AyoMondok

AYO MONDOK ! PESANTRENKU KEREN
PonPes Rasyidiyah Khalidiyah

Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai, Kab. Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan


   KH. Juhri Sulaiman
  (0527) 61231
  
   ponpes-rakha.com

Profil

Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah ini awal mulanya berdiri dengan nama Arabische School yang didirikan pada tanggal 13 Oktober 1922 M. bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1341 H. berawal dari sebuah rumah sederhana yang terletak di Desa Pakapuran Amuntai. Pesantren ini didirikan oleh Tuan Guru K.H Abdurrasyid, alumnus Universitas Al Azhar Cairo dari tahun 1912-1922. Tuan Guru K.H Abdurrasyid dilahirkan pada tahun 1884 M di Desa Pakapuran Amuntai dari keluarga petani sederhana yang taat beragama. Ayahnya bernama Haji Ramli (dikenal dengan panggilan Haji Iram) dan ibunya bernama Khadijah. Ketika kawan-kawannya bersekolah di Inlandsche School, beliau mempelajari Al Qur’an pada seorang guru guru Al Qur’an di kampung. Pada usia tujuh tahun, beliau khatam Al Qur’an. Kemudian dengan izin kedua orang tua, Tuan Guru K.H Abdurrasyid pergi dari kampung ke kampung menuntut pelajaran agama Islam di pesantren-pesantren dan di rumah-rumah guru agama. Setelah dirasa cukup cukup mempelajari pengetahuan dari kampung ke kampung beliau bercita-cita pergi ke Mesir, yang sudah terkenal sebagai pusat studi agama Islam. Kemudian tahun 1912 Tuan Guru K.H Abdurrasyid pergi ke Mesir untuk mengikuti kuliah di Universitas Al Azhar Kairo sampai tahun 1922 selama 10 tahun. Tuan Guru K.H Abdurrasyid membuka penyelenggaraan pendidikan dirumah sendiri, sekaligus beliau bertindak sebagai pengajar tunggal dengan menggunakan sistem halqah, yaitu wetonan dimana tuang guru (Kyai) membaca kitab sesuatu dengan waktu, sedangkan santrinya duduk disampingnya mendengarkan dan menyimak apa yang diajarkan beliau dalam kitab tersebut, dan sorogan/bandungan, santri yang sudah mampu dan pandai mensorongkan sebuah kitab kepada tuan guru (Kyai) untuk dibacakan dihadapan beliau. Lama kelamaan jumlah santri yang datang sangatlah banyak, sehingga mengakibatkan daya tampung rumah Tuan Guru K.H Abdurrasyid tidak mungkin lagi, untuk itu ditempatnya dipindahkan kesebuah surau (mushalla) yang terletak berhadapan dengan rumah beliau, ditepi sungai Tabalong. Dengan perpindahan tersebut dibarengi pula dengan perpindahan sistem/metode penyelenggaraan pendidikan dari sistem hilqah ke sistem klasikal, dimana dilengkapai dengan meja, kursi dan papan tulis.

B. Perjalanan Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah

Sampai pertengahan tahun 1931 Arabische School sudah mulai maju dan telah mengeluarkan lulusannya beberapa orang, sehingga memerlukan tenaga pengajar yang berpendidikan tinggi, kemudian bertepatan dengan tanggal 22 Agustus 1931, sejumlah santri Arabische School datang ke rumah K.H. Juhri Sulaiman untuk meminta beliau hadir ke gedung Arabische School yang sudah ditunggu oleh sejumlah guru-guru, tokoh masyarakat dan para santri pada acara tersebut. K.H. Juhri Sulaiman disambut dan diangkat secara resmi oleh Tuan Guru K.H Abdurrasyid menjadi guru pada Arabische School. Kemudian pimpinan Arabische School diserahkan oleh Tuan Guru K.H Abdurrasyid kepada K.H. Juhri Sulaiman karena beliau akan pergi ke Kandangan untuk mendirikan perguruan Islam disana

Info Unggulan

Jenjang Pendidikan

Pembaharuan dan Peningkatan Kualitas Keberagaman Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah dalam Syiar Islam di Amuntai pada saat ini lebih mengedepankan pola pendidikan formal dan non formal. Sampai pada saat ini Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai Kalimantan selatan menyelenggarakan pendidikan adalah TPA dan TPQ, RA dan MI, Takhassus Diny, Ma’had al Aly, MTs NIPA, MTs NIPI, MA/MAK NIPI, MA/MAK NIPA, dan STAI Rakha Amuntai.

Ekstrakurikuler

Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain

Fasilitas

Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamar mandi/wc, klinik kesehatan.




Ayo Mondok ! Pesantrenku Keren

Ayo bergabung bersama kami dan menjadi bagian dari sebuah sajian informasi yang sangat penting di era digital saat ini, bagaimana pula hal ini akan membuat Pondok Pesantren Anda akan dikenal secara lebih luas oleh masyarakat publik internasional lewat sebuah informasi yang tersaji. Hal ini tentunya akan menjadi keuntungan / promosi tersendiri bagi pondok pesantren yang telah bergabung bersama kami.

© 2016-2018 PP. RMI NU & Team Ayo Mondok
Hak Cipta Dilindungi