AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Nurul Jadid

Jl. Kyai Haji Zaini Mun'Im, Desa Karanganyar, Paiton, Kab. Probolinggo, Jawa Timur


   KH. Zaini Mun'im‎
  (0335) 774121
  
   www.nuruljadid.net

Profil

Pondok Pesantren Nurul Jadid adalah salah satu pesantren yang – ditinjau dari jumlah santri dan kelengkapan lembaganya – termasuk Pondok Pesantren yang besar. Sebagaimana Pondok Pesantren yang lain, peran yang dijalankan adalah sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan perjuangan sekaligus sebagai agen perubahan sosial masyarakat, khususnya bagi masyarakat di desa lokasi Pondok Pesantren.

Pondok Pesantren Nurul Jadid didirikan oleh almarhum KH. Zaini Munim pada tahun 1950. Berlokasi di desa Karanganyar Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Saat ini menempati areal seluas 17 Ha.

Info Unggulan

Kunjungan Silaturrahim Santri Nurul Jadid Paiton

Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo mengadakan acara kunjungan Studi Banding dan Silaturrahim di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Jum’at, 03/05/2013. Rombongan berjumlah 126 orang terdiri dari 51 orang pecinta Bahasa Arab, 54 orang pecinta Bahasa Inggris dan 21 orang pendamping. Mereka tiba di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan pukul 05:30 WIB.

Setelah istirahat di penginapan, pukul 07:30 WIB rombongan berangkat menuju ruang pertemuan di Gedung Serba Guna (GESERNA) di lokasi Pondok Putri untuk mengikuti acara pada pukul 08:00 WIB.

Dalam sambutannya, ketua rombongan LPBA, Ust. Ustman Efendy mengatakan bahwa rombongan dari Nurul Jadid ini datang untuk menimba pengalaman pengembangan pembelajaran baik bahasa Arab atau Inggris di Pondok ini. ”Ilmu yang kami dapatkan di Al-Amien nanti akan dibawa untuk diterapkan di Paiton,” ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Maktum Jauhari yang menyambut mereka dengan baik. Beliau berharap agar hadirin yang terdiri dari santri kelas Aliyah Paiton dan guru-guru pendamping supaya nginap di Al-Amien beberapa hari. “Biar bisa merasakan bagaimana menjadi santri di Al-Amien,” papar Kiai Maktum.

Setelah acara sambutan, dilanjutkan dialog antar lembaga. Sesi bahasa Arab dipandu oleh KH. Marzuqi Ma’ruf, Lc dan K. Drs Suyono Khattab, sedangkan Bahasa Inggris dipandu Oleh KH. Fikri Husein, MA dan KH. Drs. Ja’Far Shodiq, MM. Pertemuan diakhiri dengan penampilan pidato Bahasa Arab dan Inggris oleh santri-santri Al-Amien.

Jenjang Pendidikan

MI, MTs, MA, IAI Nurul Jadid, STT Nurul Jadid, STIKes Nurul Jadid.

Ekstrakurikuler

Ekstra kurikuler meliputi kelompok diskusi, olah raga sepak bola, basket, silat, dan forum komunikasi santri.

Fasilitas

Fasilitas Penunjang
1. Perpustakaan
2. Balai Pengobatan Az-Zainiyah (BPA)
3. Keterampilan
4. Wartel
5. Koperasi Barang
6. Koperasi Makan
7. Penginapan Wali Santri (LOSMEN)

Lembaga Pendidikan Non Formal yang Ada di Wilayah Az-Zainiyah
1. Madrasah diniyah An-Nafi’iyah
2. Pusat Pendidikan Ilmu Al-Qur’an (PPIQ)
a) Program Tahfidzul Qur’an (diasramakan)
b) Program Tahsinul Qur’an (diasramakan)
c) Program Madrasatul Qur’an (diasramakan)
3. Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA)
a) Bahasa Arab (Diasramakan)
b) Bahasa Inggris (Diasramakan)
4. Lembaga Kajian Kitab Al-Khoiriyah (Diasramakan)




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi