AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Mashduqiah

Jl. IR. H. Juanda No. 370 Patokan Kraksaan, 67282, Kab. Probolinggo, Jawa Timur


  KH. Dr. Muklisin Sa'ad, MA
  0335 844531
  pondokalmashduqiah@gmail.com
   www.almashduqiah.com

Profil



Pondok Pesantren AL-MASHDUQIAH lahir sebagai upaya partisipasif dalam mewujudkan cita-cita luhur "mengembalikan kejayaan Islam dan kaum Muslimin" (izzul Islam wal Muslimin). Ia berdiri di atas sebidang tanah wakaf seluas 5,6 ha. Di Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Suasana lingkungannya masih asri, tenang, aman, dan sejuk, sehingga mendukung terciptanya semangat belajar yang tinggi dan memungkinkan pengembangan potensi santri.

Visi :
Terwujudnya pondok pesantren terkemuka yang mampu melahirkan generasi muda berakhlakul karimah, mandiri, kreatif, handal, dan mampu berperan serta dalam pembangunan umat.

Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas (quality education) dengan bertumpu pada nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.
2. Melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan dalam upaya menegakkan nilai-nilai Islam sebagai rahmatan lil 'alamin.
3. Mengupayakan kemandirian pondok pesantren dengan melakukan berbagai kegiatan usaha produktif yang menguntungkan, baik dikelola sendiri maupun bersama pihak luar.

Program Unggulan :
1. Pembelajaran bahasa asing (Arab atau Inggris)
2. Pengajian kutub al-turats (kitab kuning)
3. Pembelajaran Al-Qur'an (tahsin al-qira'ah dan tahfizh Al-Qur'an) 

Pengasuh : KH. Dr. Muklisin Sa'ad, MA

Pendiri :  KH. Dr. Muklisin Sa'ad, MA

Info Unggulan



PEMBELAJARAN BAHASA ASING

Pembelajaran bahasa asing (Arab atau Inggris) merupakan salah satu program unggulan pesantren. Kedua bahasa tersebut diajarkan dan digunakan dalam kelas serta menjadi bahasa percakapan sehari-hari. Pembelajaran bahas asing secara intensif ini dimaksudkan agar para santri mampu menelaah buku-buku berbahasa asing dan sebagai pembekalan untuk meneruskan studi di luar negeri.

PENGAJIAN KITAB
Pengajian kutub al-turats (kitab kuning) merupakan pengenalan awal terhadap warisan intelektual klasik yang sangat kaya dan berharga. Kitab-kitab yang dikaji di luar kelas formal dipilih yang membahas akhlak (etika) dan tasawuf, antara lain : Ta'lim al-Muta'alim, Bidayat al-Hidayah, Nashaih, al-ibad, al-hikam, Ihya 'Ulum al-Din, dan sebagainya.

PEMBELAJARAN AL-QUR'AN
Pembelajaran Al-Qur'an wajib diikuti oleh seluruh santri. Program ini meliputi tahsin al-qira'ah dan tahfizh al-Qur'an. Program tahsin al-qira'ah menerapkan Metode Ummi dengan pola kegiatan bimbingan yang terstruktur dan terukur. Sedangkan bagi santri peminat tahfizh al-Qur'an diberikan pendampingan oleh hafizh/hafizhah yang berpengalaman.

Kerjasama Pondok Pesantren
Sistem pendidikan yang ada di Pondok Pesantren AL-MASHDUQIAH bekerja sama atau mengacu pada pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Modern Gontor. 

Jenjang Pendidikan



Semua kegiatan pendidikan dilangsungkan secara TERPADU, di mana pendidikan umum dan agama diberikan secara utuh dan imbang, untuk menghasilkan anak didik yang BERJIWA IMTAQ (Iman dan Taqwa) dan BERWAWASAN IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), melalui berbagai program pendidikan meliputi : keimanan dan ketakwaan, akhlak dan budi pekerti, keilmuan dan kecendikiaan, kemasyarakatan, kepemimpinan dan manajemen, kependidikan dan keguruan, kewirausahaan dan keterampilan, olahraga dan kesehatan, keseniaan dan kebudayaan, yang dilangsungkan dalam suasana kehidupan pesantren yang damai, tapi dinamis dan disiplin.

Pendidikan Formal :

1. SMP PLUS AL-MASHDUQIAH
Terakreditasi A

2. MA PLUS AL-MASHDUQIAH
Terakreditasi A

3.  MU'ALLIMIN AL-MASHDUQIAH
Muadalah

Pendidikan Informal :

1. TPQ UMMI FOUNDATION

Ekstrakurikuler



Ekstrakurikuler :

1. Qira'atul Qur'an (murattal/mujawwad)

2. Latihan Pidato 3 Bahasa

3. Seni Lukis dan Kaligrafi

4. Latihan Pramuka

5. Majalah Dinding

Prestasi :

1. Juara Lomba Drama Bahasa Arab

Fasilitas



1. Masjid
2. Laboratorium Komputer
3. Gedung Kelas




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi