AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Babussalam

Kalibening Tulung Sari Jl. KH. Nur Syahid Desa Tanggalrejo Mojoagung, Kab. Jombang, Jawa Timur


  
  (0321) 492150
 
   www.babussalam.or.id

Profil



Untuk mengetahui pendiri Pondok Pesantren Babussalam tidak terlepas dengan aktifitas dakwah penyebaran agama Islam di daerah tersebut. Kala itu terdapat seorang tokoh agama dan pejuang melawan penjajah Belanda, tepatnya tahun 1919 M yang datang ke Kalibening untuk menyebarkan ajaran agama Islam. Beliau adalah KH Rofii yang berasl dari Popoh Sidoarjo Jawa Timur. Beliau datang ditemani santri dari Medini Kudus, yang telah menjadi kiai di Pondok Pesantren Panji Sidoarjo Jawa Timur bernama KH Dahlan Putra dari KH. Dasa. Saudara dari KH. Nawawi Kudus.

Selanjutnya KH Dahlan berdakwah di Mancar Peterongan Jombang Jawa Timur. Dua orang putra dari empat putra KH. Dahlan tersebut diserahkan KH Rofii yang sementara mengajarkan agama di dusun Kalibening untuk belajar agama pada kiyai tersebut. Setelah KH Rofii. meninggal, anak menantunya yang bernama KH M. Nur Syahid diserahi mengantikan mengajarkan agama di rumah kiai dan masjid yang ada. Kala itu juga sampai berdiri lembaga pendidikan madrasah.

Dalam perjalanannya, pesantren ini dipegang sepenuhnya oleh Yayasan Babussalam. Kegiatan pendidikan di lembaga ini mulai dari non formal seperti tahfidhul quran, madrasah diniyah, jamiyatul qurro wal huffadz, pengajian kitab kuning (sorogan dan weton) dan TPQ. Sedangkan lembaga pendidikan formal adalah Taman Kanak-kanak (TK/RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Kegiatan pendidikan di lembaga ini mulai dari non formal seperti tahfidhul quran, madrasah diniyah, jamiyatul qurro wal huffadz, pengajian kitab kuning (sorogan dan weton) dan TPQ. Sedangkan lembaga pendidikan formal adalah Taman Kanak-kanak (TK/RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, Kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit, kursusbengkel, silat, dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi