AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Muniroh

Jl. Pendidikan No.1, Pangkahkulon, 61154, Kab. Gresik, Jawa Timur


  KH. Mahmudi Ambar, S.Ag
  (031) 3940727
 
  

Profile

Ponpes Al-Muniroh didirikan tahun 1942 oleh almarhum KH Mawardi. Saat itu di Ujungpangkah banyak kasus pencurian, perjudian, penganiayaan, dan perbuatan tercela lainnya. KH Mawardi menilai kondisi itu terjadi karena kurangnya pendidikan masyarakat. Atas dasar itulah maka didirikan ponpes tersebut.

Tahun 1942 mulai dirintis pengajian yang melayani santri dari penjuru desa mulai anak-anak, muda, hingga yang tua. Awalnya banyak santri kalong, yaitu pulang seusai mengaji. Pengajian dilaksanakan di surau atau serambi rumah KH Mawardi. Lambat laun banyak santri yang tinggal atau menetap agar lebih khusyuk menuntut ilmu.

Perkembangan ponpes semakin pesat setelah putra KH Mawardi, yakni KH Munir Mawardi, yang menuntut ilmu ke Mekkah, kembali dan kemudian mengambil alih pimpinan ponpes setelah KH Mawardi wafat. Akhirnya ponpes tidak hanya menggelar pendidikan agama secara tradisional, tetapi juga membuka pendidikan formal.

Ponpes ini bernaung di bawah Yayasan Al Muniroh yang diketuai Syaiful Islam Al Ghozi, putra KH Munir Mawardi, yang didirikan pada 14 Desember 1981. "Ponpes ini terbuka untuk santri dan masyarakat sekitar. Bahkan, yang tua-tua juga aktif di pengajian," kata KH Mahmudi Ambar yang merupakan menantu KH Munir Mawardi.

Al-Muniroh Sukahurip didirikan pada tanggal 21 Oktober 1993 oleh Yayasan Pondok Pesantren Sukahurip berstatus Terdaftar dengan SK Kanwil : Wi/I/HK/008/435/1993. Setelah berjalan kurang lebih 6 tahun kami berupaya melalui akreditasi sehingga status madrasah berubah menjadi TERAKREDITASI B dengan SK Kakanwil Depag Prop Jawa Barat Nomor : Wi/PP.03.2/199/1999. Jumlah Siswa pada awal tahun Pembukaan sebanyak 22 Orang dan sampai akhir tahun yang tamat sampai Mendapat STTB hanya 17 Orang lulus mengikuti Ujian Nasional. Kemudian tahun berikutnya meningkat rata rata 60 orang sebanyak jumlah kelas 1, 2 dan 3 sampai 195 Orang .

Pengasuh : KH. Mahmudi Ambar, S.Ag

Pendiri : KH. Mawardi

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

PP. Al. Muniroh memiliki lembaga pendidikan.
Jumlah Santri Putra : 900
Jumlah Santri Putri : 1400
Pendidikan Formal :
1. MI Al-Muniroh
2. MTS Al-Muniroh
3. MA Al-Muniroh

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi