AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Fathul 'Ulum

Jl. Pare - Kandangan. Kwagean, Krenceng, Kepung, 64201, Kab. Kediri, Jawa Timur


  KH. Abdul Hannan Ma’shum
  (0354) 395103
 
   www.kwagean.net

Profile

Pesantren Fathul ‘Ulum merupakan lembaga yang ber-Aqidahkan Islam menurut Faham Ahlus Sunnah wal Jama’ah dengan menyelenggarakan program-program pendidikan madrasah formal dan non formal, pengajian, kursus-kursus, pelatihan dan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan.

Pesantern Fathul ‘Ulum atau yang biasa disebut Pesantren Kwagean ini didirikan oleh KH. Abdul Hannan Ma’shum yang sejak umur 12 tahun sudah mondok di PP. Roudlotul ‘Ulum Kencong (sebelah timur Kwagean) yang diasuh oleh KH. Ahmadi dan KH. Zamroji Syaerozi.

Cikal bakal pesantren ini dimulai saat KH. Abdul Hannan Ma’shum mulai membuka pengajian umum di rumah mertuanya, dusun Kwagean, di bulan Maulid, Tahun 1980. Saat itu sudah dihadiri sekitar 96 peserta pengajian. Karena jumlah santri yang mengaji kian banyak, mau tidak mau KH. Hannan akhirnya pindah ke Kwagean Utara, membangun bangunan semipermanen, gubug dua kamar, untuk kegiatan pesantren. Delapan tahun kemudian, baru KH. Hannan dari hasil jerih payah beliau, membeli sebidang tanah untuk memperluas pondok.

Pesantren Fathul ‘Ulum pada mulanya bernama Miftahul ‘Ulum. Nama Miftah diambil dari asal kata Fataha yang berarti “Telah membuka” dengan tujuan agar Pondok ini menjadi sebuah pembuka segala sesuatu yang tertutup dan gelap. Sedangkan nama ‘Ulum sendiri tafa’ulan/tabarukan pada Pondok Roudlotul ‘Ulum Kencong, supaya tetap mendapatkan barokahnya. Namun karena terjadi kesamaan nama dengan nama Pondok Miftahul ‘ulum-Jombangan Pare, juga dengan nama Pondok Mranggen Jawa Tengah yang diasuh oleh KH. Muslih (guru beliau waktu mengikuti pengajian kilatan berkala) maka diganti dengan “Fathul ‘Ulum”. Lambat laun keorganisasian pun terbentuk layaknya Pondok Pesantren lain, akhirnya kebutuhan dan keadaan yang mengharuskan Fathul ‘Ulum membuka lembaga-lembaga otonom dalam naungannya. Akhirnya Fathul ‘Ulum diantaranya mendirikan Madrasah Diniyyah yang diberi nama Futuhiyyah. Nama Futuhiyyah adalah nama yang memiliki kesesuaian dengan nama Podok induknya, dalam istilah nahwu Fathu dan Futuhiyyah adalah sama-sama musytaq (tercetak) dari fi’il madi Fataha. 

Pengasuh : KH. Abdul Hannan Ma’shum

Pendiri : KH. Abdul Hannan Ma’shum

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pendidikan Formal :

1. Madrasah Ibtidaiyyah Futuhiyyah Pesantren Fathul ‘Ulum.
Lembaga yang memiliki tugas untuk mengurusi pendidikan semua siswa-siswi, yang sedang menempuh pendidikan formal tingkat dasar.

2. Taman kanak-kanak Kusuma Mulia.
Lembaga yang memiliki tugas untuk mengurusi pendidikan semua siswa-siswi, yang sedang menempuh pendidikan formal usia dini.

3. Program WAJAR DIKDAS 9 tahun
Adalah program pendidikan formal dengan mata pelajaran umum sebagaimana pendidikan formal lainnya sebagai penyetaraan dengan sekolah yang sederajat. Program yang diselenggarakan adalah tingkat Wustha (setara SMP). Program ini bertujuan memberikan legalitas kepada peserta didik yang belum pernah mengikuti pendidikan di tingkat SLTP sebagai modal untuk melanjutkan ke jenjang SLTA agar lebih mudah mendapat legitimasi untuk berjuang di masyarakat.

Pedidikan Informal :

1. Madrasah diniyyah Futuhiyyah Pesantren Fathul ‘Ulum
Lembaga yang memiliki tugas untuk mengurusi pendidikan Diniyyah semua santri tarbiyah, putra ataupun putri.

2. Madrasah Qur’aniyyah Futuhiyyah Pesantren Fathul ‘Ulum.
Lembaga yang memiliki tugas untuk mengurusi pendidikan semua santri putra, yang sedang belajar Al-Qur an.

Pendidikan Nonformal :

1. Pondok putra Pesantren Fathul ‘Ulum
Lembaga yang memiliki tugas untuk mengurusi semua santri putra tarbiyah dan kilatan dibidang sarana-prasarana, pendidikan santri kilatan dan santri tarbiyyah (selain waktu sekolah, musyawaroh dan sorogan).

2. Pondok putri Pesantren Fathul ‘Ulum.
Lembaga yang memiliki tugas untuk mengurusi semua santri putri tarbiyah dan kilatan di bidang sarana-prasarana, serta pendidikan santri kilatan dan santri tarbiyyah (selain waktu sekolah, musyawaroh dan sorogan).


Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi