AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Mansya'ul Huda

Jl. Kawah Ijen Desa Paspan Kec. Glagah 68454, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur


  K.H. Marfu' Ali
  082330210735
 mansyaulhuda99@gmail.com
   www.mansyaulhuda.tk

Profile

Pondok Pesantren Mansya'ul Huda merupakan lembaga pendidikan agama yang berada di Desa Paspan Kec. Glagah Kab. Banyuwang Prop. Jawa Timur, tepatnya + 7 Km sebelah barat kota Banyuwangi, dan sebelah timur Kawah Ijen + 25 Km, lokasi daerahnya sangatlah subur disekitar pondok merupakan tanah persawahan.

KH. Mahmud Ali adalah seorang tokoh pertama pendiri pondok pesantren ini. Beliau berasal dari dusun Krajan Paspan Glagah Banyuwangi. Jenjang pendidikannya setelah menyelesaikan pendidikan umum DI Sekolah Rakyat (SR) beliau meneruskan pendidikan di ponndok pesantren di Banyuwangi, Lasem (kyai Ma'sum) dan Sarang Rembang (Kyai Imam) selama kurang lebih 13 tahun.

Pada tanggal 1 Januari 1969 beliau membangun sebuah Musholla yang diberi nama Mansya'ul Huda. Pada perkembangan selanjutnya karena daya tampung tidak mencukupi lagi maka dibangunlah sebuah asrama yang pembangunannya dipimpin langsung oleh beliau dan dibantu masyarakat sekitar. Dengan dukungan masyarakat dan berbagai pihak itulah sehingga pembangunan dapat terselesaikan dalam waktu relative singkat yang dimanfa'atkan untuk menampung santri yang berdatangan. Akhirnya hingga sekarang ini menjadi tempat pendidikan pencetak generasi penerus, dengan harapan semoga tempat ini berguna sampai akhir zaman.

Adapun pondok pesantren secara resmi berbadan hukum pada tanggal 16 November 2005 dengan nama perkumpulan pondok pesantren Mansya'ul Huda dengan Akte Notaris HERU ISMADI SH. Nomer 2.

Dengan perjalanan panjang mulai tahun 1969 sampai 1993 (24 tahun) KH.Mahmud Ali memimpin pondok pesantren ini. Beliau di samping pengasuh juga termasuk salah satu tokoh NU sebagai tim perumus MMPP Banyuwangi dan beliau tokoh yang arif bijaksana, dikagumi masyarakat dan diikuti semua fatwanya. Sehingga hal ini menambah keharuman nama beliau dan pondok pesantren Mansya'ul Huda dikalangan umum. Tepat pada tanggal 13 Rabiul Awal 1413 H. / 31 Agustus 1993 M. jam +03 Wib. Beliau pulang ke rahmatulloh dalam usia 53 tahun. Setiap tanggal 9 Rabiul Awal dilaksanakan acara haul untuk mengenang jasa – jasa beliau. Setelah wafat beliau selama 7 tahun pondok pesantren di pimpin tokoh-tokoh alumni dan pada tahun 2000 M. dipimpin oleh putra beliau yaitu KH. Marfu' Ali dibantu keluarga dan dewan guru hingga sekarang. Mudah–mudahan selalu diberi kekuatan dan ridlo Alloh SWT dan barokah amin ya robal alamin.

Pengasuh : KH. MARFU' ALI

Pendiri : KH. MAHMUD ALI

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pendidikan Formal :

1. Wajar Dikdas 9 Tahun
(Setingkat SLTP ) berdiri Tanggal 26 – 11 -2005 M.

2. MTs-SA Alawiyah
(Setingkat SMP) berdiri tanggal 22 Februari 2009 M.
NSM : 212351016425

3. SMK Alawiyah

PENDIDIKAN INFORMAL :

1.Madrasah Diniyah Mahmudiyah Tingkai Sifir ( Setingkat TK )

2.Madrasah Diniyah Mahmudiyah Tingkai Ula ( Setingkat SD )

3.Madrasah Diniyah Mahmudiyah Tingkai Wustho ( Setingkat SLTP )

4.Madrasah Diniyah Mahmudiyah Tingkai Ulya ( Setingkat SLTA )

PENDIDIKAN NONFORMAL :

1.Pengajian Kitab Kuning

2.Pengajian Sorogan

3.Pengajian Mingguan

4.Pengajian Kilatan

5.Musyawaroh kitab Kuning

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi