AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Darul Ulum

Desa Rejoso, Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur, Kab. Jombang, Jawa Timur


  
  (0321)866686
  sekretariat.du@gmail.com
   www.ponpesdarululum.id

Profil



Periode Klasik (antara tahun 1885 - 1937 M) Periode ini merupakan masa - masa pembibitan dan penanaman dasar-dasar berdirinya pondok pesantren. Pemimpin pertama yang mendirikan pendidikan ini, yaitu KH. Tamim Irsyad dibantu KH. Cholil sebagai mitra kerja dan sekaligus menjadi menantunya. Periode pertengahan (antara tahun 1937 - 1958 M) Tahun 1937, Kyai Cholil wafat. Dia digantikan anaknya, KH. Dahlan Cholil yang sempat mengenyam pendidikan agama di Makkah seusai nyantri di Tebuireng. “Kyai Romly dan Kyai Dahlan lah yang kemudian memimpin perkembangan pondok pesantren pada periode pertengahan (1937-1958),” jelas perempuan kelahiran Jombang, 26 Februari 1969 itu. Di tangan kedua tokoh muda inilah, lembaga pendidikan dakwah islamiyah ini mulai menunjukkan identitasnya. “Mereka memberikan nama untuk pesantren ini dengan sebutan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum yang berarti rumah ilmu,” papar alumnus S1 Jurusan PAI Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta ini. Pengkajian ilmu pengetahuan pada periode ini semakin pesat dan tidak hanya berkutat pada ilmu agama saja. “Wawasan keilmuan yang bersifat umum mulai diberikan,” tukas suami H. Ali Muhsin, M.Pd.I atau yang biasa dipanggil Gus Ali ini. Pembagian tugas antara tokoh-tokoh yang ada pun semakin jelas dengan dibentuknya struktur organisasi pondok. Kyai Romli Tamim, urai ibu tiga anak ini, memegang kebijakan umum Pondok Pesantren serta ilmu thasawuf danthareqat Qodiriyah Wannaqsyabandiyah. Sementara KH. Dahlan Cholil memangku kebijakan khusus siasah(manajemen) dan pengajian syariat plus al-Qur’an. Kyai Ma’soem Cholil – adik Kyai Cholil Dahlan – mengemban organisasi sekolah dan manajemennya. Sementara Kyai Umar Tamim – adik Kyai Romli Tamim – sebagai pembantu aktif di bidang kethareqatan. “Semua tugas tersebut masing-masing dibantu oleh santri-santri senior, seperti KH. Ustman Al Isyaqi yang berasal dari Surabaya dalam praktikum thareqat Qodiriyah Wannaqsyabandiyah,” jelas Dosen PAI Fak. Tarbiyah UNIPDU itu.

Info Unggulan

Penandatanganan kerja sama dalam bentuk Nota Kesepahaman Pembentukan Pusat Studi ASEAN dan peresmian Kantor Pusat Studi ASEAN (PSA-UNIPDU) di Ruang Gelora Gedung Rektorat UNIPDU pada tanggal 2 November 2015 lalu.

Ditjen Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri kini telah resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU), Jombang, Jawa Timur. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama dalam bentuk Nota Kesepahaman Pembentukan Pusat Studi ASEAN dan peresmian Kantor Pusat Studi ASEAN (PSA-UNIPDU) di Ruang Gelora Gedung Rektorat UNIPDU pada tanggal 2 November 2015 lalu.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Pembentukan Pusat Studi ASEAN dilakukan oleh Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN (KSA), I Gusti Agung Wesaka Puja dan Rektor UNIPDU, Prof. Dr. H. Ahmad Zahro, MA, disaksikan oleh Ketua Yayasan Pesantren Tinggi Darul Ulum, Drs. H. M. Zaimuddin Wijaya As’ad, MS, Pemda Kabupaten Jombang, dan Pengurus Pondok Pesantren Darul Ulum. PSA UNIPDU merupakan Pusat Studi ASEAN ke-18 di seluruh Indonesia dan yang keempat di Propinsi Jawa Timur, setelah Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya dan Universitas Wirajaya Sumenep.

Menyadari semakin banyaknya alumni Universitas Darul ‘Ulum dan perannya di berbagai Bidang di Masyarakat apalagi menjelang 50 tahun perjalanan Universitas Darul ‘Ulum yang jatuh pada Tahun 2015 sekaligus menyongsong hadirnya MEA, perlu dirintis kembali usaha menyegarkan suatu wadah yang dapat mempersatukan alumni Universitas Darul ‘Ulum yang sudah tersebar di segenap penjuru tanah air.

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Darul ‘Ulum (IKA Undar) perlu disegarkan kembali, karena organisasi ini merupakan wadah dan bentuk kerjasama alumni Universitas Darul ‘Ulum yang bertujuan disamping bersilaturrahmi juga untuk mengembangkan ilmunya dalam menghayati kembali nilai-nilai trisula yg pernah ditempa di Undar.

Gagasan untuk menyegarkan kembali IKA Undar diawali dengan berkumpulnya alumni Undar dalam kegiatan Alumni Undar berselawat

Ribuan orang sebagian besar merupakan civitas akademika Universitas Darul ‘Ulum (Undar) Jombang malam harinya setelah sehari penuh melaksanakan Seminar Nasional dan Lokakarya tumplek blek di Halam Gedung Utama Undar, Jumat (13/6) malam.

Mengenakan baju serba putih dengan semangat mereka mengikuti acara Alumni Undar Bersholawat yang digelar oleh para Alumni, Alhamdulillah tidak sedikit Alumni Undar yang hadir dari berbagai angkatan, terlihat juga hadir Bapak H. Munif Husnan (Mantan Sekab Jombang) beliau Alumni Fakultas Hukum angkatan masuk 1974, dan kegiatan ini menjadi lebih spesial hadir juga Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Dr.Ir.H.A, Helmy Faishal Zaini didampingi Rektor Undar H.M. Mujib Mustain, SH, M.Si dan Wakil Rektor III Dr.Ir.H. Cholil Hasyim, Menteri yang dulunya kuliah di Fakultas Teknik Jurusan Sipil mengikuti Alumni Undar Bersholawat bersama Habib Syeh Anis Shihab.

Sementara itu dalam sambutannya Menteri PDT DR.Ir.H.A. Helmy Faishal Zaini, menyampaikan rasa rindunya terhadap kejayaan Undar, saya sangat rindu dengan kebangkitan kampus ini banyak kenangan yang tidak bisa saya lupakan selama menempuh kuliah di Fakultas Teknik Sipil katanya,

Helmy bahkan mengaku terus memperkenalkan kampus Undar ke Masyarakat luas, melalui program program di kementerian PDT saya memperkenalkan ini agar Masyarakat mengenai kejayaan Undar kedepan, Undar ini akan kembali menjadi kampus unggulan

Jenjang Pendidikan

Pondok pesantren Darul Ulum (PPDU) adalah sekolah yang memiliki unit pendidikan terlengkap di Indonesia. Dari Jenjang Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Berikut daftar unit pendidikan yang ada di PPDU:
Pondok pesantren Darul Ulum memiliki sekolah formal dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK, hingga perguruan tinggi. Sekolah Formal Terdiri dari :
1. MIN Darul Ulum
2. MTs N Darul Ulum
3. Mts PK Darul Ulum
4. SLTP 1 Darul Ulum
5. SLTP N 3 Darul Ulum
6. MAN Darul Ulum
7. MAK Darul Ulum
8. SMA 1 Darul Ulum
9. SMA 2 Darul Ulum unggulan BPPT
10. SMA 3 Darul Ulum
11. SMK 1 Darul Ulum
12. SMK 2 Darul Ulum
13. SMK Telkom Darul Ulum
14. UNIPPDU (Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum)
15. UNDAR (Universitas Darul Ulum)

Ekstrakurikuler

Pendidikan Pesantren Non Formal Pengajian Kitab - kitab mliputi : Tafsir Tafsir Jalalain, Ibnu Katsir, Qurtubi dan Tafsir Khamami Hadits Buchori Muslim, Tajridusshoreh, Bulugul Maram, Riyadus Sholihin, Jawahirul Buchori, Arbain Nawawi Alat Jurumiyah, Imriti, Alfiah Ibnu Malik, Milhatul I'rob dan Qowaidul Lughoh Fiqih Mabadi' Fiqiyyah, Safinatun Najah, Sulam Taufiq, Fathul Qorib, Fathul Mu'in, Kifayatul Akhyar Ahlaq Akhlaqul Banat, Akhlaqul banin, Uqudul Jain, Ta'lim Muta'lim, Durotunnasihin, Bidayatul Hidayah, Nashoihul Ibad,Khikam, dan Ihya Ulumuddin Lain - Lain Kitab - kitab yang dikaji khusus oleh Kyai dan santri senior. Pengajian Al Qur'an meliputi : Dengan hafalan : Dikaji dan diselenggarakan khusus oleh Madrasah Tahasus Al Qur'an Dengan Melihat : Diselenggarakan informal di Masjid dan MUshola setiap Ba'da Subuh, ba'da Ashar dan ba'da Maghrib. Diselenggarakan formal di kelas masing - masing unit pendidikan setiap jam ke I dan II dalam satu minggu tiga kali pertemuan Latihan Muhadhoroh (Penampilan Taqwa) Meliputi : - Leadership : Setiap Kamis malam dan Jum'at siang - Dibaiyyah : Setiap Kamis malam dua kali satu bulan - Tahlil : Setiap Senin malam dua kali dalam satu bulan - Organisasi : Setiap Jumat siang - Olahraga : Setiap Jum'at pagi dan setiap sore ba'da Ashar Latihan Keterampilan meliputi : - Penjahitan : Setiap Jum'at sore dan pagi - Keputrian : Setiap selasa dan jum'at - Drum Band : Setiap Jum'at dan selasa sore - Qiroatil Qur'an : Setiap Kamis dan Jum'at - Kepramukaan : Setiap Jum'at pagi - Komputer : Setiap hari diluar KBM - Manajemen : Setiap Jum'at siang

Fasilitas

Darul ‘Ulum memiliki 14 gedung sekolah formal dengan 108 lokal, dua gedung keterampilan, sembilan aula pertemuan, satu masjid dan sebelas mushala, serta dua kantor pusat dan tiga belas kantor unit. Pesantren ini juga dilengkapi 4 kantin makan, 6 sarana wartel, 1 pusat koperasi, 1 unit kantor Bank, 1 unit Usaha Kesehatan Pondok (UKP), 5 Lab. IPA, 8 Lab. Bahasa dan 1 Lab. Komputer. Untuk menampung sedikitnya 7.000 santri, telah disediakan 34 gedung asrama dengan total 234 kamar. Bagi mereka yang gemar berolah raga, pesantren telah menyediakan 2 lapangan sepakbola, 8 lapangan bulu tangkis dan 8 lapangan basket, serta 13 lapangan tenis meja. Semua sarana itu semakin lengkap dengan hadirnya gedung Islamic Center dan Rumah Sakit UNIPDU. “Mudah-mudahan kami dapat segera merealisasikan pembangunan yang lebih berkualitas. Sebab, apa yang kami miliki ini masih dibangun di atas tanah seluas 6 Ha dari 40 Ha yang kami miliki,” ucapnya berharap. Semua siswa yang bersekolah di Darul ‘Ulum wajib tinggal dan mengikuti pelajaran di asrama. Sama seperti pondok beraliran salaf lainnya, selain mengkaji kitab kuning, banyak aturan ketat yang harus dipatuhi para santri. Diantaranya, santri tidak boleh membawa HP dan dilarang merokok. Bagi santri yang berniat membawa Laptop pun harus dititipkan. “Setiap penggunaan fasilitas komputer dan internet, pasti ada yang pengawasnya. Kami telah menyediakan area khusus untuk semua itu,” ujarnya. Dengan semua fasilitas tersebut, lulusan pesantren Darul ‘Ulum diharapkan tidak hanya fasih dalam ilmu agama, tapi juga menguasai IPTEK dan memiliki mental spiritualitas yang mumpuni. “Sekolah untuk kuasai IPTEK, Asrama guna mendalami ilmu agama, serta pengamalan thareqat Qadiriyah Wannaqsabandiyah buat membentengi dan menyucikan hati,” tandasnya.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi