AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes PPSM Banin-Banat Al-Mubtadien

Jl. Pangeran Demang No. 160 Badal Ngadiluwih, 64171, Kab. Kediri,Jawa Timur


  KH. M Asrori Alfa,MA
  (0354) 475617/0816561026
  lachaesha@yahoo.co.id
   www.ppsmbaninbana

Profil



Awal tahun 1993 ada 6 santri putri datang ke rumah Mohammad Asrori Alfa minta belajar agama dalam kitab kuning. Pada saat itu sang Ustadz baru tamat dari pondok pesantren Lirboyo Kediri yang diasuh Romo K.H. Ahmad Idris Marzuki. Berselang dua tahun kemudian, tahun 1995 jumlah santri meningkat 3 kali. Akhirnya sang Ustadz dibantu teman karibnya Ustadz M. Fathoni yang juga alumni Lirboyo.

Pada tahun yang sama berdirilah FKPS (Forum Komunikasi Para Santri) yang nama lengkapnya (FKPS Banin-Banat Al-Mubtadi-ien). Pendirian ini bermaksud untuk membuahkan ikatan emosional diantara sesama santri, dan memperkokoh idealisme perjuangan mereka dalam mengangkat masyarakat banyak pemuda pengangguran, a-moral, bahkan tidak sedikit yang terpengaruh minuman keras, dan narkoba atau pemuda yang drop out.

Selanjutnya tahun 1996 sudah mampu mengadakan haflah local secara mandiri, jumlah santrinya mencapai 76. Bersamaan bergulirnya waktu tersebut ada ustadz yang membantu lagi yaitu ustadz M. Rifa’i Abbas alumni Lirboyo dan ustadz Kholil alumni pesantren Tegal Rejo Jawa Tengah.

Ikatan santri dan para asatidz terjadi kerja sama yang kokoh, kebersamaan, keterbukaan, kesetiakawanan, demokrasi dan juga besar dukungan masyarakat sekitarnya, maka santripun bertambah pesat mencapai 100 orang. Begitu pula jumlah ustadz dan ustadzahnya. Kemudian juga pernah ada kunjungan 3 hari dari PMII Komisariat STAIN Malang, UNIGA Malang, dan STAIN Kediri.

Akhirnya, bertepatan tahun 1998 M, nama FKPS Banin-Banat Al-Mubtadi-ien diubah dengan sebutan nama sebuah pesantren yakni : “PONDOK PESANTREN SALAF MODERN (PPSM) BANIN-BANAT AL-MUBTADI-IEN” Badal Ngadiluwih Kediri Jawa Timur. Bersama bergulirnya pertumbuhan santri PPSM Banin-Banat Al-Mubtadi-ien Badal Ngadiluwih Kediri, maka pada tahun 2008 telah memiliki tingkatan-tingkatan pendidikan formal : PAUD PERMATA HATI MARWIYYA (3 tahun), Madrasah Tsanawiyah MTs. PLUS (3 Tahun), maupun Non Formal, sebagaimana: Madrasatul Qur’an (3 tahun)), Madrasah Sifriyah (2 tahun), Madrasah Ula (6 tahun), Madrasah Wustha (3 tahun), Madrasah Ulya (3 tahun), Ma’had Al-Fattah Al-Aly (rencana) dengan jumlah semua santri ± 401 putra/putri. Sedangkan kegiatan yang lain juga diprioritaskan di pesantren ini sebagaimana: seminar, pelatihan keagamaan, keorganisasian, kemasyarakatan, budaya dan seni Islami (Javin Arabic), yang terorganisir dalam wadah bernama Rebana Islami “Jaziratul Fata” yang didirikan pada tanggal 17 Maret 2003). Disamping itu, PPSM Banin-Banat Al-Mubtadi-ien Badal Ngadiluwih Kediri juga sering dipakai pelatihan-pelatihan oleh sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Kediri, seperti : STAIN, UNISKA, IKIP PGRI, STAI Tribakti, maupun luar daerah Tulungagung maupun Malang sebagaimana halnya UM, UNISMA, UNIGA, widiya Gama maupun UIN, dan STAIN. Meskipun demikian, banyak acara dan agenda yang direalisasikan di pesantren tersebut, PPSM Banin-Banat Al-Mubtadi-ien belum memiliki gedung aula permanen yang dapat membanggakan terhadap masyarakat sekitar. Pada saat kondisi riil Pondok Pesantren seperti inilah, maka yang sangat dibutuhkan sekarang secara mendesak dan suatu keharusan adalah kelas-kelas, asrama, perpustakaan, Laboratorium bahasa, dan perkantoran yang permanen dan representatif.

Program Unggulan :

Sejalan dengan perkembangan arus globalisasi dan informasi yang tidak mengenal sekat-sekat pembatas yang melingkupinya, dan perlu adanya integralitas antara agama dan sains (imatq dan iptek). Maka perlu diupayakan modernisasi pendidikan pesantren sedemikian rupa, sehingga Yayasan Pesantren Terpadu (YPT) Al-Mubtadi-ien perlu membuka pendidikan yang memihak umat dari salah satu unit yaitu: MTs. Plus Madinatul Mubtadi-ien yang memiliki Excellent Program (program-program unggulan) sbb:

1. Berorentasi menuju Bilingual Arabic & English,
2. Kewirausahaan berbasis Agribisnis dan Agrobisnis serta pembekalan wirausaha yang sesuai denga potensi lingkungan pasar,
3. Bebas uang gedung,
4. Bebas SPP,
5. Komputer dan Teknologi (IT),
6. Penguasaan kitab kuning,
7. Lokasi ditengah lingkungan Pondok Pesantren Salaf Modern

Pengasuh : KH. M Asrori Alfa, MA
Pendiri : KH. M Asrori Alfa, MA

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Jumlah Santri : 37

Pendidikan Formal :

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) “PERMATA HATI MARWIYYA”
Visi : Mengangkat Mutu Kehidupan Manusia Prototype Qur’ani Melalui Pendidikan Yang Memihak Umat
Misi : Memiliki Panca Kompetensi: 1. Kekokohan spiritual,2. Kemantapan ilmu dan amal, 3. Keluhuran akhlak mulia, 4. Kemandirian, dan 5. Keseimbangan.
Tujuan Umum : Kegiatan pendidikan bertujuan mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya
Tujuan Khusus : Kegiatan pendidikan anak usia dini secara khusus bertujuan agar :1. Anak mampu melakukan ibadah, mengenal dan percaya akan ciptaan Allah swt dan mencintai sesama, 2. Anak mampu mengelola ketrampilan tubuh termasuk gerakan-gerakan yang mengontrol gerakan tubuh, gerakan halus, dan gerakan kasar, serta menerima rangsangan sensorik (pancaindra), 3. Anak mampu menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa pasif dan dapat berkomunikasi secara efektif yang bermanfaat untuk berfikir dan belajar, 4. Anak mampu berfikir logis, kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat, 5. Anak mampu mengenal lingkungan alam, lingkungan sosial, peranan masyarakat, dan menghargai keragaman sosial dan budaya. Serta mampu mengembangkan konsep diri, sikap positif terhadap belajar, kontrol diri, dan rasa memiliki, 6. Anak memiliki kepekaan terhadap irama, nada, birama, berbagai bunyi, bertepuk tangan, serta menghargai hasil karya yang kreatif.

2. MTs. Plus Madinatul Mubtadi-Ien
Visi : 1. Membentuk peserta didik yang cerdas, sehat, dan berkualitas yang berbekal imtaq dan iptek yang kuat, 2. Mencetak mutu kehidupan manusia prototype qur’ani melalui pendidikan yang memihak umat.
Misi : 1. Mengembangkan lembaga yang mendidik generasi penerus yang beriman, bertaqwa, serta berakhlaqul karimah, 2. Mengembangkan potensi manusia yang berwawasan ilmu pengetahuan (sains), teknologi dan keagamaan secara terpadu (integratif), untuk meningkatkan daya berfikir kritis, kreatif, inovatif dan prospektif terhadap perkembangan zaman, 3. Mengembangkan dan membangun potensi skill umat melalui kewirausahaan yang berwawasan ekonomi kerakyatan.
Tujuan : 1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan ilmu pengetahuan, agama, keterampilan (skill), dan kemandirian serta memiliki nilai-nilai seni dan budaya yang bernafaskan islam, 2. Mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan, agama, teknologi, serta seni dan budaya yang bernafaskan islam dan mengupayakan penggunaannya untuk menciptakan kesejateraan masyarakat dalam bingkai nilai-nilai islam.
Tradisi : Melestarikan Tradisi Relegiuitas Ilmiah Peserta Didik di Tengah Masyarakat.

Ekstrakurikuler

1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf);

2. Pembinaan Tilawatil Qur’an;

3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab);

4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari;

5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah,

6. Kepramukaan

7. Pengembangan Olahraga

8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis,

9. Pengembangan Seni Beladiri (Tapaksuci);

10. Tahfidhul Qur’an;

11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik,

12. Pengembangan Exacta (Lab Skill)

Fasilitas

Fasilitas :

1. Ruang Kelas

2. Ruang KS

3. Ruang guru

4. Ruang TU

5. Ruang Perpustakaan

6. Laboratorium Komputer

7. Musholah

8. Kantin/Koperasi

9. KM/WC Siswa

10. KM/WC Guru

11. Tempat Sepeda/ Parkir




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi