AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Miftahunnajah

Jl. KH Mahfud Yahya No. 01 Josari Jetis, 63473, Kab. Ponorogo, Jawa Timur


  KH. Aly Syamsuddin
  
 
  

Profile

Setelah terjadi Peristiwa Pemberontakan G 30 S/PKI pada tahun 1965. Dua tahun setelah peristiwa tersebut tepatnya tahun 1967 para tokoh agama dan tokoh masyarakat Desa josari dibawah Ormas Nahdlatul Ulama yang dimotori oleh K.Bani Isroil, Bapak Darmono als Gatho ( H.Abd Rohim ) dan bapak guru Wiyoso yang kemudian mendirikan madrasah diniyah yang dinamakan Madrasah Diniyah

" Tarbiyatus Sholihin " yang bertempat di Gudang milik H.Abd Rohim yang mana tenaga pendidik terdiri dari keluarga sekitar diantaranya Alm Imam Pamuji Als Bibit, Bapak Mishbah, Bapak Mursadik dan dibantu oleh pemuda dari Langgar Al Barokah ( Sekarang Menjadi Masjid Al Barokah ).

Setelah berjalan selama kurang lebih 2 (dua) tahun Madrasah Diniyah " Tarbiyatus Sholihin " perkembangan jumlah santri/murid semakin banyak dan tenaga pengajar yang berkurang, maka sekitar bulan September tahun 1969, mendatangkan Pengajar Alumni pondok Tremas Pacitan yaitu bapak Aly Syamsuddin. Dengan dimotori oleh beliau ditambah dengan tenaga pengajar dari alumni pondok Jenes Ponorogo Madrasah berkempang pesat dikarenakan selain pendidikan dan pengetahuan agama diajarkan disana juga ada kegiatan Kesenian yang yang ditampilkan pada setiap Perayaan hari besar islam.

Pada Tahun 1972 Bapak Aly Syamsuddin terpaksa meninggalkan Madrasah Diniyah dikarenakan diangkat sebagai Pegawai KUA di kecamatan Sooko, maka untuk sementara waktu Kegiatan pembelajaran di madrasah dipercayakan kepada Ust Jema'in Alumni pondok Wali Songo Ngabar Ponorogo. setelah dua tahun mengabdi di KUA kecamatan Sooko Akhirnya bapak Aly Syamsuddin di pindah Ke Kecamatan Jetis dan Kembali mengasuh di Madrasah Diniyah Tarbiyatus Sholihin Josari Jetis Ponorogo.

Pembelajaran madrasah Diniyah Pernah Diadakan Di Surau Al - Barokah Dengan Para pengajar Antara lain KH Aly Syamsuddin, H Julianto Subroto ( Alm) ,H Shobrun Djamil Shah ( Alm) dan Supangat Mendedikasikan Diri Mereka Untuk Tetap menghidup-hidupi Pendidikan Agama Islam Di lingkungan Surau Al Barokah. Pada Waktu Sore Diadakan Pendidikan Ilmu Agama sedangkan Ba’da Magrib Kegiatan Mengaji Maulid Barzanji Muhadloroh dsb.

Pada tahun 1986-1988 Madrasah bekerja sama dengan SDN 1 josari yang kala itu dikepalai oleh Bapak Moeljanto pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dipindah dari Gudang Milik H.Abd Rohim ke SDN 1 Josari yang oleh Bapak Camat Jetis Misman Irsyad nama madrasah Tarbiyatus Sholihin diganti menjadi Madrasah Diniyah " Nurul Akbar " yang pengelolaanya melibatkan guru guru Negeri dan Umum yang diambila dari daerah Sekitar Desa Josari dan Sekitarnya. Namun karena masalah sarana dan Prasarana pendidikan ditambah dengan kesejahteraan Gurunya yang kurang mendapat perhatian banyak dari tenaga Pengajar yang mengundurkan diri karena alasan ekonomi dan keberadaan madrasah menjadi Goyah karena ditinggal oleh pengajarnya. Maka untuk mengatasi hal tersebut dan memudahkan pengawasan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar madrasah dipindah ke Masjid AL Barokah dengan mengggunakah Ruangan yang ada untuk 5 kelas ditambah Gedung TK Dharma Wanita untuk 1 Kelas maka mulailah Madrasah Diniyah Al Barokah kembali dirintis dan dibangun kembali pada tahun 1990 sedangkan tenaga Pengajar atas Bantuan KH Mahfud Hakiem dibantu guru/Ustadz Alumni pondok Pesantren Al Islam Joresan yang berasal dari Desa Gandu dan Joresan Mlarak Ponorogo.Usaha ini membuahkan hasil madrasah Diniyah kembali Hidup dan terus berkembang.

Dengan Perkembangan murid yang semakin banyak pada tahun 1994 Perusahaan Jenang Mirah Membantu membuatkan Gedung Untuk kegiatan belajar mengajar Madrasah dan kantor Guru yang terletak dibarat Masjid Al Barokah.yang pelaksanaan peresmian Gedung baru Madrasah Diniyah dilaksanakan dengan Meriah untuk menarik minat orang tua/wali murid menyekolahkan Putra-putrinyanya di madrasah dengan mendatangkan Grup Drumb Band dari SMPN Madiun dan Kesenian Reog serta Gajah.sejak saat itu Madrasah Diniyah berubah Nama menjadi Madrasah Diniyah Miftahunnajah yang mempunyai arti Kunci Kesuksesan diharapkan semua Alumni atau Peserta didik akan dapat Meraih kesuksesan baik keberhasilan di dunia dan Keberhasilan di akhirat. Seperti yang Disabda kan Nabi Muhammad Saw

" Barang Siapa Yang Menginginkan Dunia Maka Hendaklah Ia Berilmu, Barang siapa Menghendaki kehidupan Akhirat maka Hendaklah Ia berilmu dan barang Siapa Yang menghendaki Keduanya Maka Hendaklah Ia Berilmu "

Sebagai langkah untuk mengoptimalkan pemyelenggaraan Pendidikan Diniyah madrasah ini mempunyai Visi untuk " Terwujudnya pendidikan Keagamaan yang berkualitas, berdaya saing dan mampu menjadi pusat unggulan Pendidikan agama islam dalam rangka pembentukan karakter dan kepribadian Santri sebagai muslim yang taat dan warga Negara yang bertanggung jawab. Sedangkan misinya adalah Meningkatkan Mutu pendidikan melalui pengembangan sistem pembelajaran serta peningkatan sumberdaya Pendidikan Secara Kualitatif dan Kuantitatif "

Dengan perkembangan yang demikian pesat serta keanekaragaman dan tipologi santri yang demikian komplek dan beraneka ragam latar belakang Pendidikan keluarga maka pada tanggal 17 juli tahun 2003 membentuk/mendirikan Taman Pendidikan Al Qur'an ( TPQ ) Miftahunnajah dengan menggunakan metode Nahdliyah yang sebelumnya menggunakan Sistem IQRA' yang tujuan utama pembentukan TPQ ini adalah Pra Diniyah. Sebelum santri menginjak kejenjang pendidikan diniyah setingkat Ibtida'iyah/SD diharapkan santri sudah mampu membaca Huruf Arab ( Al Qur'an ). Sehingga pendalaman materi tentang Ilmu-ilmu agama Islam semakin berkembang.

Keberadaan Madrasah Diniyah Miftahunnajah Mendapatkan legalitas dari Departemen Agama Kabupaten Ponorogo dengan terbitnya Nomor Statistik Madrasah Diniyah No : 412350211231 pada tanggal 16 Maret 2005.

Seiring perkembangan dan tuntutan zaman tentang legalitas lembaga pendidikan maka pada hari Kamis, Tanggal 09 Juni Tahun 2005 Kepala Madrasah Diniyah Miftahunnajah Bapak Aly Syamsuddin, H Achmad Utsman Mansur dan KH Hasim Askandar membuat akta notaris atas nama Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren Miftahunnajah yang dibuat oleh notaris Sutomo SH nomor -08 juni 2005.

Dengan legalitas ini yayasan pendidikan dan Pondok pesantren Miftahunnajah mengambil alih keberadaan Madrasah dan TPQ Miftahunnajah dari Ta'mir Masjid Al Barokah agar tidak ada karancuan kepengurusan di Madrasah maupun di TPQ dengan Ta'mir Masjid Al Barokah.serta diharapkan Adanya yayasan dapat fokus menangani Pendidikan agama Islam di Lingkungan desa Josari dan Sekitarnya. Maka dibentuklah kepengurusan Yayasan Pendidikan Dan Pondok Pesantren Miftahunnajah dengan Ketua Yayasan H.SARNO WIJOYO dan ketua Komite Madrasah H.ACHMAD ASMURI.

Seperti halnya lembaga pendidikan yang ada, regenarasi dan kaderisasi kepemimpinan agar lembaga tetap eksis dengan zamannya maka pada tanggal 01 Januari tahun 2006 Bapak KH Aly Syamsuddin Menyerahkan Tongkat Estafet kepemimpinan Pendidikan di madrasah diniyah Miftahun Najah Kepada MOHAMAD SARKOWI, S.Ag. Alumni Pondok Wali Songo Ngabar Ponorogo dan Juga Sarjana Fakultas Ushuluddin Jurusan Aqidah dan Filsafat IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarya ( Sekarang UIN Yogyakarta). Diperiode ini sistem dan administrasi pendidikan mulai ditata dengan tetap mempertahankan sistem lama serta memodifikasi kurikulum Pendidikan di madrasah Miftahunnajah sehingga Kurikulum yang ada di Madrasah ini adalah Kurikulum mandiri hasil dari modifikasi Kurikulum Departemen Agama Tahun 2003 dan kurikulum Pesantren salafiyah.

Pada tanggal 01 juli 2010 ada perubahan nomor Statistik / ijin Operasional Penyelenggaraan pendidikan dan Pengajaran untuk Madrasah Diniyah yang dikeluarkan Oleh Kementerian Agama kabupaten ponorogo untuk Madrasah Diniyah Miftahunnajah Dengan No statistik baru : 311235020116. Dengan adanya ini semakin meningkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini sehingga dalam perjalanan system pendidikan Diniyah Takmiliyah Tingkat Ula maka lembaga ini mulai menerapkan system pendidikan dengan masa tempuh 4 tahun Tamat sesuai dengan Pedoman dan standart Pendidikan Madrasah yang dikeluarkan oleh Departemen Agama RI.

Seiring dengan perkembanagan zaman serta peranan penting pendidikan Keagamaan yang diselenggarakan Oleh Madrasah Diniyah maka muncul gagasan dari pemerintah untuk Melegalkan dan memformalkan keberadaan Madrasah diniyah dengan merubah nama dari Madrasah Diniyah Menjadi Pendidikan Diniyah.

Visi :

Terwujudnya pendidikan Keagamaan yang berkualitas, berdaya saing dan mampu menjadi pusat unggulan Pendidikan agama islam dalam rangka pembentukan karakter dan kepribadian Santri sebagai muslim yang taat dan warga Negara yang bertanggung jawab

Misi :

Meningkatkan Mutu pendidikan melalui pengembangan sistem pembelajaran serta peningkatan sumber daya Pendidikan Secara Kualitatif dan Kuantitatif.

Motto :

Cerdas, Kritis, Kreatif & Berakhlakul Karimah

Pengasuh : KH Aly Syamsuddin

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

1. TPQ Miftahunnajah, 2. Madrasah Diniyah Miftahunnajah

Ekstrakurikuler

1. Hadroh, 2. Futsal, 3. Pawai

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi