AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Darullughah Wadda'wah

Raci - Bangil - Pasuruan, Kab. Pasuruan, Jawa Timur


  Habib Zain Hasan
  (0343) 741715 – 745316
  administrasi@pp-dalwa.org
   www.pp-dalwa.org

Profil



Pesantren Darullugah Wadda'wah Bangil - Sebelumnya karuhun sempat menuliskan salah satu pesanten moderen dari Jawa Barat, yaitu Pesantren Modern Ummul Quro Bogor. Kali ini pun pembahasannya masih tentang pesantren yang berasal dari Bangil Pasuruan.

Berawal dari keyakinan kuat sang pendiri, Abuya Habib Hasan Baharun kepada bahasa Arab sebagai ibu bahasa Islam dan Dakwah sebagai nadi yang menghidupkan syi'ar Islam, Pondok pesantren Darulughah Wadda'wah lahir sebagai jawaban kebutuhan masyarakat akan pesantren ideal. Dengan usia tak lebih dari 35 tahun, pesantren ini telah menjelma menjadi lebaga pendidikan dengan kemajuan pesat dalam segala lini pendidikan dari awal berdiri pada tahun 1981 baik dalam segi kurikulum, metode pengajaran, jumlah santri maupun kondisi saran serta infrastruktur pendidikan.Pernah menjabat ketua Pandu Fatah Al Islam di Sumenep. Beliau aktif pula di partai politik yaitu Partai NU (Nahdlatul Ulama) dan menjadi juru kampanye yang dikenal berani dan tegas menyampaikan kebenaran. Dan di Pasuruan menjabat sebagai Ketua Majlis Ulama Indonesia (MUI) sampai akhir hayat beliau.

Pada tahun 1966 beliau merantau ke Pontianak, Kalimantan Barat. Satu hal unik yang beliau lakukan semasa berdakwah di Pontianak adalah, beliau senantiasa membawa seperangkat peralatan pengeras suara. Beliau juga membawa satir/tabir sebagai kain pemisah untuk mendhindari terjadinya "ikhtilat" (percampuran) antara laki-laki dan perempuan. Beliau berkeyakinan, jika di tempat tersebut terjadi perbuatan maksiat atau dosa, sudah tentu beliau turut berdosa, sudah tentu beliau turut berdosa. Alasan lainnya adalah hal tersebut akan menghalangi masuknya hidayah Allah Subhanahu wa ta'ala, sedangkan pahala dakwah itu sendiri belum tentu diterima Allah.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Sedangkan pelajaran yang diberikan kepada santri yaitu materi yang terdapat dalam kitab-kitab kuning salaf yang telah diakui keshahihannya oleh pondok-pondok salaf Indonesia. Dan alokasi waktu yang diberikan untuk materi/pelajaran diniyyah (pondok) mulai dari jam 07.30 s/d 12.00 WIB. ?

Diniyah / Pondok

-         I’dadiyah (Persiapan)

-         Madrasah Ibtidaiyah (ula)

-         Madrasah Stanawiyah (wustho)

-         Madrasah Aliyah (ulya)

-         Program Takhassus

-         Kursus-kursus

Kurikulum Depag / Diknas

-         MI. Dalwa (Terakreditasi  A)

-         MTs. Dalwa (Terakreditasi B)

-         MA. Dalwa (BHS dan IPS) (Terakreditasi A)

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi