AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Qur'an Nurul Huda
Jalan Kramat No. 71 Singosari 65153, Kab. Malang, Jawa Timur


  KH. Muhammad Khoirul Amin
  0341 - 450261, 451660
 
  

Profile

Dalam sejarahnya, Pondok Pesantren Al Qur’an Nurul Huda berdiri pada tahun 1973 M atas dasar tuntutan dan dorongan kondisi bacaan Al Qur’an di masyarakat yang masih cukup memperihatinkan. Bahkan untuk mencari sosok Hafidz (orang yang hafal Al Qur’an) pada saat itu sangat sulit sekali. Berangkat dari kondisi yang demikian itulah, kemudian pondok Pesantren Al Qur’an Nurul Huda berkembang dan mendapat dukungan positif dan kepercayaan dari masyarakat luas. Dukungan tersebut berasal dari para Kyai, Ulama, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat sekitar agar Pondok Pesantren Al Qur’an Nurul Huda dapat membantu memperbaiki kondisi masyarakat menjadi lebih baik dan ideal terutama dalam hal keilmuan Al Qur’an sesuai ajaran nilai luhur agama islam.

Selanjutnya, Al Marhum Al Maghfurlah KH. Abdul Manan Syukur, selaku pendiri dan pengasuh pertama bekerja keras mengembangkan Pondok Pesantren Al Qur’an Nurul huda sesuai dengan cita-cita dasarnya. Untuk itu, beliau berusaha dan berupaya dengan berbagai macam cara untuk membina pengajaran Al Qur’an dalam lingkungan pesantren, serta di beberapa daerah sekitar pesantren melalui Khotaman Al Qur’an dan majlis tadarus Al Qur’an. Dampaknya, Pondok Pesantren Al Qur’an Nurul Huda lebih dikenal masyarakat dan perkembangannya sangat menonjol dan pesat, sehingga akhirnya Pondok Pesantren Al Qur’an Nurul Huda mampu menjadi mercusuar Al Qur’an bagi masyarakat sekitar.

Selain itu, Pesatren Nurul huda juga menaruh perhatian besar terhadap perkembangan bidang pendidikan secara umum. Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya kegiatan-kegiatan edukatif non Al Qur’an informal seperti keterampilan (kursus khitobah, menjahit, dan tata boga), kesenian (sholawat, terbang al banjari, kaligrafi, dan tahsinul qro’ah) hingga madrasah diniyah dan kelas Takhossus kitab kuning. Sementara untuk kegiatan formal, Pondok Pesantren nurul Huda mendorong dan membuka lebar kesempatan kepada santri untuk mengikuti kegiatan di lembaga-lembaga pendidikan formal yang ada di sekitar pesantren, mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Program Unggulan :

1. Laa Yauma Illa Bil Qur’an
Setiap hari santri dididik membaca Al Qur’an
Santri pemula dibimbing pengajian Al Qur’an metode Qiroaty dan menghafal juz ‘amma
Santri yang sudah mampu atau berhasil dapat memilih program Al Qur’an Bin Nadhri dengan menghafal surat-surat penting atau program menghafal Al Qur’an Bil Ghoibi
Qiro’ah sab’ah merupakan program lanjutan bagi santri yang telah khotam Al Qur’an bil ghoib 30 juz
Al Qur’an disampaikan dengan metode Talaqqi dan Musyafahah serta sistem ijazah atau sanad yang bersambung sampai Rasululloh SAW.

2. Tarbiyah Wat Ta’lim
Madrasah Diniyah Salafiyah 6 tahun
Pengajian kitab kuning
Pengembangan bakat atau seni dan keterampilan
Pengembangan minat baca dan tulis
Penanaman nilai-nilai akhlaqul karimah
Program bahasa arab dan bahasa inggris
Program mingguan, meliputi : Sholat-sholat sunnah, al banjari, khitobah, qiroah bit taghonni
Program bulanan, meliputi : istigotsah, manaqib, sholawat Simthud Duror, khotmil qur’an 

Pengasuh : KH. Muhammad Khoirul Amin

Pendiri : KH. ABDUL MANAN SYUKUR dan NYAI HJ. UMI HASANAH

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

PP. Qur'an Nurul Huda memiliki lembaga pendidikan Madrasah Diniyah Salafiyah 6 tahun dan Pengajian kitab kuning

Pendidikan Informal :

1. Madrasah Diniyah Nurul Huda
Madrasah Diniyah Nurul Huda adalah lembaga pendidikan keagamaan yang wajib ditempuh oleh santri PPQ Nurul Huda

Pendidikan Nonformal :

1. Program Hafalan Al Qur'an
Al Qur’an disampaikan dengan metode Talaqqi dan Musyafahah serta sistem ijazah atau sanad yang bersambung sampai Rasululloh SAW

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi