AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Mambaul Ulum Bata-Bata

Panaan, Palengaan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia, Kab. Pamekasan, Jawa Timur


  
   +62 324 331253
 
   www.bata-bata.net

Profile

Pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata didirikan oleh RKH .Abd Majid yang tak lain merupakan putra RKH. Abd Hamid bin RKH Itsbat, Banyuanyar pada tahun 1943 M / 1363 H, Kepemimpinan RKH Abd Majid berlangsung selama 14 tahun terhitung mulai tahun 1943 M sampai dengan 1957 M. Pada masa kepemimpinan beliau pembelajaran di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata bersifat Pengajian kitab dengan sistem sorogan, pada saat itu belum berdiri pendidikan formal, dalam hal jumlah santri sampai mencapai 700 santri, Beliau Wafat pada tanggal 6 Syawal 1364 H/ 1957 M.

Sejalan dengan perkembangan zaman yang pada awalnya MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata hanya menyelenggrakan pendidikan diniyah saja, namun pada akhirnya MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata secara Resmi terdafatar sebagai Madrasah yang berhak menurut hukum untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran pada tanggal 15 Pebruari 1985 dengan nomor SK. L.m./3/892/B/1985, hal tersebut dibuktikan dengan keluarnya Piagam Madrasah yang di keluarkan oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Timur. Lambat laun, perkembangan yang berarti mulai tampak setelah berdirinya MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata yang secara hukum telah menjadi lembaga Formal, hal tersebut semakin tampak ketika MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata mengikuti program jenjang akreditasi dengan mendapatkan status diakui pada tanggal 25 Januari 1995 dengan SK. Nomor : Wm.06.03/PP.03.2/000263/SKP/1995 dan Nomor Statistik Madrasah (NSM) 21.2.35.28.07.034, Sebagaimana aturan baku dalam penyelenggraaan pedidikan formal, Jenjang Akreditasi harus senantiasa di perbaharui setiap Lima Tahun sekali, sehingga pada tanggal 14 Januari 1999 MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata kembali meperoleh Piagam Akreditasi dengan capaian status yang sama yaitu berstatus Diakui dengan SK. Nomor : Wm.06.03.2/115/SKP/1999. Dan pada tahun 2008 MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata Panaan Palengaan Pamekasan mengikuti Akreditasi Madrasah dan berhasil Mendapatkan nilai Akreditasi A dari BAN (Badan Akreditasi Nasional) dengan SK. Nomor Dp. 008352, capaian Akreditasi dengan peringkat A kembali diraih MTs. Mambaul Ulum Bata-Bata pada tahun 2013 dengan nilai 89.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Mambaul Ulum Bata-bata, yaitu perpaduan antara kurikulum pemerintah dan kurikulum pesantren, pada jurusan IPS selain para siswa dibekali dengan ilmu pngetahuan penunjang jurusan, juga terdapat mata pelajaran agama khas pesantren dengan kitab kuning sebagai sumber belajar, begitu juga pada jurusan IPA, dan program kelas Billingual, namun bedanya pada program kelas Billingual pengantar pembelajarannya menggunakan bahasa inggris dan Bahasa Arab, sedangkan MA sebagai program keagamaan lebih menekankan pada pendalaman kitab kuning, sebagai jenjang lanjutan dari MI B dan MTs B.

Pendidikan Al-Qur’an di asrama santri dilaksanakan pada jam 17.45 – 18.15 WIB. Program ini dilaksanakan setelah kegiatan shalat berjamaah di musholla. Kegiatan ini dikelola oleh pimpinan asrama setempat dengan menggunakan tenaga pengajar yang sudah memiliki kapabilitas dalam bidang Al-Qur’an. ini ditujukan bagi santri pemula dan santri yang masih belum mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Pada umumnya, anak didik dari program ini merupakan santri yang masih duduk di jenjang pendidikan MI, MTs, SMK dan MA. Mambaul Ulum Bata-Bata.

Program ini dilaksanakan di tiap-tiap asrama secara berjenjang atau klasikal dengan penekanan materi yang sifatnya berbeda-beda. Jenjang atau marhalah tersebut adalah, selain itu pada setiap hari aktif selain dari hari selasa dan jum’at terdapat dua hari dimana pada dua hari tersebut diselenggarakan kegiatan Halaqoh Tadarus Al-Qur’an (HTQ) pada jam 05.00-05.45 WIB, kegiatan praktek baca Al-Qur’an dengan system tutor sebaya, artinya satu sama antar peserta HTQ saling memperhatikan dan menegur bacaan temannya yang dianggap salah.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa Asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji.

Fasilitas

Asrama santri yang dilengkapi dengan auditorium, gedung madrasah, wc umum, dan beberapa bangunan dalam tahap penyelesaian; gedung JPKS (Jaminan pelayanan kesehatan santri) asrama yatama (anak yatim), kamar mandi santri, dan kantor pondok pesantren yang sekaligus digandeng dengan gedung ma’had tahfidzulqur’an dan empat asrama santri. Sedangkan dibagian putri juga banyak bangunan yang telah berhasil didirikan diantaranya asrama santri yang digandeng dengan auditorium serta pembangunan gedung sekolah untuk madrasah Aliyah dan madrasah Tsanawiyah.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi