AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Bali Bina Insani

Jln. Raya Timpang, desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali


   KH. Ketut Imaduddin
  (0361) 8944009
  
   mtsbalibinainsani.blogspot.com

Profil

PONDOK Pesantren Bali Bina Insani yang berlokasi di Jln. Raya Timpang, desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan, Bali, ini berdiri tanggal 27 Oktober 1991 di bawah Yayasan La Royba dan diresmikan oleh Ketua MUI Bali.

Berdirinya pesantren ini sebagai respon positif terhadap kebutuhan umat dalam bidang pendidikan dan pengasuhan. Di samping itu, untuk membentengi Bali dari gempuran nilai-nilai asing yang sangat berbenturan dengan agama dan moral serta kearifan lokal (local wisdom).

Umat Islam di Bali yang telah eksis sejak awal abad 16 M., dan telah menyatu dengan penduduk Bali yang beragama Hindu tidak rela kalau Bali diusik oleh budanya asing. Usaha filterisasi budaya dan peningkatan kualitas SDM sangat efektif dilakukan melalui dunia pendidikan.

Cikal balak pesantren dari tujuh anak yatim yang diasuh oleh pak Drs. KH Ketut Imaduddin Djamaludin, SH. Pada mulanya—sebagai pengakuannya sendiri—kiyai tidak berniat mendirikan sebuah pondok pesantren. Karena merasa tidak mempunyai latar belakang tarbiyah dan cita-cita serta setrategi bagaimana mendidik orang.

Lalu, terbersit di dalam hati Kiyai Ketut bagaimana memperhatikan anak-anak yang dititipkan kepadanya itu bukan hanya secara fisik tetapi juga non-fisik, dan harus sedikit terkonsep. Setelah melalui pemikiran cukup matang dan konsultasi kepara para tokoh dan para kiyai, muncullah keputusan bahwa pondok pesantrenlah yang tepat untuk menampung mereka. Maka jadilah pondok pesantren seperti sekarang ini.

Kiyai Ketut akhirnya bekerjasama dengan Pondok Pesantren Dar an-Najah, Jakarta, sebuah lembaga pendidikan yang dipimpin oleh KH Mahrus Amin. Sebab secara kebetulan Kiyai Ketut dan istrinya, Ibu Nyai Eti, merupakan alumnus Pondok Pesantren Dar an-Najah, Jakarta. KH. Mahrus Amin mendatangkan dua ustadz dari Jakarta, salah satunya adalah ustadz Yuli Saeful Bahri, SPdI. Kemudian dibuatlah konsep untuk membuat lembaga pondok pesantren.

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pondok Pesantren ini mengelola Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Bali Bina Insani yang berdiri pada tahun 1996 (Madrasah Tsanawiyah) dan tahun 2000 (Madrasah Aliyah) dan SMK IT.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi