AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Nurul Ummah Yogyakarta

Jl. Raden Ronggo KG II No.982, Prenggan, Kotagede, Kota Yogyakarta, DI. Yogyakarta


  
  +62 274 374469
  
   www.nurulummah.com

Profil


SEJARAH PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH

Ketika KH. Asyhari Marzuqi masih berada di Baghdad, ayahnya, KH. Ahmad Marzuqi, telah berusaha membuat tempat pengabdian dan pengajaran ilmu ketika kelak putranya kembali ke tanah air. Awalnya, ia memberikan pilihan kepada putra pertamanya itu untuk meneruskan perjuangannya di Giriloyo dengan mengasuh pesantren di sana. Tetapi KH. Asyhari Marzuqi memiliki pertimbangan lain.

Bagi KH. Asyhari, pesantren tidaklah harus didirikan di daerah kampung yang tradisional, jauh dari akses kota. Justru harus ada penyebaran dakwah dengan mengembangkan pesantren di tempat-tempat strategis. Selain itu, KH. Asyhari tidak ingin pengetahuannya terkekang dan untuk mengakses perkembangan informasi mutakhir menjadi terhambat. Apalagi, kebiasaannya yang cepat menerima informasi terkini membuat beliau berkeinginan tetap pada tempat yang mudah mendapatkan informasi dan ilmu. Oleh karenanya, KH. Asyhari menghendaki pesantren yang berada tidak jauh dari perkotaan.

Kiai Marzuqi berikhtiar. Dicarilah tanah yang dekat dengan kota. Ada tanah strategis di daerah Gedongkuning, Banguntapan, dan Bantul. Tetapi, belum sempat diseriusi, ada tawaran tanah wakaf di daerah Kotagede. Awalnya, tanah tersebut diserahkan ke ayah H. Abdul Muhaimin yang bernama Marzuki agar dapat digunakan untuk kepentingan umat Islam. Tetapi, hingga meninggal tanah tersebut belum termanfaatkan. Kemudian H. Abdul Muhaimin menawarkan ke KH. Tolhah Mansyur, tetapi beliau tidak sanggup memanfaatkan tanah tersebut. Kemudian ditawarkan juga kepada KH. Syaiful Mujab yang saat itu menjabat sebagai Ketua Tanfidziyah PW NU D.I. Yogyakarta. Oleh Kiai Syaiful, tanah tersebut ditawarkan kepada R.H. Suwardiyono, wakilnya di NU.

R. H. Suwardiyono adalah tokoh NU yang sangat dekat dengan KH. Ahmad Marzuqi Romli. Beliau sowan dan mengutarakan adanya tanah wakaf yang belum dimanfaatkan dengan baik. Maka, Kiai Marzuqi lantas memerintahkan santrinya, Kiai Nur Hadi Abdullah, untuk bersama-sama mengurus tanah tersebut. Tanah tersebut ditelusuri kepemilikannya.

Setelah ditelusuri, sesuai dengan petunjuk pada surat-surat tanah yang ada, tanah tersebut ternyata atas nama H. Anwar yang beralamat di Kepunton, Solo. Beliau adalah orang tua dari H. Muslim, pemilik Wisma Proyodanan Kotagede Yogyakarta. Ahli waris H. Anwar adalah Siti Salimah Priyomulyono, Hj. Siti Djufainah Muslim Anwar Pranoto, M. Djahid Anwar, H.M Dja’far Anwar Martono, H. M. Djalil Anwar Prajarto, S.H., Dr. M. Djohar Anwar, Dra. Hj. Siti Djuwairiyah Anwar, dan Ir. M. Djailani Anwar. Ahli-ahli waris tersebut memberikan kuasa kepada Muslim Anwar Pranoto untuk mengurus perwakafan tanah kepada Yayasan Pendidikan Bina Putra.

BERDIRINYA PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH

Pondok Pesantren Nurul Ummah berdiri sejak tahun 1986. Peletakan batu pertama dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 1986 / 30 Jumadil Awwal 1406 H oleh KH. Asyhari Marzuqi, KH. Nawawi Ngrukem, dan disaksikan oleh keluarga Krapyak. Sementara untuk upacaranya baru dilaksanakan dua hari kemudian yakni pada tanggal 11 Februari 1986 / 2 Jumadil Tsani 1406 H yang dihadiri oleh Wali Kota Yogyakarta Sugiarto, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) D.I. Yogyakarta, dan masyarakat. Pondok Pesantren Nurul Ummah terletak di Jalan Raden Ronggo KG II/982 RT 27 RW 06 Prenggan Kotagede Yogyakarta.

Sementara itu, pemberian nama “Nurul Ummah” — di samping merupakan salah satu usulan dari H. Ahmad Arwan Bauis, S.H. — adalah hasil musyawarah bersama yang kemudian menyetujuinya sebagai nama pesantren. Dengan dipilihnya nama “Nurul Ummah” yang berarti “Cahaya Umat” ini diharapkan Pondok Pesantren Nurul Ummah bisa menjadi lembaga pendidikan Islam sebagai tempat mendalami agama (tafaqquh fi al-din), dan mampu memberikan sinar pencerahan yang menerangi dan mengarahkan umat dalam menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat (al-sa’âdah fi al-dârayn).



Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pendidikan

PROGRAM KEGIATAN

Program kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Ummah dibagi menjadi empat (4) macam, yaitu :

  1. PROGRAM HARIAN (POKOK)
    Program harian ini meliputi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang diadakan oleh Asrama maupun Madrasah Diniyyah Nurul Ummah. Disamping itu, PP. Nurul Ummah mempunyai ruhul ma’had yaitu jama’ah dan muthola’ah. Kegiatan Asrama meliputi :

    1. Kegiatan Ba’da Subuh yaitu kajian Yanbu’a dan Tahsinul Qur’an (untuk kelas pemula/santri baru), kajian Tafsir (Tafsir Jalalain dan Shofwatuttafasir) untuk kelas lanjutan setelah Yanbu’a. Ini berlaku untuk santri Asrama Mahasiswa dan Takhassus. Sedangkan untuk Asrama Pelajar meliputi Kajian Yanbu’a dan Tafsir Jalalain.
    2. Kegiatan Ba’da Isya’ yaitu kajian yang diampu oleh ustadz-ustadz sepuh,diantaranya adalah Shohih Bukhori, Minhajuttholibin, Kifayatul Atqiya’, Syarh Alfiyah Ibnu ‘Aqil dan Syarh Burdah. Ini berlaku bagi santri tingkat Wustho dan Ulya baik mahasiswa maupun pelajar.
    3. Kegiatan di Komplek Asrama Pelajar secara khusus dikelola oleh pengurus asrama pelajar,diantaranya adalah kegiatan ba’da Isya’ yaitu Mabadi’ al Fiqhiyyah, Alala, Matan Ghoyah wa Taqrib, Washoya, Shorof Krapyak, Bulughul Marom, at Tibyan fi Adabi Hamlil Qur’an, Imrithi, Ta’limul Muta’allim, Minhajut Thullab dan Nahwu al Wadhih.

    Kegiatan Madrasah Diniyyah Nurul Ummah meliputi :

    1. Kegiatan belajar mengajar (KBM), jam I yaitu dimulai pada pukul 19.00-19.40 WIB
    2. Kegiatan belajar mengajar (KBM), jam II yaitu dimulai pada pukul  pukul 19.40-20.30 WIB
    3. Kegiatan belajar mengajar (KBM), jam III yaitu dimulai pada pukul dimulai dari jam 21.00-21.45 WIB.
    4. KBM Madrasah Diniyyah Nurul Ummah dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu Awaliyah (terdiri dari 4 tingkat) Wustho (terdiri dari 2 tingkat) dan Ulya (terdiri dari 2 tingkat)
    5. Untuk KBM jam ke III menyesuaikan tingkat kelas.
    6. Sorogan Kitab, dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa dan malam Minggu bagi tingkatan Awwaliyah pada jam ke III.
    7. Qiro’ah Kitab, dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu untuk kelas 3 dan 4 tingkat Awwaliyah baik mahasiswa maupun pelajar.
    8. Madrasah Diniyyah Nurul Ummah merupakan bagian dari ruhul Ma’had yang wajib diikuti semua santri.

    Bagi santri takhassus (yang menghafalkan Alqur’an) mempunyai jam khusus setoran yaitu Ba’da Subuh dan Isya’ yang dikoordinir oleh Jamaah Qurro wal Huffadz dibawah pengawasan bagian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) Asrama Mahasiswa dan Takhassus. Setoran dilaksanakan di ndalem, yaitu kepada ibu nyai Hj. Barokah Nawawi.

  2. PROGRAM MINGGUAN
    Kegiatan Mingguan ini meliputi kegiatan yang diadakan oleh Asrama, Madrasah Diniyyah maupun Lembaga yang ada di Pondok Pesantren Nurul Ummah, diantaranya :

    1. Maulid Barzanji, Dziba’I, Burdah, Sholat Tasbih, Pidato 3 Bahasa.

      Kegiatan ini yang mengelola adalah pihak Asrama baik Mahasiswa dan Takhassus serta Pelajar. Kegiatan ini dilaksanakan setiap malam Jum’at.

    2. Mujahadah.

      Mujahadah ini dibagi menjadi dua (2), yaitu mujahadah rutin tiap malam Jum’at dan mujahadah Pon yang dilaksanakan setiap malam Jum’at Pon.

    3. Musyawaroh.

      Kegiatan ini dibawah koordinasi Madrasah Diniyyah Nurul Ummah yang dilaksanakan setiap hari Minggu pagi setelah Subuh. Kitab yang dikaji adalah kitab fiqh,menyesuaikan tingkat kelas.

    4. Pengajian Ahad Pagi.

      Pengajian ini dimulai sejak pertengahan Rajab 1406 H dan masih tetap berjalan sampai sekarang. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan PPNU dengan masyarakat sekitarnya. Jama’ah yang mengikuti kegiatan ini adalah masyarakat sekitar PPNU. Pengajian ini dimulai sehabis shalat Shubuh kira-kira pukul 05.00 sampai 07.00 WIB.Rangkaian acaranya terdiri dari sema’an al-Qur’an, Pengajian, dan Mujahadah. Acara diawali dengan pembukaan sebagaimana lazimnya. Kemudian dilanjutkan dengan sema’an al-Qur’an 1 (satu) juz dengan qari’ah (pembaca) Ibu Nyai Hj. Barokah Nawawi atau yang mewakili. Qari’ah membaca al-Qur’an secara bil Ghaib (hafalan). Acara dilanjutkan dengan pengajian atau mau’idhah hasanah yang disampaikan oleh pembicara yang sudah ditentukan, yaitu para ustadz sepuh dan pengasuh PP. Nurul Ummah KH.Ahmad Zabidi Marzuqi. Acara ini diakhiri dengan pembacaan tahlil dan mujahadah.Pengelolaan pengajian rutin Ahad pagi ini dilaksanakan oleh pihak Takmir Masjid Al Faruq PPNU, dengan tugas mempersiapkan acara, perlengkapan, dan konsumsi. Tugas ini dilakukan santri secara bergilir tiap dua kamar.

    5. Pengiriman da’i ke desa bina.

      Kegiatan ini dimaksudkan untuk membina masyarakat yang berada di daerah Gunungkidul khususnya, serta mengembangkan potensi yang ada di desa bina tersebut. Kegiatan ini fokus kepada pembinaan santri santri TPA/TPQ/Madrasah Diniyyah dan para takmir masjid. Pelaksanaan kegiatan ini adalah setiap hari Minggu yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) PPNU.

  3. PROGRAM BULANAN

    Selain kegiatan yang bersifat harian dan mingguan,PP. Nurul Ummah mempunyai program bulanan yang bersifat sebagai penunjang dan pendukung kualtas santri secara individu. Kegiatan tersebut antar lain :

    1. Sema’an Alqur’an.

      Sema’an Alqur’an ini terbagi menjadi dua (2), yaitu semaa’an Alqur’an Komplek dan sema’an Alqur’an JQH.

      • Sema’an Qur’an Komplek diadakan setiap hari Kamis malam setiap bulan. Sema’an ini termasuk dalam kegiatan mandiri komplek yang dikelola oleh bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) PPNU.
      • Sema’an Qur’an JQH, merupakan sema’an Qur’an yang dikelola oleh anggota Jama’ah Qurra’ wal Huffadz yang dilaksanakan di masjid Al Faruq PPNU. Sema’an ini dilaksanakan sebagai media silaturrahim dengan para alumni disekitar pondok serta sebagai penunjang hafalan individu. Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam sebulan.


Ekstrakurikuler

Program kegiatan yang ada di Pondok Pesantren Nurul Ummah dibagi menjadi empat (4) macam, yaitu :

  1. PROGRAM HARIAN (POKOK)
    Program harian ini meliputi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang diadakan oleh Asrama maupun Madrasah Diniyyah Nurul Ummah. Disamping itu, PP. Nurul Ummah mempunyai ruhul ma’had yaitu jama’ah dan muthola’ah. Kegiatan Asrama meliputi :

    1. Kegiatan Ba’da Subuh yaitu kajian Yanbu’a dan Tahsinul Qur’an (untuk kelas pemula/santri baru), kajian Tafsir (Tafsir Jalalain dan Shofwatuttafasir) untuk kelas lanjutan setelah Yanbu’a. Ini berlaku untuk santri Asrama Mahasiswa dan Takhassus. Sedangkan untuk Asrama Pelajar meliputi Kajian Yanbu’a dan Tafsir Jalalain.
    2. Kegiatan Ba’da Isya’ yaitu kajian yang diampu oleh ustadz-ustadz sepuh,diantaranya adalah Shohih Bukhori, Minhajuttholibin, Kifayatul Atqiya’, Syarh Alfiyah Ibnu ‘Aqil dan Syarh Burdah. Ini berlaku bagi santri tingkat Wustho dan Ulya baik mahasiswa maupun pelajar.
    3. Kegiatan di Komplek Asrama Pelajar secara khusus dikelola oleh pengurus asrama pelajar,diantaranya adalah kegiatan ba’da Isya’ yaitu Mabadi’ al Fiqhiyyah, Alala, Matan Ghoyah wa Taqrib, Washoya, Shorof Krapyak, Bulughul Marom, at Tibyan fi Adabi Hamlil Qur’an, Imrithi, Ta’limul Muta’allim, Minhajut Thullab dan Nahwu al Wadhih.

    Kegiatan Madrasah Diniyyah Nurul Ummah meliputi :

    1. Kegiatan belajar mengajar (KBM), jam I yaitu dimulai pada pukul 19.00-19.40 WIB
    2. Kegiatan belajar mengajar (KBM), jam II yaitu dimulai pada pukul  pukul 19.40-20.30 WIB
    3. Kegiatan belajar mengajar (KBM), jam III yaitu dimulai pada pukul dimulai dari jam 21.00-21.45 WIB.
    4. KBM Madrasah Diniyyah Nurul Ummah dibagi menjadi beberapa tingkatan yaitu Awaliyah (terdiri dari 4 tingkat) Wustho (terdiri dari 2 tingkat) dan Ulya (terdiri dari 2 tingkat)
    5. Untuk KBM jam ke III menyesuaikan tingkat kelas.
    6. Sorogan Kitab, dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa dan malam Minggu bagi tingkatan Awwaliyah pada jam ke III.
    7. Qiro’ah Kitab, dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu untuk kelas 3 dan 4 tingkat Awwaliyah baik mahasiswa maupun pelajar.
    8. Madrasah Diniyyah Nurul Ummah merupakan bagian dari ruhul Ma’had yang wajib diikuti semua santri.

    Bagi santri takhassus (yang menghafalkan Alqur’an) mempunyai jam khusus setoran yaitu Ba’da Subuh dan Isya’ yang dikoordinir oleh Jamaah Qurro wal Huffadz dibawah pengawasan bagian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) Asrama Mahasiswa dan Takhassus. Setoran dilaksanakan di ndalem, yaitu kepada ibu nyai Hj. Barokah Nawawi.


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi