AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Nurul Ulum

Jl. Ciliwung 56, Kel. Bendo, Kec. Kepanjenkidul, 66116, Kota Blitar, Jawa Timur


  
   (0342) 807123, 085649508297
 
  

Profile

Pondok pesantren Nurul Ulum didirikan sejak tahun 1994 dibawah pengelolaan Lembaga Pendidikan Maarif NU Cabang Kota Blitar. Pendirian Pondok Pesantren ini sebagai respon atas tuntutan masyarakat yang menghendaki penyelenggaraan pendidikan yang memadukan pendidikan pesantren dan pendidikan formal tingkat SLTA. Tuntutan masyarakat tersebut didasarkan adanya kekhawatiran sebagian orang tua atas semakin meningkatnya kenakalan remaja akibat pengaruh lingkungan masyarakat yang kurang kondusif. Orang tua berharap, dengan menyekolahkan anak di sekolah yang berada di pondok pesantren akan dapat meminimalisir berbagai kemungkinan dampak negatif lingkungan pergaulan yang kurang kondusif tersebut. Didirikannya pondok pesantren ini juga tidak terlepas dengan keberadaan Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK) NU Blitar yang menurut aturan pada waktu itu mensyaratkan siswa/siswinya tinggal di asrama pondok pesantren. Tujuan diselenggarakan pondok pesantren yang dipadukan dengan pendidikan formal Madrasah Aliyah Keagamaan ini untuk mewujudkan generasi muslim beriman, bertaqwa berpengetahuan luas, memiliki ketrampilan dan mandiri, sehingga siap hidup di era yang sesuai dengan zamannya. Sejak dibuka tahun pelajaran 1993/1994 sampai dengan akhir tahun pelajaran 1995/1996 penyelenggaraan pendidikan MAK NU Blitar dilaksanakan di gedung lama, Jl. Semeru 11 Blitar. Sementara asrama siswa berada di Pondok Pesantren Bustanul Mutaallimin Dawuhan Blitar. Kemudian mulai tahun pelajaran 1996/1997, karena tuntutan perkembangan pondok, maka kegiatan pendidikan Pondok pesantren beserta Madrasahnya diselenggarakan di lokasi gedung baru Jl. Ciliwung 56 Blitar. Pondok Pesantren beserta madrasahnya menempati areal tanah waqaf NU seluas 8084 m2 ini memiliki prasarana gedung sbb :

- 1 ruang pimpinan pesantren/kepala madrasah.
- 1 ruang guru
- 1 ruang TU
- 36 ruang belajar
- 1 ruang perpustakaan
- 1 ruang laboratorium Komputer
- 1 ruang Masjid
- 1 ruang UKS
- Komplek asrama Putra
- Komplek asrama Putri
- 70 WC/Kamar Mandi
- 2 rumah pengasuh

Seiring dengan tuntutan jaman, maka pada tahun 2005 Pondok Pesantren Nurul Ulum Kota Blitar telah membuka satuan pendidikan yang baru yaitu MTs Maarif NU. Sehingga saat ini di pondok pesantren Nurul Ulum kota Blitar ini, terdapat 2 lembaga formal, yaitu Madrasah Aliyah Maarif NU dan Madrasah Tsanawiyah Maarif NU yang jumlah santri keseluruhan + 1300an santri. Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, Pondok Pesantren Nurul Ulum, MA Maarif NU dan MTs Maarif NU Blitar berusaha mengetrapkan secara penuh suatu jenis pendidikan terpadu, yaitu semua siswa tinggal di asrama (boarding schooll system). Dengan sistem asrama ini, siswa mengikuti kegiatan pendidikan dalam tiga alokasi waktu, Intra Pagi, Intra Sore dan Diniyah Malam.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

1. MA Maarif NU Blitar 2. MTs Maarif NU Blitar

Ekstrakurikuler

1. Komputer Design grafis 

2. Marching Band 

3. Karya Ilmiah Remaja 

4. Tata Busana 

5. Tata Boga

6. Bubut Kayu 

7. Kaligrafi 

8. Seni Sholawat :
Gambus Jafin, Banjari, Kontemporer 

9. Beladiri Pagar Nusa 

10. Tahfidzul Qur'an 

11. Seni Baca Qur'an 

12. Otomotif 

13. Sepak Takrow 

14. Sepak Bola 

15. Broadcasting 

16. Bola Volly 

17. Senam Santri 

18. Tenis Meja 

19. Bola Basket

Fasilitas

Luas Area : 8.084 m2

Fasilitas :

1. 1 ruang pimpinan pesantren/kepala madrasah.
2. 1 ruang guru
3. 1 ruang TU
4. 36 ruang belajar
5. 1 ruang perpustakaan
6. 1 ruang laboratorium Komputer
7. 1 ruang Masjid
8. 1 ruang UKS
9. Komplek asrama Putra
10. Komplek asrama Putri
11. 70 WC/Kamar Mandi
12. 2 rumah pengasuh




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi