AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Shirothul Fuqoha'

Jl. Raya Sepanjang Gondanglegi, 65174, Kab. Malang, Jawa Timur


  KH. Muhammad Dahlan Ghoni
  0341876078
  pondokhudatulmuna@gmail.com
   www.shirothulfuqoha.com

Profil



PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SHIROTHUL FUQOHA

Akisah pada masa penjajahan belanda ada seorang Waqif mewaqofkan sebidang tanahnya seluas 1184 M2, guna mendirikan prasarana peribadatan umat islam di desa sepanjang kecamatan gondang legi kabupaten malang. Kira-kira pada tahun 1931 didirikanlah sebuah bangunan masjid yang motifnya menyerupai masjid wali songo oleh masyarakat setempat. karena areal tanah yang cukup luas jika hanya dibuat mendirikan masjid maka selebihnya oleh masyarakat dibuatkan asrama pengajian disamping selatan bangunan masjid dengan bangunan yang sederhana sekali pada tahun 1932(disinilah awal pondok ini berdiri).

Setelah dari tahun ke tahun perkembangan pengajian dalam asrama ini selalu meningkat dan dirasa kurang begitu lengkap tanpa adanya seorang ulama’ yang secara langsung membimbing sebagaimana pondok-pondok yang lain dan juga kala itu tenaga pengajar atau asatidznya juga didatangkan dari luar daerah. maka baru ditahun 1952 datanglah seorang ulama’ yang sangat alim berasal dari kota jombang yaitu K.H. Damiri yang akhirnya menjadi pengasuh pondok pesantren ini, setelah kedatangan beliau maka pengajian dipondok ini berjalan semakin baik dan berkembang.

Adapun metode pendidikan yang diterapkan oleh beliau kala itu dengan metode waton (pengajian umum) dan metode sorogan, dan juga diadakan diskusi masalah-masalah diniyah oleh orang-orang dari daerah lain. Santri kala itu yang menetap dipondok kurang lebih 30-an putra dan putri.

Tepatnya pada tahun 1958 barulah diadakan pemugaran pondok lama dan didirikan pondok yang cukup bagus diatas pondok yang telah dibongkar dengan kamar sebanyak 7 ruang dan 1 kamar dibuat sebagai kantor pondok pesantren, dengan adanya lokasi baru inilah pondok berkembang dengan pesat sehingga pada tahun 1974 metode pengajian ditambah lagi dengan metode sekolah diniyah. Dengan ditambahnya metode tersebut maka kuranglah prasarana untuk tempat sekolah diniyah dan dalam keadaan seperti itu maka diputuskan untuk memakai serambi masjid sebagai tempat sekolah diniyah.

Pada tahun 1977 pondok pesantren yang sebelumnya belum mempunyai nama maka oleh beliau diberi nama Pndok Pesantren Salafiyah Shirothul Fuqoha', kemudian pada tahun 1981 lokasi pondok ditambah 7 ruang terdiri dari 6 kamar dan 1 ruang belajar, sehingga total keseluruhan mencapai 17 ruang yang terdiri dari :

• 1 Musholla (LANGGAR)
• 1 Ruang belajar putra
• 15 Kamar santri putra dan putri

Dan pada tahun 1984 tepatnya pada tanggal 8 Januari 1984 sang pendiri pondok romo K.H. Damiri telah wafat dengan meninggalkan santri sebanyak 340 orang, dan perjuangan beliau dalam menyi’arkan agama dilanjutkan oleh putra angkat beliau yang juga alim dan istiqomah yaitu K.H.Muhammad Dahlan Ghoni.

Setelah tongkat estafet perjuangan beliau diteruskan oleh putra beliau jumlah santri juga semakin meningkat terutama dari santri putri maka dari itu pada tahun 1988 membeli sebidang tanah untuk membangun asrama putri sebanyak 4 buah kamar dan pada tahun 1989 ditambah lagi 7 kamar putri dan dilanjutkan pada tahun berikutnya yaitu tahun 1990 dibangun aula putri beserta kantor dan kamar pengurus.

Setelah pembangunan asrama putri selesai barulah pada tahun 1992 dibangun pondok bertingkat diatas tanah yang sangat luas sebanyak 22 kamar dan sekaligus diakte notariskan kepada R.Bambang Soegeng SH. dengan nomor 13 tepatnya pada hari kamis tanggal 08 Oktober 1992 dan pembangunan telah rampung dan di tempati pada tahun 1994.

Setelah asrama tingkat selesai barulah dilanjutkan pembangunan aula putra yang sekaligus difungsikan sebagai tempat sekolah diniyah ,dan pada tahun 1995 dibangun ruang tamu sebagai tempat istirahat wali santri dari luar daerah yang memondokkan putra putrinya. Demikanlah uraian singkat berdirinya pondok pesantren salafiyah shirothul fuqoha’ sepanjang gondanglegi malang.

Pengajian Kitab

Bidang ilmu al Quran dan Hadits

1. Alquranul Karim
2. Tafsir Jalalain
3. At Tibyan
4. Risalah Al-Qurro’ wa Al Huffad
5. Al Arbain Nawawi
6. Minhatul Muhgits
7. Riyadlus sholihin
8. Bulughul Marom
9. Shohih Bukhori
10. Shohih Muslim
11. Jamius Shoghir
12. Adzkar An-Nawawi
b) Bidang ilmu Fikih
1. Kitab fasholatan
2. Kitab Mabadiul Fiqhiyah
3. Kitab Safinatun Naja
4. Kitab Sulamul munajat
5. Kitab Sulam Taufiq
6. Kitab Arriyadhul Badiah
7. Kitab Fathul Qorib
8. Kitab Fathul Muin
9. Kitab Kifayatul Akhyar
10. Kitab Hasyiyah Al Bajuri
11. Kitab Al Muhadzab
12. Kitab Al Iqna’
13. Kitab al faroidul bahiyah
14. Kitab Al Waroqot
15. Kitab Ghoyatul Wushul

Bidang ilmu tauhid

1. Aqidatul Awam
2. Maslakul Abid
3. Jawahir Al-Kalamiyah
4. Al Khoridatul Bahiyah
5. Kifayatul Awam
6. Syarkh Ad-Dasuqi
7. Khusun Al-Khamidiyah
d) Bidang ilmu akhlaq
1. Ihya’ Al-Ulumuddin
2. Mau’idh Al-Mu’minin
3. Kifayah Al-Atqiya’
4. Nashoih Ad-Diniyah
5. Ta’lim Al-Muta’alim
6. Syarkh Minhajul ‘Abidin
7. Durroh An-Nashikhin
8. Syurukh Alfadz As-Sholawat
9. Tarbiyah Al-Walad

Bidang ilmu lughot

1. Nahwu Jawan
2. Awamil
3. Fushulul Fikriyah
4. Al-Ajrumiyah
5. Al Imrithi
6. Alfiyah ibn Malik
7. Qoidah I’lal
8. Al Amtsilatu tashrifiyah
9. I’lal Shorfi
10. Sulamul munauroq
11. Jauharul maknun

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Tingkat Pendidikan

1.  Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha' (MASHIFA)

2. TPQ Shirotul Fuqoha'

3. Madarasah Diniyah Ibtidaiyah (Putra)

4. Madrasah Diniyah Tsanawiyah (Putra)

5. Madrasah Diniyah Aliyah (Putra)

6. Madrasah Diniyah Ibtidaiyah (Putri)

7. Madrasah Diniyah Tsanawiyah (Putri)

Ekstrakurikuler

Ekstrakulikuler

1.  Program sorogan kitab kuning

2.  Sholawat Al-Banjari

3.  Qiro'ah

4.  Kaligrafi

5.  Sepak bola

6.  Voli

7. Istighosah dan tahlilan bersama


Prestasi

Juara 1 Festival sastra Religi musabaqoh Hafalan nadzom Aqidatul Awam tingkat Jawa timur

Fasilitas

1. Kos makan
2. Koperasi
3. Aula serbaguna
4. Gedung madrasah
5. Masjid pondok pesantren




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi