AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Mambaus Sholihin 2 Blitar

Jl. P. Dipenogoro 151, Tamanan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, 66217, Jawa Timur


  Moh. Zainul Fajri, M.Ag
  (0342) 800299
  mambaus.sholihin2@gmail.com
  

Profil



Kyai Sarengat mendirikan sebuah lembaga pendidikan madrasah diniyah Al-Hikmah desa Sumber kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar. Kurang lebih kisaran tahun 1990-an dengan sarana dan prasarana yang minim, yang jauh berbeda dengan keadaan lembaga pendidikan pada saat sekarang ini. Madrasah diniyah Al-Hikmah sebagai bentuk perwujudan dari pengabdian dan sumbangsih pemikiran Kyai Sarengat kepada masyarakat desa Sumber kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar, yang pada saat itu masih mengalami keterbelakangan dalam hal pendidikan.

Masyarakat desa Sumber kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar pada saat itu masih tergolong masyarakat primitif dan haus akan pendidikan. Oleh karenanya, mereka menerima dengan lapang dada dan bahkan memberikan berbagai bentuk dukungan baik materil atau non materil terhadap berdirinya lembaga pendidikan madrasah diniyah tersebut, hal ini terlihat dari tingginya rasa antusias masyarakat ketika pertama kali lembaga ini didirikan. Selain itu, masyarakat juga dengan antusias mempercayakan pendidikan anak-anak mereka kepada lembaga madrasah diniyah Al- Hikmah, yang kebetulan pada saat itu hanya ada satu lembaga pendidikan di desa Sumber kecamatan Sanankulon kabupaten Blitar, yakni madrasah diniyah Al-Hikmah.

Setelah wafatnya Kyai Sarengat (selaku perintis dan pendiri), madrasah diniyah Al-Hikmah merasa sangat kehilangan sosok pemimpin yang memiliki kharismatik luar biasa yang dibanggakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Sumber. Peralihan pemimpin/pengasuh madrasah diniyah digantikan oleh putra beliau, KH. Misbahuddin Ahmad dibantu istri beliau Hj. Shobiyah untuk meneruskan perjuangan ayahnya (Kyai Sarengat). Pada saat itu putra beliau, KH. Misbahuddin Ahmad masih tinggal di Gresik. Setelah putra kedua (KH. Misbahuddin Ahmad), Agus Zainul Fajri, M.Ag lulus dari Mamba’us Sholihin Gresik, Kyai Misbahuddin sowan kepada pengasuh Mamba’us Sholihin Gresik (KH Masbuhin Faqih) untuk minta restu mengembangkan madrasah diniyah al-Hikmah Sumber menjadi pondok pesantren cabang dari pondok pesantren Mamba’us Sholihin Gresik. Setelah mendapat izin untuk mengembangkan madrasah dari pengasuh Pondok Pesantren Mamba’us Sholihin Gresik. Kyai Misbahuddin minta restu kepada almaghfurlah KH Abdullah Faqih Langitan. Setelah restu dari kedua Kyai kharismatik tersebut, lalu berdirilah pondok pesantren al-Hikmah tersebut.

Berkat perjuangan beliau pondok pesantren dan madrasah diniyah Al-Hikmah terus mengalami peningkatan. Sehingga beliau mengganti namanya menjadi pondok pesantren Mamba’us Sholihin-2 yakni cabang dari pondok pesantren Mamba’us Sholihin Gresik. Kepemimpinan Kyai Moh. Zainul Fajeri, M.Ag tidaklah jauh beda dengan sistem kepemimpinan almaghfurlah Abahnya KH. Misbahuddin Ahmad, sehingga pondok pesantren Mamba’us Sholihin yang dipimpinnya terus mengalami perkembangan sampai sekarang.

Nama Pengasuh : Moh. Zainul Fajri, M.Ag

Nama Pendiri : Moh. Al Amin, S.Pd.I, Mm

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Mamba'us Sholihin Blitar memiliki lembaga pendidikan mulai dari SMP, SMA, dan sekolah tinggi (INKAFA). Madin,TPQ

Jumlah Santri Putra : 292
Jumlah Santri Putri :
331

Pendidikan Formal :
1. SMP MAMBAUS SHOLIHIN BLITAR
2. SMA MAMBAUS SHOLIHIN BLITAR
3. INKAFA

Pendidikan Informal :
1. MADIN MBS
2. TPQ MBS

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi