AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Maqna'ul Ulum

Desa Sukorejo Kec. Sukowono, Kab. Jember 68194, Jawa Timur


  
  (0331) 7777 986
  maqnaululum@yahoo.com
   www.maqnaululum.sch.id

Profil



Keberadaan Pondok Pesantren sebagai sistem lembaga pendidikan Islam, dakwah Islam, pusat pengembangan Islam, dan sebagai sistem dan lembaga pengembangan masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa telah diakui oleh masyarakat. Keberhasilan Pondok Pesantren dalam melahirkan tokoh-tokoh agama, pejuang bangsa, serta tokoh masyarakat baik di masa perjuangan kemerdekaan, setelah kemerdekaan maupun era sekarang ini, merupakan bukti bahwa Pondok pesantren telah berperan dalam mempertahankan dan menyebarluaskan agama Islam sekaligus ikut serta secara aktif membangun bangsa Indonesia. Pondok Pesantren Maqna’ul Ulum Sukorejo Sukowono Jember yang didirikan pada tanggal tahun 1956 oleh KH. Ahmad Nahchrowie adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang ada di Kota Jember dengan tujuan mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan, meningkatkan akhlak mulia, dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar 1945.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pendidikan ma’hadiyah (non-klasikal) adalah pendidikan yang proses belajar dan mengajarnya di luar kelas dengan menggunakan sistem Sorogan,Wetonan dengan mata pelajarannya adalah kitab-kitab klasik.

2. Pendidikan madrasiyah (klasikal) di Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum secara umum dibagi menjadi 2 bagian, yaitu madrasah diniyah dan madrasah formal (umum)

1) Pendidikan Madrasah Diniyah non formal Pendidikan madrasah diniyah Pondok Pesantren Maqna'ul Ulum menggunakan kurikulum pendidikan diniayah yang disusun secara khusus menitik beratkan pada penguasaan materi ilmu-ilmu agama Islam (diniyah) dan ditambah dengan ilmu-ilmu keguruan nama madrasah tersebut adalah Madrasah Mu’allimin wal Mu’allimat al Islamiyah (M M I)

2) Pendidikan Madrasiyah Formal Sedangkan pendidikan formal/umum adalah suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk menyiapkan kader muslim yang luas wawasan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dengan dilandasi nilai-nilai ajaran Islam yang kuat dan mampu menerapkan dalam kehidupan masyarakat. Kurikulum pendidikan ini mengacu dan menggunakan kurikulum yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) pusat dengan 2 jenjang yaitu :

a. SMP Maqna’ul Ulum

b. SMK Maqna’ul Ulum (Multimedia)

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi