AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Al-Anwar

Jl. K.H. Hasyim Asy'ari No. 41 Kelurahan Ploso, Pacitan 63515, Jawa Timur, Kab. Pacitan, Jawa Timur


  
   0357881563
 
   www.ponpesalanwar.org

Profile

Madrasah Diniyah Al Anwar berdiri di bawah naungan Yayasan Al-Anwar Ploso Pacitan merupakan unit pendidikan agama yang ta’amuq tafaquh fiddin yang bertujuan mencetak generasi muslim yang militan terhadap ilmu agama.Hal ini seiring dengan progam pemerintah daerah, Departemen Agama Kabupaten Pacitan melalui Kasi Kopontren, dengan Misi, Visi, dan Setrateginya telah mencanangkan untuk menjadikan Pacitan sebagai kota santri yang bernuangsa religius, kompetitif, berwawasan global, pemerataan pendidikan non formal. Visi dan Misi tersebut dapat terealisasikan dengan mengupayakan pola pengembangan pendidikan yang berbasis masyarakat dengan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan non formal.

Dalam rangka membantu program pemerintah yang berupa perwujudan Iman dan Taqwa, Masyarakat Religius, maka Yayasan Al-Anwar Ploso Pacitan berkeinginan turut serta membantu program pemerintah pada umumnya dengan mendirikan Madrasah Diniyah Al-Anwar yang merupakan pendidikan non formal yang bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas sejak dini dengan membentuk kepribadian generasi muda yang beriman dan bertaqwa serta mandiri sehingga dapat berguna bagi nusa, bangsa dan agama di masa yang akan datang nanti.

Di samping itu, pendidikan non formal merupakan kebutuhan setiap insan sepanjang hayat (Life Long Education), sebagaimana sabda Rasulullah:

? ???? ?????? ?? ??????? ? ?? ? ??????

Artinya: “carilah ilmu dari buaian sampai ling lahat”. Berangkat dari niat yang tulus, ingin menjadikan mutakhorijin (alumni) mengerti tentang ilmu agama sekaligus mempunyai ilmu yang mumpuni. Selanjutnya pada tanggal 04 Januari 2006 M, dengan pertimbangan yang masak berdasarkan hasil musyawarah jajaran pimpinan Yayasan Al-Anwar Ploso Pacitan dan merujuk atas pengarahan Pengasuh Pondok Pesantren Modern Al Anwar Mendirikan MADRASAH DINIYAH AL-ANWAR PLOSO PACITAN dengan Nomor Statistik Madrasah Diniyah (NSMD) 311235010008.

Madrasah Diniyah Al-Anwar yang berlokasi di Jln. K.H. Hasyim Asy’ari Ploso Pacitan ini diselenggarakan bersifat umum dan mengacu kepada kurikulum diniyah yang ditetapkan oleh Departemen Agama Islam Kasi Kopontren dengan mengutamakan program pengajaran:

Keagamaan ( Islam )
Pembinaan Disiplin
Pembentukan Jiwa/Moral yang berlandaskan Qur’an dan Hadits
Kemampuan wawasan keilmuan

engan harapan agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat secara umum bahwa di Pondok Pesantren Modern Al Anwar telah ada lembaga pendidikan yang menangani dan mempelajari khusus pelajaran agama dengan tujuan agar para santri nanti menjadi Tafaqquh Fiddin.


Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

“Penerapan Model Pembelajaran Induktif Pada Mata Pelajaran Nahwu Kelas II MTs Pondok Pesantren Al-Anwar Pacitan Tahun Ajaran 2011/2012 (Pembelajaran Kitab Al-Nahwu al-Wa>d}ih)” . Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan model pembelajaran induktif pada mata pelajaran nahwu bagi siswa kelas II MTs pondok pesantren Al-Anwar Pacitan tahun ajaran 2011/2012 yang mencakup dari perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan, serta evaluasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan kitab Al- Nahwu al-Wa>d}ih bagi siswa kelas II mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran nahwu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung proses pembelajaran. Wawancara kepada guru dan siswa terkait dengan pembelajaran nahwu dan penggunaan kitab Al-Nahwu al- Wa>d}ih sebagai referensi. Dokumentasi untuk menghimpun data terkait dengan gambaran umum tempat penelitian. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif sehingga analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk menguraikan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran induktif pada pelajaran nahwu bagi siswa kelas II di MTs pondok pesantren Al- Anwar Pacitan tahun ajaran 2011/2012 cukup bagus. Meskipun perencanaan pembelajaran tidak ditulis, namun dalam pengorganisasian dan pelaksanaan pembelajaran berjalan cukup lancar dan efektif dan mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran ditandai dengan adanya diskusi antar siswa. Evaluasi yang dilaksanakan yakni berupa tes maupun penugasan juga telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yakni menghendaki kemampuan siswa untuk mengaplikasikan materi nahwu yang telah diperoleh dalam bacaan dan tulisan. Selain itu dari hasil wawancara kepada guru dan siswa diketahui bahwa penggunaan kitab Al-Nahwu al-Wa>d}ih sebagai referensi juga telah sesuai bagi pembelajar pemula dalam pelajaran bahasa Arab, khususnya materi nahwu sebagaimana yang terjadi di MTs pondok pesantren Al-Anwar ini.

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler yang diberikan di Pondok Pesantren Modern Al-Anwar Ploso Pacitan adalah :

1.   Komputerisasi ( IT )

2.   Pramuka / PMR / Paskibra

3.   Organisasi Santri OPPM

4.   Muhadlarah ( latihan pidato ) tiga bahasa : Arab, Inggris, dan Indonesia.

5.   Bela diri Pencak Silat

6.   Kursus Electro

7.   Kursus Kesenian :

a. Keyboard,

b. Nasyid,

c. Marawis

d. Vokal

e. Paduan Suara

f. Kaligrafi

g. Seni baca Al-Qur’an

8.   Kursus Olahraga :

a. Sepak bola

b. Basket

c. Bulu tangkis

d. Volly

e. Tenis meja

9.   Keputrian :

a. Tata boga

b. Tata busana

c. Menjahit

d. Bordir / sulam

10. Kursus kepemimpinan

11. Kemasyarakatan

12. Pertanian

13. Peternakan


Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi