mencapai tujuan dasar Pondok Pesantren An Nur. Dengan izin Allah SWT, Madrasah yang kami miliki mampu bersaing dengan lembaga-lembaga pendidikan diluar dan dalam kurun waktu 6 tahun, Madrash ini mampu mengantongi nilai tertinggi se Yogyakrta sebanyak tiga kali pada Ujian Akhir nasional dan semua siswanya lulus dengan nilai yang lumayan.

f. Sekolah Tinggi

Pondok Pesantren An Nur juga mampu mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) yang resmi dibuka pada tahun 2002 oleh menteri agama RI. Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an membuka 2 prodi: Tafsir Hadist (Ushuluddin) dan PAI (Tarbiyah). Kemudian tahun 004 dibuka program Ekstnsi dan program Diploma (DI dan D2).

Ekstrakurikuler

1. Jami’iyaah

2. Khitobah empat bahasa

3. Seni baca Al Qur’an

4. Dzibaiyyah Al Barzanji

5. Seni Hadrah dan Qasidah

6. Olahraga/senam

7. Pelatihan & seminar ilmiah

8. Karya ilmiah santri

9. Mujahadah malam jum’at

10. Mujahadah & majlis ta’lim ahad pon

Fasilitas

1. Asrama santri

2. Kamar mandi dan mck

3. Ruang Kantor (putra dan putrid)

4. Musholla (putra dan putrid)

5. Ruang belajar

6. Aula (gedung serba guna)

7. Ruang tamu (putra dan putrid)

8. Gedung perpstakaan

9. Mini market dan wartel

10. Kantin dan koperasi

11. Rental computer

12. Ruang menjahit




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi