AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Ar-Rohmah Putri

Pondok Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah, No 12 Bulakrejo Rt 10/06 Katikan Kedunggalar, 63254, Kab. Ngawi, Jawa Timur


  
  081 393 482 991/0351 7756162
 arrohmahngawi@gmail.com
   www.arrohmahngawi.blogspot.com

Profile

Memelihara dan mendidik anak merupakan hal yang bersifat naluriyah. Setiap orang tua berkewajiban mendidik dan mengarahkan anak-anaknya. Namun, di era moderenisasi di segala bidang yang cenderung mengarah pada dekadensi moral, kemajuan teknologi dan sains yang memukau dan menakjubkan justru menjadikan banyak orang tua terlena dalam mendidik anak-anaknya. Akhirnya muncul sebuah pertanyaan  : "Bagaimana sebaiknya mendidik dan mengarahkan anak ? kearah mana anak-anak kita akan di didik, terutama pada masa pubertas (usia 12 – 20 tahun) yang mana pada usia tersebut jiwa anak cenderung masih labil ?." Pertanyaan tersebut adalah sekelumit dari berbagai masalah pendidikan yang memerlukan jawaban dan penyelesaian. Karena anak sebagai individu memerlukan bimbingan dan arahan sebagai penerus perjuangan pendahulunya.

Oleh karenanya, Pondok Pesantren Islam Ar-Rohmah hadir ditengah-tengah umat sebagai lembaga Pendidikan yang siap turut andil dalam mendidik dan mengarahkan anak-anak (terkhusus putri) agar mereka dapat terhindar dari pengaruh negatif zaman yang serba modern ini, dan dapat menjadi generasi yang berakhlaq Qur'ani. Pada awal didirikan, Pondok Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah berdiri di atas tanah milik bapak Untung di desa Terbono Selosari Kabupaten Magetan dengan luas tanah hanya 100 M² pada tanggal 15 Dzulqo'dah 1424 H yang bertepatan dengan tanggal 19 Januari 2004.

Sebagai sebuah Pondok Pesantren rintisan, ditengah menjamurnya lembaga-lembaga Pendidikan yang bonafit, maka bukanlah hal yang mudah bagi Pondok Pesantren Ar-Rohmah untuk mulai menunjukkan eksistensinya, apalagi dengan sempitnya lokasi, bangunan Pondok yang hanya berupa rumah tua, pengasuh dan pengajar yang terbatas serta minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki. Namun demikian, dengan izin Alloh dan ringannya tangan para ikhwah, Pondok Pesantren Ar-Rohmah bisa tetap eksis hingga dapat mewisuda santriwatinya untuk yang pertama kalinya sejumlah 3 orang. Hari ini harus lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini. Azzam itulah yang mendasari para sesepuh Pondok yang saat itu terdiri dari :

1.           Bapak H. Untung                                   sebagai             Penasehat

2.           Bapak Khomisan                                   sebagai             Ketua Yayasan

3.           Bapak Sunarno                                      sebagai             Sekretaris

4.           Bapak Wahyudi                                     sebagai             Bendahara

5.           Bapak Ahmad Zuhdi Sutarjo                   sebagai             Kabid Pendidikan

6.           Bapak Idi Rahyono                                sebagai             Kabid Da'wah

7.           Bapak Farid Syam Supriyadi                   sebagai             Kabid Sosial dan Kemasyarakatan

8.           Bapak Mujiono                                       sebagai             Kabid Sosial dan Kemasyarakatan

Mereka terus mencari solusi bagi perkembangan Pondok pesantren Ar-Rohmah selanjutnya. Berkat rahmat dan karunia Alloh Subhanahu wa Ta'ala sematalah bila akhirnya Pondo Pesantren Ar-Rohmah mendapatkan tanah wakaf seluas 6460 M²  yang terletak di Dusun Bulakrejo Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Atas izin Alloh 'Azza wa Jalla pembangunan Pondok Ar-Rohmah di lokasi yang baru pun dimuali pada tanggal 16 Januari 2006 hingga menjelang akhir Januari 2007.

Pagi itu, hari Ahad tanggal 12 November 2006 bertepatan dengan Tahun Pelajaran 2006/2007 M, Pondok Pesantren Ar-Rohmah yang terletak di desa Terbono Selosari Kabupaten Magetan diboyong ke lokasi tanah wakaf dari keluarga bapak Nur Cholis bin Marsinggih (Bulakrejo Katikan) di Dusun Bulakrejo Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Pada bulan-bulan awal kepindahan, kegiatan belajar mengajar dan aktivitas kepondokan lainnya telah berjalan dengan lancar walaupun masih terdapat beberapa kekurangan, namun hal tersebut tidaklah menghambat perjalanan operasional Pondok Pesantren Ar-Rohmah di tempat yang baru ini. Sejak saat itulah kepengurusan Pondok Pesantren Ar-Rohmah berada di bawah naungan Yayasan Islam Ar-Rohmah Yasiroh Cabang Ngawi.

Kampus Pondok Pesantren Putri Ar-Rohmah “Bumi Al-AzKa (alas Katikan) terletak dikawasan pedesaan yang jauh dari polusi udara maupun suara juga rona lingkungan hidup alami karena masih banyak pohon-pohon sumber oksigen alam terutama flora pepohonan peneduh dan tanaman hias yang efektif menghasilkan kondisi lingkungan yang nyaman sehat dan indah.

TANGGAL DAN TAHUN PENDIRIAN :

Pondok Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah berdiri pada tanggal 19 Januari 2004 M dengan lokasi pertama di Terbono Selosari Magetan Jawa Timur

Program Unggulan :

1. Bahasa arab

2. Tahfid al qur’an

3. Kemandirian PROGRAM PENDIDIKAN

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pendidikan Formal :

1. PAUD

2. TKIT

3. SDIT

4. Kuliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah(KMA) tingkat Tsanwaiyah

Unit KMT tingkat wustho

5. Mengadakan ujian nasional wajar dikdas (paket B) mandiri

6. Unit KMT tngkat ulya
Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah (KMA) tingkat ‘Aliyah

7. Mengadakan ujian nasional paket C mandiri dan ujian pesantren Insyaallah program paket C diganti dengan PMU (pendidikan Menengah Universal)

Pendidikan Informal :

1. Unit Takhosus selama 1 tahun

2. Ma’had Sighor

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler :

1. TATA BOGA
Santriwati disamping mendapat pelajaran di kelas mereka juga mendapat kesempatan belajar memasak berbagai aneka makanan guna memenuhi kebutuhan kantin di hari jum’at, untuk kantin hari jum’at dikelola penuh oleh IST

2. JAHIT MENJAHIT
Santriwati disamping mendapat pelajaran di kelas mereka juga diberi kesempatan untuk latihan menjahit di hari rabu sore

3. HALAQOH TAHFIDZ
Penanggungjawab kegiatan ini adalah wali kelas. Bentuk kegiatannya walikelas membuat kelompok-kelompok yang beranggotakan anggota kelas, kelompok tersebut di bawah ketuanya menghafal al-quran setiap habis sholat subuh dan pada jam pelajaran tahfid di kelas
Ketua kelompok bertanggungjawab mengecek hafalan anggotanya dan melaporkan perkembangannya kepada wali kelas. Kegiatan dalam kelompok tersebut diantaranya mengecek tahsin dan melaksanakan tasmi’ bergantian

4. PROGRAM BAHASA
Penanggungjawab kegiatan ini adalah bagian bahasa IST. Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan :
a.Pemberian mufrodat rutin keseluruh siswa kelas 1 dan 2 MTs
b. Muhawaroh setiap hari senin dan kamis pagi diikuti oleh seluruh santriwati
c. English day setiap hari senin dan kamis
d. Lomba-lomba (Miss language, Cerdas cermat, Mutholaah kitab)

5. PROGRAM MUHADOROH
Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari kamis

6. PROGRAM KEBERSIHAN DAN KEINDAHAN
Kegiatan ini berupa kerja bhakti rutin sesuai jadwal
Lomba kebersihan dan keindahan antar kamar
Kerja bhakti bersih-bersih lingkungan kampung seputar pondok

7. PROGRAM PEMBINAAN
Inti tujuan diadakan kegiatan ini adalah memberikan layanan danmembantu santriwati dalam menjalani aktifitasnya di pesantren sehinggasantriwati akan merasa aman, nyaman dan selalu semangat dalam berkegiatan guna mendapatkan harapan positifnya. Adapun kegiatan yang dilakukan bagian ini yaitu :
a. Memberikan layanan bimbingan konseling
b. Mengkoordinasi santriwati dalam menjalankan ibadah seperti pelaksanaan sholat wajib dan sunnah, puasa, ta’lim halaqoh dan ta’lim umum
c. Mengadakan apel setiap 10 menit sebelum KBM berlangsung di depan kelas masing-masing
d. Mengadakan apel bulanan setiap sabtu pertama ( sehabis libur keluaran)
e. Berkoordinasi dengan wali kelas, guru, ketua kelas dalam menangani masalah-masalah yang dihadapi santriwati

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi